Lirik Sholawat Al Fatih Arab, Latin dan Terjemahan Viral di Tik Tok

  • Whatsapp
Bacaan Sholawat Fatih Lengkap dengan Keutamaannya
Sholawat Fatih

Lirik Sholawat Al Fatih Arab, Latin dan Terjemahan Viral di Tik Tok ~ Headline.co.id (Lirik Lagu). Belakangan ini sholawat dengan lirik Allāhumma shalli wasallim ‘ala Sayyidina Muhammad Alfatihi Lima Ughliqa Wal Khotim viral di Tik Tok, Instagram, facebook dan juga media sosial lainnya.

baca juga: Chord Gitar dan Lirik Lagu Suci dalam Debu – Iklim

Sholawat Al Fatih merupakan nama sholawat tersebut. Sholawat Al Fatih memiliki banyak sekali keutamaan.

Sebelum itu sebagai informasi, menurut Syekh Al-Arif Al-Kubra dalam Kitab Perukunan Melayu menyebutkan keutamaan membaca Sholawat Al Fatih. Yakni salah satunya adalah bagi yang membacanya terselamatkan dari api neraka dan meninggal dalam keadaan husnul khotimah.

Dilansir dari Headline.co.id, dari NU.or.id, nama pencipta Shalawat Fatih adalah Sayyid Muhammad al-Bakri. Beliau merupakan salah seorang keturunan Sayyidina Abu Bakar As-Shiddiq, sahabat sekaligus mertua Nabi Muhammad SAW.

baca juga: Lirik Lagu Aku Sayang Aku Chintya Gabriella: Terima Kasih Masa Lalu

Sayyid Bakri merupakan keturunan Abu Bakar yang tidak terlepas dari doa Rasulullah untuk Abu Bakar ketika dia menemani Rasulullah dengan sepenuh hati di Gua Tsur ketika dikejar-kejar kaum kafir Quraisy.

Pada saat itu Abu Bakar menjaga Nabi Muhammad dari sengatan hewan liar seperti ular. Ia menutup lubang-lubang di gua dengan pakaiannya. Tersisa satu lubang kecil yang belum tertutup. Akhirnya ia tutup lubang itu dengan jempolnya.

Pikiran abu bakar benar lubang yang ia tutup dengan jempolnya itu dihuni oleh ular. Jempol Abu Bakar digigit ular, riwayat lain menyebut kalajengking. Abu Bakar menahan sakit luar biasanya itu hingga tubuhnya gemetar, keringat bercucuran. Rasa sakit yang tak tertangguhkan ditahan agar tidak mengganggu Nabi Muhammad yang sedang tidur, sedang istirahat.

baca juga: Chord Gitar dan Lirik Lagu Gereja Tua By Pansbers

Habib Luthfi bin Yahya dalam bukunya Secercah Tinta: Jalinan Cinta Seorang Hamba dengan Sang Pencipta (2014: 43) mengungkapkan, setelah Nabi Muhammad terjaga dan tahu apa yang sedang terjadi pada Abu Bakar, Nabi mendoakan Abu Bakar. Di situ Nabi Muhammad membacakan Surat Al-Fatihah. Setelah dibacakan Surat Al-Fatihah, jempol Sayyidina Abu Bakar yang membengkak akhirnya pulih seperti semula.

baca juga: Chord Gitar dan Lirik Lagu Dinda Jangan Marah-Marah Viral di TikTok

Berikut ini adalah Sholawat al Fatih versi Asli:

Sholawat al Fatih versi Asli

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ وَالهَادِي إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ. صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

Allāhumma shalli wa sallim wa bārik ‘alā sayyidinā Muhammadinil Fātihi limā ughliqa, wal khātimi limā sabaqa, wan nāshiril haqqā bil haqqi, wal hādī ilā shirātin mustaqīm (ada yang baca ‘shirātikal mustaqīm’). Shallallāhu ‘alayhi, wa ‘alā ālihī, wa ashhābihī haqqa qadrihī wa miqdārihil ‘azhīm.

Terjemahan

“Ya Allah, limpahkanlah shalawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.”

baca juga: Adhitia Sofyan: Chord Gitar dan Lirik Lagu Sesuatu di Jogja Hey Cantik Coba Kau Catat

Sementara berikut lirik sholawatAl Fatih yang viral di TikTok:

lirik sholawatAl Fatih yang viral di TikTok

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
Allāhumma shalli wasallim ‘ala Sayyidina Muhammad

الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ
Al Fātihi limā ughliqa wal khātimi

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
Allāhumma shalli wasallim ‘ala Sayyidina Muhammad

الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ
Al Fātihi limā ughliqa wal khātimi

لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ
limā sabaqa, wan nāshiril haqqā

بِالحَقِّ وَالهَادِي
bil haqqi wal hādī

إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ
ilā shirātin mustaqīm (ada yang baca ‘shirātikal mustaqīm’).

صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ
Shallallāhu ‘alayhi, wa ‘alā ālihī, wa ashhābihī haqqa qadrihī wa miqdārihil ‘azhīm.

baca juga: Mengenal Cerita Lagu “Mendung Tanpo Udan” dari Penciptanya, dilengkapi Lirik dan Terjemahan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *