Doa Sapu Jagat Latin Dan Artinya Beserta Kegunaannya

  • Whatsapp
Keutamaan Doa Sapu Jagat
Keutamaan Doa Sapu Jagat

Doa Sapu Jagat Latin Dan Artinya Beserta Kegunaannya ~ Headline.co.id (Religi). Doa merupakan salah satu cara yang kita lakukan untuk meminta sesuatu kepada Allah SWT, selain itu Doa juga sebagai salah satu upaya kita dalam mendekatkan diri kepada Allah.  Salah satu doa yang cukup popular di masyarakat adalah Doa Sapu Jagat.

Baca juga: Inilah Fitur Menarik dari Redmi Smart Band Pro yang di hadirkan oleh Xiaomi

Doa Sapu Jagat menjadi salah satu doa yang dianjurkan oleh baginda agung Muhammad SAW, doa ini juga memiliki banyak manfaat.

Dalam Doa Sapu Jagat terdapat permohonan kebaikan di dunia dan di akhirat. Permohonan di dalamnya juga sangat lengkap seperti keamanan, keberuntungan, kesehatan, rezeki dan hal-hal baik yang lainnya.

Bacaan doa sapu jagat juga dikenal dengan doa keselamatan dunia akhirat. Doa ini juga terdapat dalam surah Al Baqoroh ayat 200 dan 201.

Baca juga: Lirik Sholawat Ya Sayyidi Ya Rasulullah Arab, Latin dan Terjemahan

Allah SWT berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 201 yang berbunyi:

وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya:

“Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka”.

Menurt para ulama doa Sapu jagat ini mencakup seluruh permintaan manusia di dunia dan di akhirat.  Penamaan doa sapu jagat ini dikarenakan di dalam setiap doa ini sudah terdapat seluruh keinginan manusia.

Baca juga: Lirik Sholawat Al Fatih Arab, Latin dan Terjemahan Viral di Tik Tok

Pada hakekatnya tidak jauh-jauh dari kebahagian di dunia maupun di akhirat nantinya. Berikut ini adalah bacaan doa Sapu Jagat lengkap dengan latin dan terjemahannya:

Doa Sapu Jagat Latin Dan Artinya

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Rabbana atina fid-dun-ya ḥasanataw wa fil-akhirati ḥasanataw wa qina ‘ażaban-nar”

Artinya:

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan selamatkanlah kami dari siksa api neraka.”

Baca juga: Chord Gitar Ya Thoybah Sulis Ft Hadad Alwi, Lirik: Ya Ali Yabna Abi Thalib

Kapan Doa Sapu Jagat dibaca

Doa Sapu Jagat ini disyariatkan untuk dibaca dalam segala kondisi. Doa sapu jagat termasuk doa yang sering dipanjatkan Nabi Muhammad. erdasarkan tafsir dari Ibnu Abbas Abbas rodhiyallohu ‘anhuma, yang mengatakan bahwa makna hasanah atau kebahagian dunia salah satunya adalah menikahi orang yang shaleh dan soleha.

Baca juga: Susunan Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Fardhu Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Maka dari itu, sering membaca doa ini setelah shalat bisa mendekatkan jodoh. Meski ringkas, ternyata doa ini juga mencakup dengan nikmat sehat yang diinginkan manusia.

Membaca doa ini sehabis shalat, insyaallah bisa selalu menyehatkan tubuh lahir dan batin. Selanjutnya, doa sapu jagat juga bisa melapangkan hati orang yang mendapat musibah.

Muhammad kerap melafalkan doa sapu jagat selama i’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, di samping bertadarus, Rasulullah merenung sambil berdoa.

baca juga: Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Sekaligus Membayar Hutang Puasa Ramadhan

Bacaan doa sapu jagat termasuk doa pendek yang paling disukai oleh Nabi Muhammad SAW. Seperti hadis yang diriwayatkan dari Anas bin Malik disebutkan sebelumnya.

Juga seperti yang disampaikan oleh ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, berikut ini:

“Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menyukai doa-doa yang singkat dan padat maknanya, dan meninggalkan selain itu.”

“Dari Anas, ia berkata, ‘Kebanyakan doa yang dibaca Rasulullah SAW adalah ‘Allāhumma, ātinā fid dunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa ‘adzaaban naar.” (HR Bukhari dan Muslim).

Baca juga: Bacaan Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbuka Arab Latin dan Artinya

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *