Lirik Chord Gitar Sholawat Jibril Manfaat Keutamaan dan Cara Mengamalkannya

Bacaan Sholawat Jibril Manfaat serta Artinya
Bacaan Sholawat Jibril Manfaat serta Artinya

Lirik Chord Gitar Sholawat Jibril Manfaat Keutamaan dan Cara Mengamalkannya  ~ Headline.co.id (Lirik Sholawat). Sholawat Jibril merupakan salah satu sholawat terpendek yang bisa kamu amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Sholawat Jibril ini dapat menjadi salah satu amalan penarik dan pembuka rezeki jika kita rutin mengamalkannya.

Baca juga: Lirik Lagu Sholawat Duqtu Wala Lan Atakhala Arab, Latin dan Artinya Yang Viral di TikTok

Pengertian Sholawat Jibril

Bacaan dari Sholawat jibril ini sangat simple dan pendek. Dinamakan sholawat jibril karena Sholawat ini pertama kali diucapkan oleh Malaikat Jibril saat membisiki nabi adam AS sebagai mahar untuk mempersunting Siti Hawa.

Baca juga: Lirik Sholawat Ya Sayyidi Ya Rasulullah Arab, Latin dan Terjemahan

Pada saat itu, Nabi Adam ingin memegang Siti Hawa namun Allah SWT melarang karena belum sah dan halal secara agama. Dengan itu, Nabi Adam diwajibkan untuk membayar mahar kepada Siti Hawa. Nabi Adam pun bertanya kepada Allah, mahar apa yang harus dia berikan kepada Siti Hawa. Kemudian Allah berfirman, “Bacalah sholawat kepada kekasihku, Muhammad.”

Setelah itu, malaikat Jibril membisikkan Nabi Adam dengan mengatakan “Shollallahu A’la Muhammad.” Hingga kini, bacaan sholawat ini dikenal sebagai sholawat Jibril. Dengan lafal yang pendek dan singkat, bacaan sholawat ini mudah untuk diamalkan dalam keseharian.

Baca juga: Lirik Sholawat Al Fatih Arab, Latin dan Terjemahan Viral di Tik Tok

Selain sebagai amalan pembuka rezeky sholawat jibril juga dapat menambah pahala untuk meningkatkan iman dan takwa kita terhadap Allah SWT.

Bacaan Lafadz Sholawat Jibril Arab Latin dan Artinya

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد

Shallallaahu ‘ala Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam.”

Artinya:

“(Ya Allah) berikanlah tambahan rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad.”

Baca juga: Chord Gitar Ya Thoybah Sulis Ft Hadad Alwi, Lirik: Ya Ali Yabna Abi Thalib

Keutamaan Membaca Sholawat Jibril

Al Imam Assya’rany menceritakan bahwa Nabi SAW pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca sholawat ini, niscaya terbuka baginya tujuh puluh pintu rahmat. Dan Allah SWT akan meletakkan sebuah cinta kasih (mahabbah) pada harinya, dan tidak ada orang yang benci kepadanya kecuali orang-orang yang hatinya munafik”.

Baca juga: Doa Sapu Jagat Latin Dan Artinya Beserta Kegunaannya

Selain itu di lansir Headline.co.id dari Kitab Afdholus Sholawat, Sholawat jibril ini memiliki banyak sekali keutamaan. Berikut ini adalah keutamaannya:

  1. Dibukakan 70 pintu rahmat.

Imam Asy-Sya’rani telah berkata: Telah bersabda Nabi shollallohu alaihi wasallam: “Barang siapa yang membaca sholawat ini, akan dibukakan ke atas dirinya tujuh puluh pintu dari rahmat, dan Allah akan meletakkan kecintaan-Nya pada kalbu-kalbu manusia. Tiada yang menjadi marah kepadanya melainkan orang yang memiliki kemunafikan di dalam kalbunya.”

  1. Dicintai Allah dan Rasul.

Ulama besar As-Sakhawi Asy-Syafi’i berkata: “Aku telah mendengar Al-Khidir dan Ilyas, dan mereka berdua telah berkata, ‘Kami telah mendengar Rasulullah shollallohu alaihi wasallam bersabda: ‘Tiadalah seorang yang beriman mengucapkan, ‘Semoga Allah melimpahkan sholawat ke atas Muhammad’, melainkan akan dijadikan manusia mencintainya, walaupun mereka sedang membencinya. Demi Allah, tiadalah mereka mencintainya sehingga Allah mencintainya.”

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Lali Janjine ‘Dino Minggu Sing Tak Tunggu’ oleh Yeni Inka

  1. Memperoleh salam dan sambutan dari para malaikat saat ajal menjelang.

Jika umat muslim mengucapkan Sholawat Jibril minimal 3 kali setiap selesai sholat fardhu, maka kelak dirinya akan memperoleh salam dan sambutan dari para malaikat saat ajal menjelang.

  1. Mendapat salam dan kebahagiaan Rasulullah SAW.

Bagi umat muslim yang istiqomah melafalkan sholawat ini sampai dapat merasakan kenikmatan dan kelembutan dari sholawat ini, kelak dirinya akan mendapatkan salam Rasulullah SAW di alam barzah.

Baca juga: lirik Lagu making love out of nothing at all dan Artinya

  1. Mendapat keselamatan lahir dan batin.

Barangsiapa membaca sholawat Jibril sebanyak 300.000 kali dalam satu minggu (dimulai pada hari Sabtu setelah sholat ashar), niscaya Allah akan menurunkan keselamatan baginya lahir dan batin.

  1. Mimpi Bertemu dan Melihat Nabi Muhammad SAW

Diriwayatkan dari As-Sakhawi, berikut kisahnya: “Ada seorang laki-laki dari Syiria menghadap Nabi Muhammad SAW. Ia mengatakan bahwa ayahya telah tua renta nan buta. Meski begitu, ia ingin melihat Nabi. Lalu disarankan untuk membaca shalawat Jibril. Kemudian, ia melantunkan sholawat tersebut sebagai dzikir. Akhirnya, ia dapat melihat Rasul dalam mimpinya, bahkan bisa meriwayatkan hadis dari beliau”.

Baca juga: Hukum, Niat, Tata Cara dan Keutamaan 6 Hari Puasa Syawal

Bagaimana Cara Mengamalkan Bacaan Sholawat Jibril ?

Setelah mengetahui bacaan dan keutamaan dari Sholawat jibril, tak banyak dari kita bertanya bagaimana cara mengamalkan sholawat jibril. Bahkan juga terdapat pertanyaan-pertanyaan lain seperti Sholawat Jibril 1000x untuk apa? Atau berapa banyak sholawat jibril harus di baca?

Nah secara umum para ulama menyarakan sholawat jibril ini di ucapkan atau di baca sebanyak 1.000 kali setelah sholat magrib. Namun ada juga ulama yang menyebutkan bahwa bacaan sholawat Jibril dapat dibaca sebanyak 100 kali saja selesai sholat magrib.

Baca juga: Bacaan Niat Zakat Fitrah Untuk Sendiri Istri dan Anak Serta Besarannya

Selain itu, bacaan sholawat ini juga bisa dibaca sebanyak 3.333 kali, 7.000 kali, hingga 10.000 kali setiap hari. Semakin banyak amalan yang dilakukan, maka akan memberikan manfaat kebaikan yang semakin berlimpah bagi siapa saja yang mengerjakannya.

Selesai mengamalkan sholawat Jibril, Anda juga bisa melanjutkan amalan dengan membaca doa pelengkap untuk memohon rezeki. Berikut doa pelengkap bacaan sholawat Jibril beserta artinya yang bisa diamalkan:

Doa pelengkap Sholawat Jibril

بسم الله الرحمن الرحيم

الّلهُمَّ اَعْطِنِي ثَوَابَ صَلَّى اللهُ عَلَى محمد أَنْ تَرْزُقَنِي شَيْئًا أَسْتَعِيْنُ بِهِ عَلَى الطّاعَةِ

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الِعزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَي الْمُرْسَلِيْنَ وَالحمْدُ لله ربِّ العَالميْن

Bismillaahirrohmaanirrohiim Alloohumma A’thinii Tsawaaba Shollalloohu ‘Alaa Muhammad An Tarzuqonii Syai-An Asta ‘Iinu Bihi ‘Alath-Thoo ‘Ah Subhaana Robbika Robbil ‘Izzati ‘Ammaa Yashifuun Wasalaamun ‘Alal Mursaliin Walhamdulillaahi Robbil ‘Aalamiin”

Baca juga: Ini Ketentuan dan Sebaran Kuota Haji 1443 H Tiap Provinsi Tahun 2022

Artinya “Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Ya Allah datangkanlah padaku pahala Shollalloohu ‘Alaa Muhammad berilah rezeqi padaku, sesuatu yang dapat menolongku untuk ta’at. Maha suci Tuhanmu, Tuhan yang maha mulia dari apa yang mereka sifatkan dan salam sejahtera untuk para Rasul dan segala puji kepada Allah Tuhan semesta alam.”

Lirik dan Chord Gitar Sholawat Jibril

Intro
Am E Dm Am
Dm Am G F E

Am E
Sholallahu ala Muhammad

Dm C
Shallallahu Alaihi Wa Salam

Dm Am
Sholallahu ala Muhammad

F E Am
Shallallahu Alaihi Wa Salam

Am E
Sholallahu ala Muhammad

Dm C
Shallallahu Alaihi Wa Salam

Dm Am
Sholallahu ala Muhammad

F E Am
Shallallahu Alaihi Wa Salam

E F
Asyroqol Badru ‘Alaina

G F Am
Fakhtafat Minhul Budur

Dm E
Mitsla Husnikma Roaina

E Am
Qhottuya Wajhas Shururi

E F
Anta syamsun anta badrun

G F Am
Anta nurun fauqonuri

E F
Anta syamsun anta badrun

G F Am
Anta nurun fauqonuri

Dm E
Anta iksiru waghori

E Am
Anta misbahushshururi

Am E
Sholallahu ala Muhammad

Dm C
Shallallahu Alaihi Wa Salam

Dm Am
Sholallahu ala Muhammad

F E Am
Shallallahu Alaihi Wa Salam

Baca juga: Heboh Rektor Sebut Hijab Peserta LPDP Manusia Gurun, ini Tanggapan Dari Kampus ITK

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.