Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
ReligiSholawat

Keutamaan Sholawat Asyghil Lirik Latin, Arab dan Artinya Lengkap

3991
×

Keutamaan Sholawat Asyghil Lirik Latin, Arab dan Artinya Lengkap

Sebarkan artikel ini
keutamaan sholawat asyghil
keutamaan sholawat asyghil

Keutamaan Sholawat Asyghil Lirik Latin, Arab dan Artinya Lengkap ~ Headline.co.id (Lirik Sholawat). Belakangan ini sosial media seperti twitter, tiktok, instagram, facebook dan youtube di hebohkan dengan sholawat merdu Sholawat Asyghil.

Baca juga: Lirik Sholawat Ya Robbi Sholli Ala Muhammad Lengkap Arab dan Artinya

Tak hanya itu dalam harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Stadion GOR Sidoarjo 7 Februari 2023 juga melantunkan sholawat Asyghil yang dilantunkan oleh 4 anak istimewa yaitu Azam Nur Mukjizat, Majda, Sayed Hasan Syauqi Alaydrus dan Yasmin Najma Falihah dengan suara merdunya.

Untuk warga Nahdlatul Ualama atau Nahdliyin tentu tidak asing dengan Sholawat Asyghil karena sholawat ini cukup pupuler. Sementara bagi yang belum tau arti dari Asyghil adalah sibukkanlah.

Baca juga: Lirik Lagu Sholawat Sholatun Bissalamil Mubin Arab Latin dan Artinya

Selain di lantunkan dalam puncak acara harlah 1 abad NU Shalawat Asyghil banyak dilantunkan oleh masyarakat Muslim Nusantara dalam kondisi tertentu. Bukan hanya terbatas dibaca oleh kalangan terbatas di Majelis-majelis Istighasah, tahlil saja, akan tetapi banyak juga di cover dan diupload pada YouTube baik oleh penyanyi religi maupun penyanyi rock sekalipun. Bagi yang penasaran berikut ini adalah lirik Sholawat Asyghil :

Sholawat Asyghil Lirik Latin, Arab dan Artinya Lengkap

Sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Kawakibul Mudhiah fi Ash-Shalati Ala Khairil Bariyyah, teks shalawat Asyghil adalah sebagai berikut:

Lirik Sholawat Asyghil Arab

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَأَشْغِلِ الظَّالِمِينَ بِالظَّالِمِينَ
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَأَشْغِلِ الظَّالِمِينَ بِالظَّالِمِينَ
وَأَخْرِجْنَا مِنْ بَيْنِهِمْ سَالِمِينَ وَعلَى الِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِين

Lirik Sholawat Asyghil Latin

Allahumma Shalli Ala Sayyidina Muhammadin, Wa Asyghili Dzalimin bi Dzalimin
Allahumma Shalli Ala Sayyidina Muhammadin, Wa Asyghili Dzalimin bi Dzalimin
Wa Akhrij-na min Bainihim Saalimin, wa Ala Aalihi wa shahbihi Ajmain

Baca juga: Lirik dan Chord Sholawat Saduna Fidunya Lengkap Arti, Arab, Latin dan Sejarahnya

Lirik Sholawat Asyghil Artinya:

Artinya: “Ya Allah, berikanlah shalawat kepada pemimpin kami Nabi Muhammad, dan sibukkanlah orang-orang dzalim agar mendapat kejahatan dari orang dzalim lainnya, selamatkanlah kami dari kejahatan mereka. Dan berilanlah shalawat kepada seluruh keluarga dan para sahabat beliau.

Baca juga: Lirik Sholawat Sidnan Nabi Akhlaaqul Karimah Lengkap Arab, latin dan artinya

Sejarah Sholawat Asyghil

Berbicara masalah sejarah Shalawat Asyghil tentu ini memiliki sejarah panjang sejak zaman salafus Shaleh. Sosialisasi secara tidak sadar menjadikan shalawat ini lekat dengan telinga masyarakat umum, serta untuk membungkam para pembenci shalawat.

Baca juga: Lirik Lagu Sholawat ‘Ya Tarim’ Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Munculnya Sholawat Asyghil ini berasal jauh pada masa dinasti Dinasti Bani Umayyah yang berkuasa tahun 41 — 133 H/ 661 — 750 M dan awal berdirinya Dinasti Bani Abbasiyyah. Pergantian tampuk kekuasaan menjadikan kehidupan politik, sosial bahkan keagamaan menjadi terguncang. Ketidak-stabilan politik berimbas kekacauan dimana-mana.

Berdasarkan informasi yang berhasil headline.co.id lansir bahwa pencetus dari sholawat Asyghil ini adalah cucu urutan ke lima Rasulullah SAW yaitu Jafar bin Muhammad bin Ali Zainal Abidin bin Husain bin Ali Al-Murtadlo suami dari Fatimah Az-Zahra putri Rasulullah. Imam Jafar ini kemudian terkenal dengan Jafar Ash-Shadiq. Beliau merupakan induk sanad dari Abu Hanifah (pendiri Madzhab Hanafi) dan Imam Malik bin Anas (pendiri Madzhab Maliki).

Baca juga: Lirik Sholawat Assalamu Alaik Zainal Anbiya Arab Latin dan Terjemahan Indonesia

Sholawat Asyghilini di populerkan dan di ijazahkan oleh Ulama-ulama Moderat. Penelusuran tentang sholawat Asyghil ternyata tertulis dalam kitab Al-Kawakibul Mudhiah fi Ash-Shalati Ala Khairil Bariyyah atau dalam bahasa Indonesia bermakna “Gemintang Gemerlap dalam bershalawat kepada Sebaik-baiknya Kebaikan/ Rasulullah”.
Kitab ini merupakan karya tangan seorang Habib dari Tanah Tarim yaitu Habib Ahmad bin Umar bin Ahmad bin Aqil bin Muhammad bin Abdullah bin Umar Al-Hinduan al-Baalawi.

Karakteristik Shalawat Asyghil

Shalawat Asyghil bermakna Shalawat untuk menyibukkan, atau mengalihkan. Kata (أَشْغِل) dalam bahasa Indonesia bermakna “Sibuk”. Maksud tujuannya adalah mengalihkan perhatian orang dzalim kepada orang-orang yang dzalim juga, jangan sampai menciderai orang-orang yang baik. Nisbat Sholawat ini kepada salah satu wali besar yang merupakan ulama beken di zamannya Sayyidina al-Imam al-Habib Ahmad Bin Umar al-Hinduan Al-Baalawi.

Baca juga: Lirik Lagu Sholawat Syaikhona Lengkap Arab Latin dan Terjemahan

Shalawat ini sering dibaca oleh para Ulama nusantara dalam berbagai acara istighatsah (doa bersama) serta dibaca oleh masyarakat luas diberbagai masjid, mushalla dan majelis-majelis taklim.

Dengan wasilah perantara sholawat ini, umat Muslim selain memohonkan sholawat dan salam atas Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan sahabatnya, shalawat ini bertujuan meminta kepada Allah agar umat Islam diselamatkan dari kejahatan orang-orang yang dzalim. Wasilah merupakan sebuah kebiasaan dari masa ulama-ulama terdahulu, para salafus shaleh untuk doa segera terkabul.

Baca juga: Lirik Sholawat Hayyul Hadi Arab Dan Latin Terjemahannya Enak Didengar

Keadaan yang dihadapi oleh penulis Sholawat ini, Imam Jafar Ash-Shadiq, melatar belakangi penggunaan kata (الظَّالِمِيْنَ بِالظَّالِمِيْنَ) karena beliau menjadi Incaran orang banyak.

Dzurriyah keturunan Rasulullah SAW memang memegang sebuah peran besar dalam sistem pemerintahan masa itu, oleh karenanya Imam Jafar Ash-Shadiq memohon pertolongan Allah melalui Sholawat Asyghil agar terlepas dari jeratan masalah politik yang pelik.

Beliau tidak ingin orang-orang yang baik atau masyarakat umum mendapat Imbas pertikaian politik para elit kerajaan. Dengan menggunakan redaksi (وَأَخْرِجْنَا مِنْ بَيْنِهِمْ سَالِمِينَ), diharapkan kekacauan segera berlalu dan menyelamatkan orang-orang baik dari kekacauan.

Baca juga: Lirik Chord Gitar Sholawat Jibril Manfaat Keutamaan dan Cara Mengamalkannya

Ijazah Ulama Nusantara juga berkaitan dengan karakteristik kekacauan masa ini. Panasnya persaingan dalam politik menjadikan keterpecahan dalam masyarakat luas. Insya Allah dengan menggunakan wasilah perantara Shalawat Asyghil keterpecahan, kekacauan segera berlalu.

Keutamaan Sholawat Asyghil

Berdasarkan informasi yang berhasil headline.co.id himpun berikut ini adalah keutamaan dari Sholawat Asyghil :

1. Diterima Sholatnya

Orang yang tidak membaca Sholawat dalam Sholatnya maka tidak akan diterima Allah. Kunci diterimanya Sholat adalah harus membaca Sholawat.

Baca juga: Lirik Lagu Sholawat Duqtu Wala Lan Atakhala Arab, Latin dan Artinya Yang Viral di TikTok

2. Dimohonkan Ampun Malaikat

Dalam hadist yang diriwayatkan dari Abdullah ibnu Amir ibnu Rabi’ah : Barang siapa yang mengucapkan sholawat untukku sekali, maka para malaikat terus-menerus memohonkan ampunan buatnya selama ia masih membaca salawat. Karena itu, hendaklah seseorang hamba membaca salawat, baik banyak ataupun sedikit.

Baca juga: Inilah Doa, Niat, Tata Cara Hingga Keutamaan Puasa di Bulan Rajab

3. Mendapatkan Keutamaan

Berdasarkan hadist Rasulullah SAW menerangkan : “Barangsiapa bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan mengucapkan shalawat kepadanya sepuluh kali, dihapuskan darinya sepuluh kesalahan, dan ia diangkat sepuluh derajat untuknya.” (HR. Nasai)

Baca juga: Mengenal Asal Usul dan Sejarah Kubah Masjid

Video Viral Sholawat Asyghil Harlah 1 Abad NU

Baca juga: Lirik Sholawat Busyro Latin dan Artinya Lengkap Keutamaannya

[wp-review id=”18349″]

Demikian lirik sholawat Asyghil dari tulisan arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesia lengkap. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Chord Lirik Sholawat Nariyah Lengkap Latin Artinya Dan Keutamaannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *