Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
DoaReligiSholat

Bacaan Niat, Dzikir dan Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap Arab Latin dan Artinya

1032
×

Bacaan Niat, Dzikir dan Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap Arab Latin dan Artinya

Sebarkan artikel ini
Niat dan tata Cara Melaksanakan Sholat Dhuha
Sholat Dhuha

Bacaan Niat, Dzikir dan Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap Arab Latin dan Artinya ~ Headline.co.id (Doa). Selain melakukan Sholawat Wajib lima waktu, di Islam juga terdapat sholat sunah lo. Sholat sunah sendiri ada banyak mulai sholat tahajud, witir, Dhuha dan masih banyak sholat sunah lainnya.

Baca juga: Lirik Bacaan Sholawat Ibrahimiyah Latin Arab dan Artinya Lengkap dengan Sejarah dan Keutamaannya

Sholat Dhuha ini diyakini dapat mempermudah rezeki bagi siapa yang melaksanakan sholat ini. Kebanyakan umat muslim melaksanakan sholat dhuha karena memiliki hajat untuk dilancarkan rezekinya oleh Allah SWT. Yang paling penting tentu jika melaksanakan Sholat Dhuha akan menjadi ibadah yang bernilai pahala bagi yang melaksanakannya.

Kapan Waktu Melaksanakan Sholat Dhuha

Banyak yang menanyakan kapan sih waktu melaksanakan sholat dhuha? nah untuk waktunya sendiri sholat dhuha dilaksanakan pada waktu (pagi hari) ketika matahari mulai naik kurang lebih tujuh hasta sejak terbitnya hingga menjelang dzuhur.

Baca juga: Hukum Berhubungan Badan Suami Istri Pada Siang Hari Di Bulan Ramadhan

Untuk melaksanakan Sholat Dhuha kamu bisa melaksanakannya di awal waktu atau akhir waktu. Untuk tata cara pelaksanaan sholat Dhuha sendiri tidak jauh berbeda dengan pelaksanakan sholat wajib. yang membedakan adalah pada niat sholatnya.

Dikutip Headline.co.id dari dari “Waktu Shalat Dhuha dalam Kajian Fiqih” oleh M Tatam Wijaya di NU online, Syekh Hasan bin ‘Ammar dalam kitab Maraqil Falah, menyebutkan duha adalah nama waktu yang diawali dengan naiknya matahari hingga sebelum tergelincir.

Baca juga: Kumpulan Bacaan Doa Puasa Hari ke-13 , 14 dan 15 Ramadhan Lengkap Arab Latin dan Artinya

Sementara itu ada 3 waktu yang tidak diperbolehkan untuk melakukan sholat yaitu :

“Ada tiga waktu di mana Nabi Muhammad saw melarang kami untuk melaksanakan shalat di tiga waktu tersebut atau menguburkan jenazah kami: (1) ketika matahari terbit hingga ia meninggi, (2) ketika seseorang berdiri di tengah bayangannya sampai matahari tergelincir dan (3) ketika matahari miring hendak tenggelam sampai benar-benar tenggelam.” (HR. Muslim)

Baca juga: Lirik Sholawat Ilahilas Tulil Firdaus (Syair Abu Nawas Al-I’tiraf) Arab Latin dan Artinya

Banyak yang bertanya, Kapan sih batas waktu pelaksanaan sholat Dhuha sendiri? Para ulama menjelaskan bahwa pelaksanaan sholat dhuha adalah 15-20 menit setelah mata hari terbit (waktu syuruq) sampai 15 menit sebelum tiba waktunya sholat dhuhur.

Sementara batasnya sendiri, dimulai dari setelah matahari terbit hingga setinggi tombak dan berakhir sebelum masuk waktu zuhur (sebelum zawal). Waktu dhuha adalah saat matahari sudah meninggi dan pancaran sinarnya sudah membuat bumi panas.

Baca juga: Kumpulan Niat Doa Membayar Zakat Fitrah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Berapa Rakaat Sholat Dhuha

Buat yang binggung terkait jumlah rakaat dalam pelaksanaan sholat dhuha jangan khawatir, karena headline.co.id akan mengulasnya secara lengkap dibawah ini.

Baca juga: Lirik Text Sholawat Badar Lengkap Arab Latin dan Artinya

Dilansir Headline.co.id dari NU Online, Sholat dhuha bisa dilakukan minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat. disini kamu bisa memilih rakaat antara 2 sampai 12 dengan gelipatan genap.

Meski begitu, berapa pun jumlah rakaat sholat dhuha yang dikerjakan, setiap rakaat sholat sunnah dipastikan mendapat jaminan baik dari Allah SWT. Ketentuan tersebut tertuang dalam hadis berikut:

عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ عُبَيْدِ اللهِ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ: لَقِيتُ أَبَا ذَرٍّ، فَقُلْتُ: يَا عَمُّ اقْبِسْنِى خَيْرًا. فَقَالَ: سَأَلْتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ كَمَا سَأَلْتَنِي فَقَالَ: إِنْ صَلَّيْتَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ لَمْ تُكْتَبْ مِنَ الْغَافِلِينَ، وَإِنْ صَلَّيْتَهَا أَرْبَعًا كُتِبْتَ مِنَ الْمُحْسِنِينَ، وَإِنْ صَلَّيْتَهَا سِتًّا كُتِبْتَ مِنَ الْقَانِتِينَ، وَإِنْ صَلَّيْتَهَا ثَمَانِيًا كُتِبْتَ مِنَ الْفَائِزِينَ، وَإِنْ صَلَّيْتَهَا عَشْرًا لَمْ يُكْتَبْ لَكَ ذَلِكَ الْيَوْمَ ذَنْبٌ، وَإِنْ صَلَّيْتَهَا ثِنْتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً بَنَى اللهِ لَكَ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ. ( رواه البيهقي)

Baca juga: Hal-Hal Yang Membatalkan dan Mengurangi Pahala Puasa Ramadhan

Artinya: “Diriwayatkan dari Ismail bin Ubaidillah, dari Abdullah bin Amr, ia berkata: ‘Aku bertemu dengan Abu Dzar radliyallahu anh, lalu berkata: Wahai paman, beritahu diriku pada suatu kebaikan’”

Lalu ia menjawab: Aku bertanya kepada Rasulullah sebagaimana kamu bertanya kepadaku. Lalu beliau bersabda: Bila kamu sholat dhuha dua rakaat maka tidak akan dicatat sebagai bagian dari kaum lalai. Bila kamu sholat dhuha empat rakaat maka akan dicatat sebagai bagian dari kaum yang berbuat baik.

Baca juga: Bacaan Niat Sholat Tarawih: Tata Cara Dan Doa Kamilin Setelah Sholat

Bila kamu sholat dhuha enam rakaat maka akan dicatat sebagai bagian dari kaum yang taat. Bila kamu sholat dhuha delapan rakaat maka akan dicatat sebagai bagian dari kaum yang beruntung.

Bila kamu sholat dhuha sepuluh rakaat maka pada hari itu tidak akan dicatatkan dosa bagimu. Bila kamu sholat dhuha dua belas rakaat maka akan dibangunkan untukmu sebuah rumah di surga.” (HR al-Baihaqi)

Baca juga: Doa Niat Mandi Wajib Sebelum Puasa Ramadhan dan Tata Cara Mandi Keramas

Sementara terkait pelaksanaan Sholat Dhuha sendiri kamu bisa melaksanakan 2 rakaat salam atau 4 rakaat baru salam.

Niat Sholat Dhuha

Nah untuk niat sholat duha sendiri, headline akan membaginya menjadi dua niat yakni, niat sholat dhuha 2 rakaat salam dan juga niat sholat dhuha 4 rakaat salam. dikutip dari buku ‘Bertambah Kaya Lewat Sholat Dhuha’ karya Imam Ghazali, berikut bacaan niat sholat dhuha 2 rakaat dan 4 rakaat, lengkap Arab Latin dengan terjemahannya.

Baca juga: Lirik Sholawat Qod Anshoha Lengkap Arab Latin dan Artinya

Niat Sholat Dhuha Dua Rakaat

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatadh dhuhaa rak’ataini lillaahi ta’aalaa

Artinya: “Aku niat salat sunnah dhuha dua rakaat, karena Allah ta’ala,”

Baca juga: Bacaan Doa Ziarah Kubur Sesuai Sunnah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Niat Sholat Dhuha Empat Rakaat

أُصَلِّى سُنَّةَ الضُّحَى أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatadh dhuhaa arba’aa roka’aatin mustaqbilal qiblati adaa’an lillaahi ta’aalaa

Artinya: “Aku niat salat sunnah dhuha empat rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah ta’ala.”

Baca juga: Doa Qunut: Hadist, Bacaan Arab Latin Artinya Lengkap Subuh Witir dan Nazilah

Dzikir Setelah Sholat Dhuha

Setelah melaksanakan sholat dhuha, kita dianjurkan untuk berzikir dan berdoa. Berikut ini adalah beberapa bacaan dzikir setelah sholat Dhuha:

  • Membaca istighfar sebanyak tiga kali (Astaghfirullahal ‘azhiim alladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaih.)
  • Membaca kalimat tahlil sebanyak tiga kali (Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu yuhyii wa yumiitu wa huwa ‘ala kulli syai’in qadiir.)
  • Membaca salawat atas Nabi Muhammad SAW sebanyak sepuluh kali (Allahumma shalli ‘ala Muhammadin wa ‘ala ali Muhammadin, kama shallaita ‘ala Ibrahima wa ‘ala ali Ibrahima, innaka hamidum majid. Allahumma barik ‘ala Muhammadin wa ‘ala ali Muhammadin, kama barakta ‘ala Ibrahima wa ‘ala ali Ibrahima, innaka hamidum majid.)

Baca juga: Sholat Tahajud: Bacaan Niat, Tata Cara, Doa Dan Keutamaan Serta Waktu Terbaik Melaksanakannya

Doa Setelah Sholat Dhuha

Setelah membaca dzikir setelah sholat dhuha, Anda bisa membaca doa khusus setelah sholat dhuha sebagai berikut:

للّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ
اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Arab latin: Allahumma innad-duhaa’a duhaa’uka wal bahaa’a bahaa’uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal ‘ismata ‘ismatuka

Allaahumma in kaana rizqii fis-samaa’i fa anzilhu, wa in kaana fil ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu’assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba’iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa’ika wa bahaa’ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa ataita ‘ibaadakash-shalihiin.

Baca juga: Bacaan Niat Tata Cara dan Doa Setelah Sholat Taubat

Artinya: “Ya Allah, bahwasanya waktu dhuha itu waktu dhuhaMu, kecantikan itu adalah kecantikanMu, keindahan itu keindahanMu, kekuatan itu kekuatanMu, kekuasaan itu kekuasaanMu, dan perlindungan itu, perlindunganMu.”

“Ya Allah, jika rizkiku masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah, jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaanMu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hambaMu yang shaleh.”

Baca juga: Susunan Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Fardhu Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Keutamaan Sholat Dhuha

Berikut ini adalah beberapa keutamaan sholat Dhuha yang harus diketahui oleh umat muslim:

  1. Mendapatkan pahala yang besar : Sholat Dhuha memiliki keutamaan yang besar karena Allah SWT memberikan pahala yang berlipat ganda bagi orang yang melaksanakannya. Rasulullah SAW bersabda, “Setiap sendi badan manusia wajib dikeluarkan sedekahnya setiap pagi. Bertaubatlah di mana saja, sedangkan matahari belum naik karena sesungguhnya ia naik dari arah timur, dan sungguh-sungguh besar pahala shalat Dhuha.” (HR. Muslim)
  2. Dibuatkan Istana di Surga: Nabi Muhammad SAW dalam hadits riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah bersabda mengenai keutamaan sholat dhuha 12 rakaat. Bagi yang mengerjakan akan diberikan Allah SWT istana di surga.

  3. Diampuni Dosanya: Allah SWT akan mengampuni umat-Nya yang mengerjakan sholat dhuha di pagi harinya. Hal itu sesuai dalam hadist Rasulullah dalam riwayat Tirmidzi,
  4. Membuka Pintu Rezeki: Dalam hadits riwayat Turmudzi, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah Ta’ala berfirman, ‘Wahai anak Adam, bersholat lah untuk-Ku empat rakaat pada permulaan siang, niscaya akan Aku cukupi kebutuhannmu pada sore harinya.”
  5. Menjaga kesehatan tubuh: Sholat Dhuha juga dapat menjaga kesehatan tubuh. Dengan melakukan sholat Dhuha secara rutin, tubuh akan merasa lebih segar dan bugar sepanjang hari. Ini karena saat sholat Dhuha, tubuh akan bergerak aktif dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Hal ini dapat memperlancar metabolisme dan memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas sepanjang hari.
  6. Mendapatkan keberkahan:  Selain mendapatkan pahala yang besar, sholat Dhuha juga dapat mendatangkan keberkahan dari Allah SWT. Keberkahan ini akan membawa manfaat yang besar bagi kehidupan seseorang, seperti rejeki yang lancar, keberhasilan dalam pekerjaan, dan kelancaran dalam beribadah.
  7. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan:  Sholat Dhuha juga dapat membantu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan seseorang kepada Allah SWT. Dengan melaksanakan sholat Dhuha, seseorang akan merasa lebih dekat dengan Allah dan lebih fokus dalam beribadah. Hal ini dapat membantu seseorang untuk lebih konsisten dalam menjalankan ibadah sehari-hari.
  8. Membantu mengatasi stres dan kecemasan: Sholat Dhuha juga dapat membantu mengatasi stres dan kecemasan yang sering dirasakan oleh banyak orang. Dengan melaksanakan sholat Dhuha, seseorang akan merasa lebih tenang dan damai, sehingga dapat mengurangi tingkat stres dan kecemasan yang dirasakan.

Baca juga: Keutamaan Bacaan Sholawat Munjiyat Arab, Latin dan Artinya

[wp-review id=”19040″]

Terimakasih telah membaca Bacaan Niat, Dzikir dan Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap Arab Latin dan Artinya semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Chord dan Lirik Lagu Ramadhan Tiba – Opick

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keutamaan membaca doa setelah adzan
Doa

Bacaan dan Keutamaan Membaca Doa Setelah Adzan Sesuai Sunnah ~ Headline.co.id (Islam). Pada setiap panggilan adzan, umat Islam tidak hanya diajak untuk mendengarkan panggilan suci tersebut, tetapi juga dianjurkan untuk…