Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
DoaReligi

Mau Mudik? Ini Bacaan Doa Memohon Keselamatan di Perjalanan Agar Selamat Sampai Tujuan

3247
×

Mau Mudik? Ini Bacaan Doa Memohon Keselamatan di Perjalanan Agar Selamat Sampai Tujuan

Sebarkan artikel ini
doa selamat di perjalanan
doa selamat di perjalanan

Mau Mudik? Ini Bacaan Doa Memohon Keselamatan di Perjalanan Agar Selamat Sampai Tujuan ~ Headline.co.id (Doa). Ramadhan sudah memasuki 10 hari terakhir, tentunya ada rasa sedih dan senang menyelimuti hati ini. Pasalnya kita sedih akan meninggalkan bulan mulia ini namun disisi lain kita senang karena sebentar lagi lebaran dan tentunya kita akan melakukan perjalanan pulang kampung yang mana kita akan bertemu dengan keluarga dan kerabat disana.

Baca juga: Daftar dan Cara Daftar Paket Internet Telkomsel Murah

Sebagai muslim yang taat tentunya setiap hendak perjalanan seperti mudik baik dekat maupun jauh tentu kita harus berdoa terlebih dahulu. Dengan berdoa tentunya kita meminta kepada Allah sang pencipta dan sang penguasa langit dan bumi untuk memberi keselamatan kita dalam perjalanan.

Sebagai manusia tentunya kita tidak akan tau apa yang akan terjadi selama perjalanan, halangan dan rintangan apa yang menunggu kita, namun dengan berdoa kita berharap Allah akan memperlancar perjalanan kita agar kita semua selamat sampai tujuan. Karena Allah Adalah satu-satunya tempat untuk kita berlindung.

Baca juga: Bacaan Niat dan Tata Cara Shalat Sunnah Lailatul Qadar Lengkap Dzikir dan Doanya

Doa dalam melakukan perjalanan juga di ajarkan oleh Rasulullah SAW. Seseorang yang hendak melakukan perjalanan, sebaiknya membaca doa perjalanan terlebih dahulu agar senantiasa dilindungi oleh Allah Swt.Dengan membaca doa perjalanan ini, diharapkan mereka yang membacanya dapat memberi rasa aman dan keselamatan selama melakukan perjalanan.

Doa perjalanan ini dibaca sejak awal keberangkatan, selama di jalan, dan saat kembali ke rumah. Dengan membaca doa terlebih dahulu, ketenangan dan kemantapan hati di perjalanan akan membuat lebih fokus.

Baca juga: Kapan Malam Lailatul Qadar 2023? Ini Waktu dan Tanda-tandanya

Doa perjalanan ini dipanjatkan bukan hanya saat berkendara saja. Namun, juga saat berjalan kaki, saat hendak melakukan perjalanan mudik.

Bacaan Doa Memohon Keselamatan di Perjalanan

Untuk doanya sendiri dibagi menjadi tiga yaitu Doa sebelum berangkat, Doa ketika dalam perjalanan dan doa ketika sampai di tujuan, agar lebih jelas berikut ini adalah doanya:

Bacaan Doa Sebelum Berangkat

Berikut ini doa perjalanan yang diriwayatkan oleh para perawi hadis.

Baca juga: Bacaan Doa Puasa Ramadhan Hari Ke 17, 18, 19, 20 dan 21 Lengkap Arab Latin dan Artinya

Doa perjalanan versi pendek:

اَللَّهُ أَكْبَرُ، اَللَّهُ أَكْبَرُ، اَللَّهُ أَكْبَرُ، (سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَـٰذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ. وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Allaahu akbar (3x), (subhaanal-ladzii sakh-khoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahu muqriniin).

Baca juga: Bacaan Niat, Dzikir dan Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap Arab Latin dan Artinya

Doa perjalanan versi panjang:

بِسْمِ اللَّهِ، اَلْحَمْدُ لِلَّهِ (سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَاذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ. وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ) اَلْحَمْدُ لِلَّهِ، اَلْحَمْدُ لِلَّهِ، اَلْحَمْدُ لِلَّهِ، اَللَّهُ أَكْبَرُ، اَللَّهُ أَكْبَرُ، اَللَّهُ أَكْبَرُ، سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ فَاغْفِرْ لِيْ، فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Bismillaah, alhamdulillaah, (subhaanal-ladzii sakh-khoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahu muqriniin. Wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibuun), alhamdulillaah (3x), allaahu akbar (3x), subhaanakallaahumma innii zholamtu nafsii faghfir lii, fa-innahu laa yaghfirudz-dzunuuba illaa anta.

Baca juga: Chord dan Lirik Lagu Ramadhan Tiba – Opick

Artinya: Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah, (Maha Suci Tuhan yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya.

Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari Kiamat). Segala puji bagi Allah (3x), Allah Maha Besar (3x), Maha Suci Engkau ya Allah, sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau. (HR. Abu Dawud 3/34, At-Tirmidzi 5/501, dan Shahih At-Tirmidzi 3/156).

Baca juga: Lirik Bacaan Sholawat Ibrahimiyah Latin Arab dan Artinya Lengkap dengan Sejarah dan Keutamaannya

Bacaan Doa Ketika dalam Perjalanan

Selama kita melakukan perjalanan kita dianjurkan untuk terus berzikir. Sepanjang jalan menyebut asma Allah dan mengagungkan-Nya. Sembari menikmati jalan yang panjang, bisa berzikir:

“Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar.”

Baca juga: Hukum Berhubungan Badan Suami Istri Pada Siang Hari Di Bulan Ramadhan

Artinya: Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, dan Allah Maha Besar.

Kemudian bisa juga menambahkan bacaan Al-Fatihah, An-Nas dan Al-Falaq. Al-Ikhlas. Hal itu sebagai bentuk memanjatkan doa memohon perlindungan Allah Swt. dari segala mara bahaya.

Baca juga: Lirik Sholawat Ilahilas Tulil Firdaus (Syair Abu Nawas Al-I’tiraf) Arab Latin dan Artinya

Doa ketika sampai tujuan

Apabila sudah sampai di tempat tujuan, jangan lupa tetap membaca doa sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah karena Anda dan keluarga bisa selamat dan lancar di perjalanan.

اَللّٰهُمَّ إِنِّىْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ أَهْلِهَا وَخَيْرَ مَافِيْهَا وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرِّ مَافِيْهَا

Allaahumma innii as aluka lhairohaa wakhairo ahlihaa wakhairo maa fiihaa wa a’uudzubika min syarrihaa wa syaarri ahlihaa wa syarri maa fiihaa.

Baca juga: Kumpulan Niat Doa Membayar Zakat Fitrah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Artinya: “Ya Allah, saya mohon kepada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya. Saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya serta kejahatan yang ada di dalamnya.”

Selain membaca doa selamat perjalanan, Anda juga bisa memperbanyak ber-sholawat agar selalu mendapat perlindungan dari Allah SWT.

Baca juga: Hal-Hal Yang Membatalkan dan Mengurangi Pahala Puasa Ramadhan

Terimakasih telah membaca Mau Mudik? Ini Bacaan Doa Memohon Keselamatan di Perjalanan Agar Selamat Sampai Tujuan  semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Lirik Text Sholawat Badar Lengkap Arab Latin dan Artinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cara Terhindar dari Mimpi Buruk
Religi

Headline.co.id (Jakarta) ~ Tidur kadang terasa menakutkan apalagi saat kita dihantui oleh mimpi buruk. terkadang semua orang mencari tau bagaimana sih terhindar dari mimpi buruk, nah yang bagi yang beragama…