Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
DoaReligi

Doa Niat Mandi Wajib Sebelum Puasa Ramadhan dan Tata Cara Mandi Keramas

1516
×

Doa Niat Mandi Wajib Sebelum Puasa Ramadhan dan Tata Cara Mandi Keramas

Sebarkan artikel ini
Niat mandi keramas sebelum puasa
Niat mandi keramas sebelum puasa

Doa Niat Mandi Wajib Sebelum Puasa Ramadhan dan Tata Cara Mandi Keramas ~ Headline.co.id (Doa). Menyambut bulan suci Ramadhan merupakan momen yang sangat dinanti-nantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah dan keberkahan, di mana seluruh umat Muslim berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda dengan melakukan ibadah puasa.

Baca juga: Lirik Sholawat Qod Anshoha Lengkap Arab Latin dan Artinya

Menyambut bulan Ramadhan, umat Muslim di seluruh dunia melakukan berbagai persiapan untuk menghadapinya. Mulai dari memperbanyak ibadah, menambah kegiatan amal, hingga menyiapkan makanan dan minuman untuk ber-buka puasa. Selain itu, umat Muslim juga memperbanyak membaca Al-Quran dan melakukan zikir sebagai bentuk memperkuat iman dan taqwa.

Dalam menyambut bulan Ramadhan, umat Muslim juga diharapkan untuk memperbaiki akhlak dan karakter diri. Menjalin silaturahmi, memperbaiki hubungan dengan sesama, serta berbuat baik kepada orang lain di sekitar kita. Hal ini sejalan dengan tujuan dari ibadah puasa Ramadhan yang tidak hanya memperkuat iman dan taqwa, tetapi juga meningkatkan kualitas kehidupan sosial dan spiritual umat Muslim.

Baca juga: Bacaan Doa Ziarah Kubur Sesuai Sunnah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Hukum Mandi Wajib Sebelum Puasa Ramadhan

Mandi keramas atau mandi besar sebelum puasa ramadhan merupakan salah satu sunah yang dapat kita lakukan sebelum menjalani ibadah bulan ramadhan.

Mandi Junub atau mandi wajib sebelum puasa ramadhan juga dimaknai sebagai salah satu usaha untuk menyiapkan diri secara lahir dan batin. Meski begitu, mandi besar atau junub sebelum puasa Ramadan bukanlah sebuah kewajiban dalam rukun puasa.

Baca juga: Doa Qunut: Hadist, Bacaan Arab Latin Artinya Lengkap Subuh Witir dan Nazilah

Namun hukum mandi wajib sebelum puasa ramadhan ini menjadi wajib jika kamu sebelumnya telah melalui nifas, haid, keluar air mani, dan hal lain yang dapat menjadi penyebab harus melakukan mandi wajib.

Dilansir Headline.co.id dari Nu.or.id, salah satu dasar anjuran untuk mandi wajib sebelum puasa ramadhan adalah penjelasan Syekh Ibrahim al-Bajuri dalam kitabnya, Hasyiyah al-Bajuri yang artinya sebagai berikut:

و بقية الأغسال المسنونة مذكورة في المطولات منها الغسل لدخول المدينة الشريفة…ولكل ليلة من رمضان و قيده الأذرعي بمن يحضر الجماعة والمعتمد

Dan sisa mandi-mandi yang disunnahkan telah disebutkan dalam kitab-kitab yang panjang pembahasannya. Di antaranya adalah membersihkan badan karena hendak memasuki kota Madinah,… dan setiap malam di bulan Ramadhan. Imam al-Adzra’i hanya membatasi pada orang yang hendak menghadiri berjamaah, sementara menurut pendapat yang kuat tidak ada pembatasan dalam hal itu.”

Baca juga: Sholat Tahajud: Bacaan Niat, Tata Cara, Doa Dan Keutamaan Serta Waktu Terbaik Melaksanakannya

Doa Niat Mandi Wajib atau Mandi Junub Sebelum Puasa Ramadhan

Berdasarkan madzhab syafi’I disebutkan bahwa doa niat mandi sebelum puasa ramadhan yang benar harus dibacakan sambil menyiramkan air ke tubuh. Berikut doa niat mandi puasa Ramadan:

Niat Mandi Sebelum Puasa Ramadhan Arab latin dan artinya

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ اْلحَدَثِ اْلأَكْبَرِ مِنَ اْلِجنَابَةِ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla li raf’il hadatsil akbari minal janabati fardhol lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari janabah, fardhu karena Allah ta’ala.”

Baca juga: Bacaan Niat Tata Cara dan Doa Setelah Sholat Taubat

Tata Cara Mandi Wajib Sebelum Puasa Ramadhan

Tata cara melakukan mandi wajib sebelum puasa ramadhan ini tidak jauh berbeda dengan mandi wajib atau mandi junub pada umumnya.

Baca juga: Keutamaan Bacaan Sholawat Munjiyat Arab, Latin dan Artinya

Berikut ini adalah tata cara melakukan mandi wajib sebelum puasa ramadhan:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan bagi umat muslim yang ingin mandi puasa Ramadan adalah dengan membaca niat mandi puasa Ramadan, baik itu dibacakan di dalam hati maupun diucapkan secara lantang. “Nawaitul ghusla li raf’il hadatsil akbari minal janabati fardhol lillahi ta’ala.”
  2. Selanjutnya bagi Anda yang melakukan mandi puasa Ramadan harus mencuci tangan sebanyak tiga kali yang bertujuan untuk menghilangkan najis.
  3. Tak hanya mencuci tangan. Anda juga harus membersihkan bagian tubuh yang tersembunyi, misalnya seperti bagian daerah kemaluan dengan menggunakan tangan kiri.
  4. Setelah membersihkan kotoran yang ada bagian yang tersembunyi tersebut, Anda harus mencuci kedua tanganmu lagi agar tangan kembali bersih.
  5. Melakukan gerakan wudhu seperti saat Anda hendak wudhu untuk melakukan salat.
  6. Mengguyur rambut di bagian kepala sebanyak tiga kali dengan air hingga membasahi kulit kepala dan pangkal rambut.
  7. Membersihkan pangkal rambut yang sudah dibasahi air dengan menggunakan jari-jari.
  8. Kemudian bagi laki-laki wajib menyela pangkal rambut, namun hal tersebut tidak diwajibkan untuk wanita hanya untuk laki-laki saja.
  9. Membersihkan seluruh bagian pada tubuh dengan mendahulukan bagian yang kanan.
  10. Anda juga harus memastikan bahwa semua lipatan yang ada pada tubuh juga ikut dibersihkan sampai benar-benar bersih.

Baca juga: Sholawat Maulid SimTudduror Lirik Text Arab Latin Indonesia

Kapan Mandi Keramas (Mandi Wajib) Sebelum puasa dilakukan?

Buat kamu yang bertanya kapan mandi wajib sebelum puasa ramadhan dilakukan? yaitu sebelum memasuki waktu subuh. Kamu dapat melakukannya sore hari atau sebelum sahur atau sebelum measuki waktu subuh.

Baca juga: Lirik Syubbanul Wathon (Yalal Wathon) Mars Cinta Tanah Air NU

Jika lupa untuk keramas puasa atau mandi wajib puasa Ramadhan ketika keadaan belum suci dari hadas, maka puasa tidak batal hukumnya. Puasa menjadi tetap sah karena disebabkan oleh ketidaksengajaan.

Namun, setelah menyadarinya, diharuskan untuk mandi wajib dan bertobat kepada Allah Swt. karena Allah Swt. sesungguhnya Maha Pengampun.

Baca juga: Keutamaan Sholawat Asyghil Lirik Latin, Arab dan Artinya Lengkap

Hal ini sejalan dengan bunyi hadits riwayat Muslim yang berbunyi:

‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata,

قَدْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُدْرِكُهُ الْفَجْرُ فِى رَمَضَانَ وَهُوَ جُنُبٌ مِنْ غَيْرِ حُلُمٍ فَيَغْتَسِلُ وَيَصُومُ.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menjumpai waktu fajar di bulan Ramadhan dalam keadaan junub bukan karena mimpi basah, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mandi dan tetap berpuasa.” (HR. Muslim).

Baca juga: Lirik Sholawat Ya Robbi Sholli Ala Muhammad Lengkap Arab dan Artinya

Mandi junub bertujuan untuk membersihkan diri dari hadas besar dan mempersiapkan diri dengan suci sebelum melakukan ibadah, termasuk puasa.

Terimakasih telah membaca Doa Niat Mandi Wajib Sebelum Puasa Ramadhan dan Tata Cara Mandi Keramas  semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Chord Lirik Sholawat Nariyah Lengkap Latin Artinya Dan Keutamaannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *