Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Sekaligus Membayar Hutang Puasa Ramadhan

  • Whatsapp
Bolehkah Puasa Senin Kamis digabung dengan puasa qadha Ramadhan
Ilustrasi

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Sekaligus Membayar Hutang Puasa Ramadhan ~ Headline.co.id (Doa Puasa). Puasa Ramadhan merupakan puasa yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Karena wajib setiap muslim yang tidak berpuasa atau batal puasa ramadhan wajib membayar hutang puasa tersebut sebelum datang bulan ramadhan tahun selanjutnya.

baca juga: Jangan Sampai Kelewat, Ini Niat dan Keutamaan Puasa Tasu’a dan Asyura 9-10 Muharram

Read More

Terkadang banyak sekali faktor yang membuat kita batal ataupun tidak melaksanakan puasa Ramadhan seperti sakit, hamil atau menyusui, lanjut usia dan menstruasi. Dikarenakan puasa wajib maka diwajibkan menganti puasa tersebut dilain hari kecuali untuk orang yang sudah lanjut usia bisa mengantinya dengan membayar fidyah.

Diriwayatkan dari jalur Abu Said, bahwa Nabi saw. bersabda, “Apabila (seorang wanita) mengalami haid maka dia tidak salat dan tidak puasa” (H.R. Bukhari 1815).

Perempuan yang haid tersebut wajib mengganti puasa yang ditinggalkannya pada hari-hari lain di luar bulan Ramadan. Diriwayatkan dari jalur Mu’adzah, ia bertanya kepada Aisyah tentang perempuan haid yang mengqadha puasa, tetapi tidak mengqadha salat.

baca juga: Hukum dan Bacaan Niat Puasa Ramadhan dan Doa Buka Puasa Yang Benar Beserta Artinya

Aisyah menjawab, “Kami dahulu (pada masa Rasulullah saw. hidup) juga mengalami haid, maka kami diperintahkan untuk mengqadha puasa dan tidak diperintahkan untuk mengqada salat” (H.R. Muslim 508).

Namun terkadang yang menjadi pertanyaan dan membuat umat muslim ragu terkait apakah diperbolehkan mengabungkan atau mengqadha puasa ramadhan dengan puasa sunah Senin Kamis? Mengingat puasa sunah Senin kamis juga memiliki banyak sekali keutamaan. Untuk selengkapnya bisa membaca Niat dan Keutamaan Puasa Senin Kamis berserta Doa Buka Puasanya.

Dilansir Headline.co.id dari kanal Youtube Kun Ma Allah dengan judul Qadha Puasa di Senin Kamis, Niat dan Pahalanya, Ustaz Abdul Somad (UAS) memperbolehkan untuk mengqodho (mengabungkan) puasa sunah senin kamis dengan membayar hutang puasa ramadhan.

baca juga: Inilah Pendapat Ulama dan Niat Bacaan Puasa Ramadhan Sebulan Penuh 1442 H 2021

UAS menuturkan bahwa dengan niat puasa Qadha saja kita tetap akan mendapat beberapa pahala puasa sekaligus.

“Jika kita puasa wajib di luar Ramadhan pada hari Senin atau Kamis, bolehkah kita niat ganda? Niat puasa wajib, cukup satu niat saja, pada hari Kamis, niat piasa qadha saja. Sengaja aku niat puasa Qadha karena Allah ta’ala, otomatis dapat tiga. Qadha dapat lunas 1 hari, dapat puasa Syawal, dapat puasa Kamis, cukup niat pausa Qadha saja” ujar Abdul Somad dalam video itu.

baca juga: Bagaimana Hukum Ngupil dan Mengorek Telingga, Apakah Membatalkan Puasa atau tidak?

Bagaimana Tata Cara Qadha Puasa Ramadhan


Buat kamu yang memiliki hutang puasa wajib bulan Ramadhan wajib menganti sebanyak jumlah kamu batal puasa, dan penganti puasa tersebut bisa dilakukan diluar bulan tersebut selama tidak ada larangan puasa (Haram Puasa) seperti hari raya idul fitri dan idul adha.

Baca juga: Apa Arti Ramadhan Kareem dan Ramadan Mubarak, Ini Pengertian Lengkapnya?

Untuk meng qadha puasa ramadhan dapat dilakukan dengan dua cara yakni dengan berturut-turut sesuai jumlah hari puasa yang ditinggalkan, atau terpisah-pisah asalkan jumlah hari puasa yang ditinggalkan terpenuhi.

Nabi Muhammad saw. bersabda, “Qadha (puasa) Ramadan itu, jika ia berkehendak, maka ia boleh melakukannya terpisah. Dan jika ia berkehendak, maka ia boleh melakukannya berurutan. ” (H.R. Daruquthni, dari Ibnu ‘Umar).
Melihat hal ini, sebagai contoh, seseorang yang hendak mengganti puasa Ramadan 6 kali, dapat saja memilih menjalankannya dalam 6 hari berturut-turut, atau pada hari-hari tertentu ketika ia mampu menjalankan, asal totalnya tetap 6 hari.

Cara Qadha Puasa Ramadhan pada Senin dan Kamis


Bagi kamu yang hendak mengabungkan atau qadha puasa Ramadhan dan puasa sunah Senin Kamis tidak perlu menggabungkan niat puasa qadha tersebut dan niat puasa senin kamis. Yang perlu dilakukan adalah melafalkan niat qadha puasa, karena qadha puasa itu hukumnya wajib.

baca juga: Dapat Bingkisan Dari Pendeta Pas Ultah, ini Respon yang Dilakukan Gus Miftah

Apakah kemudian ia mendapatkan pahala puasa Senin atau Kamis karena berpuasa pada hari tersebut maka itu adalah kewenangan Allah. Niat qadha puasa Ramadan sendiri, dibaca pada malam hari seperti ketika seseorang mengerjakan puasa Ramadan, dengan lafal bahasa Arab sebagai berikut.

Bacaan Niat Puasa Qadha (bayar Hutang) Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً للهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Yaumal Istnaini Sunnatal Lillahi Ta’ala.

Artinya : Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.

baca juga: 6 Rukun Iman dalam Islam Apa saja? Ini dia urutan, Pengertian serta Maknanya

Bacaan Niat Puasa Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً للهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillahi Ta’ala

baca juga: Apakah Boleh Mengqadha Puasa Ramadhan Digabung dengan Puasa Syawal, Ini Penjelasanya?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *