Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
ReligiDoaSholat

Bacaan Niat Tata Cara dan Doa Setelah Sholat Taubat

5098
×

Bacaan Niat Tata Cara dan Doa Setelah Sholat Taubat

Sebarkan artikel ini
sholat taubat dilakukan jam berapa
sholat taubat

Bacaan Niat Tata Cara dan Doa Setelah Sholat Taubat ~ Headline.co.id (Religi). Sebagai umat muslim tentu setiap orang tidak akan luput dari dosa baik dosa kecil maupun dosa besar. Sebagai umat muslim yang taat kita harus menjalankan perintah Allah SWT dan juga harus menjauhi segala larangan-nya. 

Baca juga: Keutamaan Bacaan Sholawat Munjiyat Arab, Latin dan Artinya

Bahkan Rabi’ah al-Adawiyah pernah berkata,“Istighfar kita sesungguhnya masih membutuhkan istighfar.” ia menguraikan bahwa “Pada saat mengucapkan ‘Astaghfirullah, astaghfirullah’, hatiku tidak tersambung kepada Allah. Hal ini tidak ubahnya seperti meminta maaf kepada seseorang atas suatu kesalahan sambil tertawa, ‘Ha-ha-ha, maafkan aku, maafkan aku,’ dan berlalu. Itu namanya kurang ajar. Minta maaf itu artinya merasa bersalah. Jadi harus dilakukan dengan perasaan yang hancur dan penuh malu. Apakah ketika mengucap, ‘Aku memohon ampun dan bertaubat kepada Allah’ hati kita merasa malu? Merasa hancur di hadapan Allah? Merasakan betapa besarnya berhubungan dengan Allah?”

Melihat cerita singkat diatas bahwa potensi salah selalu. dan dalam ajaran islam seorang hamba dapat memohon ampunan dari Allah SWT dengan cara beristighfar atau dengan cara melakukan sholat taubat.

Baca juga: Sholawat Maulid SimTudduror Lirik Text Arab Latin Indonesia

Berapa Rakaat Sholat Taubat

Dilansir Headline.co.id dari hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah berbunyi: “Setiap anak keturunan Adam adalah orang yang berbuat kesalahan, dan sebaik-baik orang yang berbuat kesalahan adalah orang yang bertaubat.”

Salah satu cara yang sering dilakukan oleh umat muslim dalam bertaubat adalah melakukan sholat taubat. Banyak yang bertanya berapa Rakaat Sholat Taubat? jawabannya adalah dua rakaat. 

Baca juga: Lirik Syubbanul Wathon (Yalal Wathon) Mars Cinta Tanah Air NU

Sementara anjuran untuk melakukan sholat taubat terdapat dalam Al-Quran surah At-Tahrim ayat 8 sebagai berikut: 

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ تُوبُوٓا۟ إِلَى ٱللَّهِ تَوْبَةً نَّصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمْ أَن يُكَفِّرَ عَنكُمْ سَيِّـَٔاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّٰتٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ يَوْمَ لَا يُخْزِى ٱللَّهُ ٱلنَّبِىَّ وَٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مَعَهُۥ ۖ نُورُهُمْ يَسْعَىٰ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَٰنِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَآ أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَٱغْفِرْ لَنَآ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

Arab-Latin: Yā ayyuhallażīna āmanụ tụbū ilallāhi taubatan naṣụḥā, ‘asā rabbukum ay yukaffira ‘angkum sayyi`ātikum wa yudkhilakum jannātin tajrī min taḥtihal-an-hāru yauma lā yukhzillāhun-nabiyya wallażīna āmanụ ma’ah, nụruhum yas’ā baina aidīhim wa bi`aimānihim yaqụlụna rabbanā atmim lanā nụranā wagfir lanā, innaka ‘alā kulli syai`ing qadīr

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuha (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir dibawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: “Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”.

Baca juga: Keutamaan Sholawat Asyghil Lirik Latin, Arab dan Artinya Lengkap

Bacaan Niat Sholat Taubat

Bagi sobat Headline.co.id yang hendak melakukan sholat taubat hal yang pertama yang harus tau adalah niat sholat taubat itu sendiri. lalu bagaimana bacaan niat sholat taubat, berikut ini adalah niat bacaan sholat taubat dalam lengkap arab, latin dan artinya:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Latin : Ushollii sunnatat taubati rok’ataini lillaahi ta’aalaa.

Artinya : Aku berniat melakukan sholat sunnah taubat dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Baca juga: Lirik Sholawat Ya Robbi Sholli Ala Muhammad Lengkap Arab dan Artinya

Rukun Sholat Taubat Dan Tata Cara Pelaksanaannya

Cara melaksanakan sholat taubat sama dengan sholat sunah pada umumnya. Sholat ini dapat dilaksanakan sebanyak dua rakaat  adalah sebagai berikut: 

  • Niat Boleh dibaca didalam hati (Rukun)
  • Berdiri Bagi yang mampu (Rukun)
  • Membaca Takbiratul Ihram (Rukun) Sunnah mengangkat tangan
  • Membaca Doa Iftitah (Sunnah)
  • Membaca Surat Al-Fatihah (Rukun)
  • Membaca Surat Pendek (Sunnah)
  • Ruku’ Dengan Tenang (Rukun)
  • Membaca Doa Ruku’ (Sunnah)
  • I’Tidal Dengan Tenang (Rukun)
  • Membaca Doa I’tidal (Sunnah)
  • Sujud Dengan Tenang (Rukun)
  • Membaca Doa Sujud (Sunah)
  • Duduk Diantara Dua Sujud (Rukun)
  • Doa Duduk Diantara Dua Sujud (Sunnah)
  • Duduk Tahiyat Akhir (Rukun)
  • Membaca Doa Tahiyat Akhir (Rukun)
  • Membaca Sholawat Nabi Muhammad (Rukun)
  • Salam Pertama / Sebelah Kanan (Rukun)
  • Salam Sebelah Kiri (Sunah)
  • Tertib (Rukun)

Baca juga: Chord Lirik Sholawat Nariyah Lengkap Latin Artinya Dan Keutamaannya

Doa dan Wirid Usai Sholat Taubat

Banyak yang bertanya setelah kita menunaikan sholat taubat lalu setelah itu apa? apakah ada wirid atau doa yang dibaca setelah melakukan sholat taubat?. nah setelah kita melakukan sholat taubat  dianjurkan untuk membaca istighfar untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. 

Baca juga: Lirik Sholawat Busyro Latin dan Artinya Lengkap Keutamaannya

Bacaan istighfar dapat diucapkan sebanyak 100 kali sambil meresapi artinya di dalam hati. Berikut ini bacaan istighfar yang dianjurkan: 

“Astaghfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaihi” 

Artinya: “Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”  

Baca juga: Inilah Doa, Niat, Tata Cara Hingga Keutamaan Puasa di Bulan Rajab

Setelah selesai membaca istighfar, kita dianjurkan untuk membaca doa seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Berikut bacaan doa dan artinya: 

اللّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لآاِلهَ اِلَّااَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَناَ عَبْدُكَ وَأَناَ عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوْذُ بِكَ من شَرِّمَاصَنَعْتَ. اَبُوْءُلَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَي وَأَبُوْءُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْلِي فَإِنَّهُ لاَيَغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلاَّ اَنْتَ

Allaahumma anta rabbii laa ilaaha illaa anta khalaqtanii wa ana’abduka wa ana’alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatha’tu a’uudzubika min syarri maa shana’tu. abuu ulaka bini’matika ‘alayya wa abuu u bidzanbi fahghfirlii fa innahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta.

Baca juga: Lirik Lagu Sholawat Sholatun Bissalamil Mubin Arab Latin dan Artinya

Artinya: “Wahai Tuhan, Engkau adalah Tuhanku, tiada yang patut disembah melainkan hanya Engkau, Engkaulah yang menjadikan aku dan aku adalah hamba-Mu, dan aku dalam ketentuan dan janji-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku dan aku mengakui dosaku, karena itulah ampunilah aku, sebab tidak ada yang dapat memberi ampunan melainkan Engkau wahai Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan apa yang telah aku perbuat.”

Kapan Waktu Melaksanakan Sholat Taubat

Banyak yang bertanya kapan waktu yang tepat melakukan sholat taubat bahkan juga ada yang bertanya pada tim redaksi headline sholat taubat dilakukan jam berapa berikut ini adalah informasinya.

Baca juga: Lirik dan Chord Sholawat Saduna Fidunya Lengkap Arti, Arab, Latin dan Sejarahnya

Dilansir headline.co.id dari buku Panduan Sholat Rasulullah 2 menerangkan bahwa sholat taubat dapat dikerjakan kapan saja, baik siang hari atau malam hari.

Menurut Ibnu Taimiyah dalam kitab Majmu’ Fatawa, ia mengatakan, ‘Demikianlah sholat taubat itu dilakukan ketika seseorang melakukan kesalahan, maka taubat itu wajib disegerakan dan ia dianjurkan melakukan shalat dua rakaat kemudian ia bertaubat sebagaimana hadits Abu Bakar as-Shiddiq.’

Baca juga: Lirik Sholawat Sidnan Nabi Akhlaaqul Karimah Lengkap Arab, latin dan artinya

[wp-review id=”18404″]

Demikian informasi terkait Bacaan Niat Tata Cara dan Doa Setelah Sholat Taubat semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Lirik Lagu Sholawat ‘Ya Tarim’ Lengkap Arab, Latin dan Artinya

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keutamaan membaca doa setelah adzan
Doa

Bacaan dan Keutamaan Membaca Doa Setelah Adzan Sesuai Sunnah ~ Headline.co.id (Islam). Pada setiap panggilan adzan, umat Islam tidak hanya diajak untuk mendengarkan panggilan suci tersebut, tetapi juga dianjurkan untuk…