Inilah Pendapat Ulama dan Niat Bacaan Puasa Ramadhan Sebulan Penuh 1442 H 2021

  • Whatsapp
Doa Niat Puasa Ramadan Satu Bulan dan Satu Hari
Ilustrasi

Inilah Pendapat Ulama dan Niat Bacaan Puasa Ramadhan Sebulan Penuh 1442 H 2021 ~ Headline.co.id (Ramadhan). Niat puasa ramadhan merupakan salah satu rukun dari puasa Ramadhan, sehingga kita perlu untuk melafalkan niat puasa. Untuk mengantisipasi sifat lupa dari manusia ada pendapat ulama yang membolehkan untuk membaca niat puasa ramadhan sebulan penuh.

baca juga: Kumpulan Ucapan Sambut Ramadhan 2021 yang bisa untuk Status Sosial Media

Read More

Berdasarkan pendapat dari Imam Malik, ia menyatakan bahwa membaca niat untuk sebulan penuh sudah cukup. Dalam pandangan Imam Malik sendiri membaca niat puasa setiap malam hukumnya adalah sunnah.

Tetapi dalam pendapat Imam Malik jika seseorang terputus puasanya karena sakit, haid, bepergian atau hal lainnya yang membuat puasanya batal maka wajib mengulang niatnya.

baca juga: Hukum dan Bacaan Niat Puasa Ramadhan dan Doa Buka Puasa Yang Benar Beserta Artinya

Meski seperti yang kita ketahui bahwa di lingkungan kita belum familiar dengan mengucapkan niat puasa selama sebulan penuh.

Apa Niat Puasa Sebulan Penuh?

Berikut ini adalah bacaan niat puasa Ramadhan untuk satu bulan penuh:

Nawaitu shauma syahri ramadhaana kullihi lillaahi ta’aalaa

Artinya: “Aku niat berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala”

Bagaimana Pendapat Ulama mengenai Niat Puasa Sebulan Penuh

Dikutip dari buku (Menjaga Puasa Ramadhan) (Dr. Mansur Chadi Mursid, M.M.) (2020: 11) mengatakan bahwa ada perbedaan pendapat dikalangan ulama mengenai apakah diperbolehkan hanya membaca niat puasa satu kali untuk satu bulan penuh.

Baca juga: 6 Rukun Iman dalam Islam Apa saja? Ini dia urutan, Pengertian serta Maknanya

Pendapat pertama mengatakan bahwa niat puasa sebulan tidak sah, hanya sah pada hari yang malamnya berniat puasa, hal ini dikarenakan manusia tidak bisa menjamin dapat berpuasa sebulan tanpa adanya halangan, dan puasa seharu adalah ukuran sedikit-dikitnya ibadah puasa.

Pendapat kedua menyatakan sah, hal ini memandang puasa sebagai ibadah satu kesatuan yaitu sebulan Ramadhan, diibaratkan seperti shalat magrib hanya ada satu tempat niat dan tidak niat untuk setiap rakaatnya.

Pendapat ketiga didasarkan bahwa Rasulullah pernah berniat berpuasa sunah setelah sudah masuk awal hari. Menurut pendapat Imam Abu Hanifah, sah niat puasa Ramadhan sebelum zawal setiap hari.

baca juga: Teh Hangat atau Air Putih untuk Membatalkan Puasa? Berikut Rekomendasi Ahli Gizi

Demikian adalah bacaan niat puasa Ramadhan sebulan penuh beserta pandangan para ulama mengenai hukumnya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *