Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Sholawat

Chord Lirik Sholawat Nariyah Lengkap Latin Artinya Dan Keutamaannya

6594
×

Chord Lirik Sholawat Nariyah Lengkap Latin Artinya Dan Keutamaannya

Sebarkan artikel ini
bagaimana bacaan sholawat nariyah
sholawat nariyah

Chord Lirik Sholawat Nariyah (TAFRIJIYAH) Lengkap Latin Artinya Dan Keutamaannya ~ Headline.co.id (Lirik Sholawat). Sholawat nabi menjadi salah satu amalan sunah yang sering dilakukan oleh umat muslim. Dengan Sholawat nabi kita menyanjung dan sebagai ungkapan untuk memuliakan Nabi Muhammad SAW.

Baca juga: Lirik Sholawat Busyro Latin dan Artinya Lengkap Keutamaannya

Untuk Sholawat sendiri memiliki banyak sekali, salah satu sholawat yang sering dengar di lingkungan sekitar dan juga media sosial seperti tiktok, instagram, facebook, twitter dan juga youtube adalah sholawat nariyah.

Dengan membaca Sholawat Nariyah tentu akan mendorong kita untuk semangat dalam keagamaan dan juga tentunya meningkatkan rasa cinta kita kepada Rasulullah SAW sekaligus menjadi nilai ibadah. Sholawat nariyah ini juga sering dibawakan oleh beberapa ustad dan juga penyanyi religi seperti Muzammil, Fitriana, Fayza Rahma, Nissa Sabyan dan berbagai penyanyi religi lainnya. Bahkan di salah satu chanel youtube Sholawat Nariyah ini sudah dilihat lebih dari 15 juta kali.

Baca juga: Lirik Lagu Sholawat Sholatun Bissalamil Mubin Arab Latin dan Artinya

Lirik Sholawat Nariyah Arab Latin dan Artinya

Nah bagi yang lagi nyari terkait lirik sholawat nariyah berikut ini adalah liriknya beserta arab, latin dan juga artinya.

اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَــمَّدِ  ࣙالَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضٰى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىٰ اٰلِهِ وِصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Latin: Allâhumma shalli shalâtan kâmilatan wa sallim salâman tâmman `alâ sayyidinâ Muḫammadinil-ladzi tanḫallu bihil-`uqadu wa tanfariju bihil-kurabu wa tuqdlâ bihil-ḫawâiju wa tunâlu bihir-raghâ’ibu wa ḫusnul-khawâtimi wa yustasqal-ghamâmu biwajhihil-karîmi wa `alâ âlihi wa shaḫbihi fî kulli lamḫatin wa nafasin bi`adadi kulli ma`lûmilak(a).

Baca juga: Lirik dan Chord Sholawat Saduna Fidunya Lengkap Arti, Arab, Latin dan Sejarahnya

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau,”.

Sejarah Singkat Sholawat Nariyah

download sholawat nariyah
sholawat nariyah

Sholawat Nariyah merupakan sholawat ghairu ma’tsurat atau bukan berasal dari Nabi Muhammad SAW langsung. Dalam Kitab Khozinatul Asror disebutkan, sholawat Nariyah disebut juga dengan sholawat Tafrijiyah Qurthubiyah.

Dilansir Headline.co.id dari Kumpulan Shalawat Nabi Super Lengkap, Ibnu Ibnu Watiniyah mengungkapkan bahwa sholawat ghairu ma’tsurat adalah sholawat yang dibuat oleh para ulama dan orang-orang shaleh yang tidak diragukan lagi dari segi keilmuan dan ketakwaannya.

Baca juga: Lirik Sholawat Sidnan Nabi Akhlaaqul Karimah Lengkap Arab, latin dan artinya

Sementara dalam buku Rahasia Dahsyat Shalawat, sholawat Nariyah diciptakan oleh Syekh Nariyah. Konon katanya Syekh Nariyah hidup pada zaman nabi agung Muhammad SAW dan termasuk salah satu sahabatnya.

Semasa hidupnya, Syekh Nariyah menekuni bidang ketauhidan. Ia melihat kerja keras Nabi SAW dalam menyampaikan wahyu Allah, mengajarkan tentang Islam, amal saleh, dan akhlakul karimah. Hal itu yang membuatnya berdoa kepada Allah untuk memohon keselamatan dan kesejahteraan untuk Nabi SAW.

Berdasarkan cerita yang ada, pada suatu malam Syekh Nariyah membaca sholawat nariyah untuk Nabi Muhammad SAW sebanyak 4.444 kali. Ia mendoakan keselamatan beliau dan kesejahteraan untuk beliau. Setelah membacanya, Allah SWT memberikan karomah padanya.

Baca juga: Lirik Lagu Sholawat ‘Ya Tarim’ Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Keutamaan Sholawat Nariyah

Dalam kitab Khazinatul Asrar karya Sayyid Muhammad Haqqi An-Nazili dijelaskan, “Salah satu shalawat yang mustajab ialah shalawat Tafrijiyah Qurthubiyah, yang disebut orang Maroko dengan shalawat Nariyah karena jika mereka (umat Islam) mengharapkan apa yang dicita-citakan, atau ingin menolak yang tidak disukai, mereka berkumpul dalam satu majelis untuk membaca Shalawat Nariyah ini sebanyak 4444 kali, tercapailah apa yang dikehendaki dengan cepat (bi idznillah).”

Baca juga: Lirik Sholawat Assalamu Alaik Zainal Anbiya Arab Latin dan Terjemahan Indonesia

“Shalawat ini juga oleh para ahli yang tahu rahasia alam diyakini sebagai kunci gudang yang mumpuni:. .. Dan Imam Dainuri memberikan komentarnya: Siapa membaca shalawat ini sehabis shalat (Fardhu) 11 kali digunakan sebagai wiridan maka rezekinya tidak akan putus, di samping mendapatkan pangkat kedudukan dan tingkatan orang kaya.”

Keutamaan selanjutnya dari membaca Selawat Nariyah atau Sholawat Nariyah adalah kita akan dilindungi dari segala penyakit dan marabahaya oleh Allah SWT. Dengan rutin berselawat, kita meminta berkah kepada Allah SWT bukan hanya dalam bentuk materi atau pahala, tapi juga lindungan-Nya agar selalu selamat di dunia dan akhirat.

Baca juga: Lirik Lagu Sholawat Syaikhona Lengkap Arab Latin dan Terjemahan

Keutamaan membaca sholawat juga ada dalam sebuah hadist, yaitu yang diriwayatkan oleh Mundah dari Jabir mengatakan: Rasulullah saw bersabda: Siapa membaca shalawat kepadaku sehari 100 kali (dalam riwayat lain: Siapa membaca shalawal kepadaku 100 kali) maka Allah akan mengijabahi 100 kali hajatnya; 70 hajatnya di akhirat, dan 30 di dunia… Rasulullah juga bersabda, Perbanyaklah shahawat kepadaku karena dapat memecahkan masalah dan menghilangkan kesedihan. Demikian seperti tertuang dalam kitab an-Nuzhah yang dikutib juga dalam Khazinatul Asrar.

Juga ada sebuah riwayat yang mengatakan bahwa Rasulullah di alam barzakh mendengar bacaan shalawat dan salam dan dia akan menjawabnya sesuai jawaban yang terkait dari salam dan shalawat tadi. Seperti tersebut dalam hadits, beliau bersabda: Hidupku, juga matiku, lebih baik dari kalian. Kalian membicarakan dan juga dibicarakan, amal­amal kalian disampaikan kepadaku, jika saya tahu amal itu baik, aku memujii Allah, tetapi kalau buruk aku mintakan ampun kepada Allah. Hadits riwayat al-Hafizh Ismail al­-Qadhi, dalam bab Shalawat ‘ala an-Nary. Imam Haitami menyebutkan dalam kitab Majma’ az-Zawaid, ia menganggap shahih hadits di atas.

Baca juga: Lirik Sholawat Hayyul Hadi Arab Dan Latin Terjemahannya Enak Didengar

Hal ini jelas bahwa Rasulullah memintakan ampun umatnya di alam barzakh. Istighfar adalah doa, dan doa untuk umatnya pasti bermanfaat. Ada lagi hadits lain:

Rasulullah bersabda: “Tidak seorang pun yang memberi salam kepadaku kecuali Allah akan menyampaikan kepada ruhku sehingga aku bisa mennjawab salam itu,” (HR Abu Dawud dari Abu Hurairah. Ada di kitab Imam an-Nawawi, dan sanadnya shahih).

Baca juga: Lirik Chord Gitar Sholawat Jibril Manfaat Keutamaan dan Cara Mengamalkannya

Chord Gitar Lagu Sholawat Nariyah

Intro : Am G F -G C
Am Dm E
.
Am               Dm
Allahumma sholli sholatan
G                C
Kamilataw wa salim salaman
F                 E
Taman ‘ala sayyidina
E         Am
Muhammadi nil ladzi
.
Am             Dm
Tanhallu bihil ‘uqodu
G              C
Wa tan’fariju bihil kurobu
F                E
Wa tuqdho bihil hawaiju
E                 Am
Wa tunalu bihir rogho ibu
.
A          Dm
Wa husnul khowatimi
G          C
Wa yustasqol ghomamu
F          Dm
Allah bi wajhihil karim
E       Am
Wa ‘ala, Alihi
.
A           Dm
Wa shohbihi fil kulli
G          C
Lamhatiw wa nafasin
F         Dm
Wa nafasim bi’adadi
E        Am
Kulli ma’lumilak
.
Musik : Am Dm G C
F E E Am
A Dm G C
F Dm E Am

Am               Dm
Allahumma sholli sholatan
G                C
Kamilataw wa salim salaman
F                E
Taman ‘ala sayyidina
E         Am
Muhammadi nil ladzi
.
Am             Dm
Tanhallu bihil ‘uqodu
G              C
Wa tan’fariju bihil kurobu
F                E
Wa tuqdho bihil hawaiju
E                 Am
Wa tunalu bihir rogho ibu
.
A          Dm
Wa husnul khowatimi
G          C
Wa yustasqol ghomamu
F          Dm
Allah bi wajhihil karim
E       Am
Wa ‘ala Alihi

A           Dm
Wa shohbihi fil kulli
G          C
Lamhatiw wa nafasin
F         Dm
Wa nafasim bi’adadi
E        Am
Kulli ma’ lumilak

Baca juga: Lirik Lagu Sholawat Duqtu Wala Lan Atakhala Arab, Latin dan Artinya Yang Viral di TikTok

Video Sholawat Nariyah

Baca juga: Inilah Doa, Niat, Tata Cara Hingga Keutamaan Puasa di Bulan Rajab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makna lirik Sholawat mughrom dan artinya
Religi

Lirik Mughrom Qolbi Bihubbika Mughrom Lengkap Arab Latin dan Terjemahan ~ Headline.co.id (Lirik Sholawat). Sholawat memiliki makna yang baik, dalam Sholawat memiliki kandungan kebajikan, doa dan curahan rahmat. Menurut Ibnu…