Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
SholawatReligi

Keutamaan Bacaan Sholawat Munjiyat Arab, Latin dan Artinya

10740
×

Keutamaan Bacaan Sholawat Munjiyat Arab, Latin dan Artinya

Sebarkan artikel ini
sholawat munjiyat untuk kekayaan
sholawat munjiyat

Keutamaan Bacaan Sholawat Munjiyat Arab, Latin dan Artinya  ~ Headline.co.id (Lirik Sholawat). Selaku umat muslim atau umat islam tentu kita tidak asing dengan Sholawat. karena dengan shalawat akan mendekatkan kita dengan Allah dan juga kita akan selalu ingat ajaran baik dari nabi. Sholawat Munjiyat juga merupakan amalan sunnah. selain mendatangkan banyak sekali manfaat tentu dengan membaca shalawat juga akan menumbuhkan kecintaan kepada rasulullah.

Baca juga: Sholawat Maulid SimTudduror Lirik Text Arab Latin Indonesia

Perintah untuk membaca dzikir sholawat ini, salah satunya ditegaskan dalam Al-Qur’an:

إِنَّ اللهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya” (QS. Al-Ahzab:56)

Dalam surah al-Ahzab ayat 56 diatas menerangkan bahwa Allah SWT beserta para malaikat-Nya bershalawat untuk nabi. Kemudian Allah SWT memerintahkan orang beriman untuk bersholawat kepada nabi.  Untuk Jenis-jenis sholawat juga banyak sekali seperti Sholawat Nariyah, Sholawat Busyro, Sholawat jibril, dan juga Sholawat Munjiyat. dan dalam artikel ini kita akan membahas secara lengkap bacaan text Sholawat Munjiyat lengkap dengan arab latin dan artinya selain itu juga akan dilengkapi dengan keutamaan Sholawat Munjiyat.

Mengenal Lebih Dekat Sholawat Munjiyat 

Berdasarkan informasi yang berhasil Headline.co.id himpun bahwa Sholawat Munjiyat  berasal dari bahasa arab yang memiliki arti keselamatan. Tentu dengan membaca Sholawat Munjiyat ini kita memohon perlindungan dan keselamatan kepada Allah SWT. Selain terkenal dengan keselamatan, Sholawat Munjiyat  juga dikenal dengan amalan yang digunakan untuk menjauhkan seseorang dari musibah dan bencana. 

Baca juga: Lirik Syubbanul Wathon (Yalal Wathon) Mars Cinta Tanah Air NU

Bagaimana Text Bacaan Sholawat Munjiyat 

Dikutip dari buku Sholawat Populer: Esensi Shalawat Bagi Umat Nabi Muhammad SAW yang ditulis oleh Tuan Guru KH. Suhaidi Ghazali dan Dr. Shabri Shaleh Anwar pada tahun 2017 halaman 62, berikut bacaan latin sholawat munjiyat:

Sholawat Munjiyat Arab

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْأَهْوَالِ وَالْاٰفَاتِ وَتَقْضِيْ لَنَا بِهَا جَمِيعَ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَيِّئَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَـــا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَـــاتِ

Sholawat Munjiyat Latin

Allâhumma shalli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin wa ‘alâ âli Sayyidinâ Muhammadin shalâtan tunjînâ bihâ min jamî’il ahwâli wal âfât wa taqdhî lanâ bihâ jamî’al hâjat wa tuthahhirunâ bihâ min jamî’is sayyiât wa tarfa’unâ bihâ ‘indaka a’lad darajât wa tuballighunâ bihâ aqshal ghâyat min jamî’il khairâti fil hayâti wa ba’dal mamât

Baca juga: Keutamaan Sholawat Asyghil Lirik Latin, Arab dan Artinya Lengkap

Sholawat Munjiyat Artinya

“Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan shalawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami; dengan shalawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi; dengan shalawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati.”

untuk mempermudah berikut ini adalah gambar Bacaan Sholawat Munjiyat Arab, Latin dan Artinya yang headline sediakan untuk pembaca agar bisa di download dan dibaca setiap saat:

Download bacaan sholawat munjiyat latin dan artinya
bacaan sholawat munjiyat latin dan artinya

Baca juga: Lirik Sholawat Ya Robbi Sholli Ala Muhammad Lengkap Arab dan Artinya

Sejarah Munculnya Sholawat Munjiyat

Arti dari Shalawat Munjiyat sendiri adalah “Shalawat Penyelamat”. Bacaan shalawat tersebut berasal dari sebuah peristiwa yang dialami oleh salah satu orang ‘arif. Berikut sejarah penamaan Shalawat Munjiyat:

قال بعض العارفين كنت في مركب فعصفت علينا الريح فأشرفنا على الغرق فرأيت النبي صلى الله عليه وسلم في منامي فقال قل لهم يقولون اَللهم صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْأَهْوَالِ وَالْآفَاتِ، وَتَقْضِيْ لَنَا بِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ، وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ، وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ، وَتُبَلِّغُنَا بِهَا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِيْ الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ فاستيقظت فقلناها جميعا فسكن الريح بإذن الله تعالى

“Sebagian orang arif berkata: ‘aku berada di kapal, kemudian badai berhembus kencang, hampir saja menyebabkan kami tenggelam. Lalu aku (tertidur dan) melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam mimpi, beliau bersabda: Katakan pada mereka ‘Bacalah doa Allâhumma shalli ‘alâ Muhammadin shalâtan tunjînâ bihâ min jamî’il ahwâli wal âfât wa taqdhî lanâ bihâ jamî’al hâjat wa tuthahhirunâ bihâ min jamî’is sayyiât wa tarfa’unâ bihâ ‘indaka a’lad darajât wa tuballighunâ bihâ aqshal ghâyat min jamî’il khairâti fil hayâti wa ba’dal mamât, lalu aku terbangun dan kami ucapkan bacaan sholawat tersebut, lalu angin pun terdiam atas seizin Allah ta’ala,” (Abdurrahman bin Abdissalam Ash-Shafuri, Nudhah al-Majâlis wa Muntakhab an-Nafâis, hal. 284).

Baca juga: Chord Lirik Sholawat Nariyah Lengkap Latin Artinya Dan Keutamaannya

Dalam kitab lain, yakni kitab al-Fajr al-Munir fi as-Shalat ala al-Basyir wa an-Nadzir, menyebutkan lebih jelas bahwa orang arif yang dimaksud dalam referensi di atas adalah salah satu pemuka tarekat Syadziliyah, yakni Syekh As-Shalih Musa ad-Dlarir. Sebagaimana disampaikan dalam referensi berikut:

وأخبرني الشيخ الصالح موسى الضرير رحمه الله تعالى: أنه ركب في البحر؛ قال: وقامت علينا ريح تسمى: الأقلابية قلَّ من ينجو منها من الغرق، وضج الناس خوفاً من الغرق، قال: فغلبتني عيناي، فنمت، فرأيت النبي صلى الله عليه وآله وسلم وهو يقول: قل لأهل المركب يقولون ألف مرة: اَللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْأَهْوَالِ وَالْآفَاتِ، وَتَقْضِيْ لَنَا بِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ، وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ، وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ، وَتُبَلِّغُنَا بِهَا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِيْ الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ قال: فاستيقظت، وأعلمت أهل المركب بالرؤيا، فصلينا بها نحو ثلاثمائة مرة؛ ففرج عنا، هذا أو قريب منه، صلى الله عليه وسلم.

Syaikh Shalih Musa ad-Dharir rahimahullah mengabarkan kepadaku bahwa beliau mengendarai perahu, lalu berkata: “Badai yang dikenal dengan sebutan Aqlabiyah menyerang kami, sangat sedikit orang yang selamat dari tenggelam sebab badai tersebut. Manusia berteriak karena khawatir akan tenggelam. Lalu aku diserang rasa kantuk, hingga akhirnya aku tertidur. Dalam mimpi Aku melihat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: ‘Katakan pada penumpang perahu, agar mereka membaca shalawat berikut: ‘Allâhumma shalli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin wa ‘alâ âli Sayyidinâ Muhammadin shalâtan tunjînâ bihâ min jamî’il ahwâli wal âfât wa taqdhî lanâ bihâ jamî’al hâjat wa tuthahhirunâ bihâ min jamî’is sayyiât wa tarfa’unâ bihâ ‘indaka a’lad darajât wa tuballighunâ bihâ aqshal ghâyat min jamî’il khairâti fil hayâti wa ba’dal mamât.’ Lalu Aku terbangun dan aku beritakan pada penumpang perahu tentang mimpi yang aku alami, kami pun membaca shalawat tersebut, dan ketika mencapai sekitar bilangan 300, badai pun reda,” (Syekh Umar bin ‘Ali bin Salim al-Fakihani, al-Fajr al-Munir fi as-Shalat ala ala al-Basyir wa an-Nadzir, hal. 25).

Baca juga: Lirik Sholawat Busyro Latin dan Artinya Lengkap Keutamaannya

Keutamaan membaca Sholawat Munjiyat

Tentu banyak yang penasaran dan bertanya apa saja sih keutamaan dari membaca Sholawat Munjiyat ? nah tentu banyak sekali jika kita membaca Sholawat Munjiyat seperti hanya berikut ini keutamaannya:

1. Membantu agar doa dan hajat cepat terkabul

Setiap manusia pasti memiliki keinginan dan cita-cita yang ingin dicapai. Selain dengan berusaha, tentunya dianjurkan untuk memanjatkan doa serta sholawat agar segera dikabulkan oleh Allah SWT.

Baca juga: Lirik Sholawat Hayyul Hadi Arab Dan Latin Terjemahannya Enak Didengar

2. Memudahkan segala urusan dan kesulitan

Jika segala urusan ingin dipermudah, maka bacalah bersholawat di tengah-tengah kesibukan kita. Dengan izin Allah, pasti urusan-urusan yang dikerjakan akan terasa mudah dan tidak ada kesulitan.

Baca juga: Lirik Lagu Sholawat Sholatun Bissalamil Mubin Arab Latin dan Artinya

3. Sebagai bentuk perlindungan selama hidup di dunia

Selama hidup di dunia, pasti akan selalu membutuhkan perlindungan dari Allah. Allah akan memberikan perlindungan kepada hambanya dengan berbagai cara dan melalui banyak perantara. Maka dianjurkan membaca sholawat agar selalu mendapat perlindungan dari Allah.

4. Sebagai syafaat dan penolong ketika di akhirat kelak

Tidak hanya pertolongan di dunia, manfaat sholawat juga dapat dirasakan Musim hingga di akhirat kelak. Orang-orang Islam yang suka bersholawat akan mendapatkan syafaat dan pertolongan dari Allah SWT supaya dijauhkan dari siksa api neraka.

5. Sebagai turunnya rahmat Allah

Dengan membaca sholawat dapat menurunkan rahmat dari Allah SWT. Misal, ketika kita melakukan kebaikan dengan membaca shalawat, maka Allah SWT akan mengganti kebaikan tersebut dengan lebih baik dan yang tidak terduga.

Baca juga: Lirik dan Chord Sholawat Saduna Fidunya Lengkap Arti, Arab, Latin dan Sejarahnya

6. Membuka Pintu Rezeki

Keistimewaan membaca sholawat munjiyat yang terakhir adalah bisa membuka pintu rezeki. Hal ini seperti dikatakan oleh Imam As-Suyuty berikut ini:

Sesungguhnya hadis ini shohih dan banyak bersholawat atas Nabi Muhammad itu bisa mempermudah jalan rizki dan banyak barokah yang turun, dan bisa untuk menghilangkan kesedihan-kesedihan dan juga untuk memenuhi beberapa hajat.”

Baca juga: Lirik Lagu Sholawat Duqtu Wala Lan Atakhala Arab, Latin dan Artinya Yang Viral di TikTok

Shalawat Munjiyat juga banyak tercantum dalam wirid-wirid dan hizib-hizib yang biasa diamalkan di banyak pesantren. Hal ini menunjukkan betapa dahsyatnya keutamaan membaca Shalawat Munjiyat ini. Namun meski begitu, akan lebih afdhal jika dalam mengamalkan shalawat munjiyat atas petunjuk dari seorang guru (mujiz) yang mengarahkan kita untuk mengamalkan membaca shalawat munjiyat, agar kadar bacaan yang kita amalkan dapat lebih efektif dan proporsional. 

Baca juga: Lirik Sholawat Sidnan Nabi Akhlaaqul Karimah Lengkap Arab, latin dan artinya

Waktu Yang Tepat membaca  Sholawat Munjiyat

Banyak yang menanyakan kapan waktu terbaik untuk membaca sholawat Munjiyat? nah kamu bisa membaca atau melafalkan pada awal sebelum membaca doa, khususnya pada saat bacaan doa tahlil. Masyhur sekali bahwa doa yang diawali dengan membaca shalawat munjiyat ini akan cepat terkabulkan, tentu atas seizin Allah subhanahu wa ta’ala. Selain itu, bacaan shalawat munjiyat juga dianjurkan untuk dibaca sebagai dzikir pada saat setelah melaksanakan shalat hajat, dengan harapan agar hajat yang diinginkan segera terpenuhi.

Dikutip dari buku berjudul The Story Behind The Power of Sholawat oleh Ayu Aprilianti, sholawat munjiyat juga bisa dibaca saat kita memiliki hajat, lebih baik dibaca setelah sholat hajat. 

Baca juga: Lirik Lagu Sholawat ‘Ya Tarim’ Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Dikutip dari buku Panduan Lengkap Shalat, Doa, Zikir & Shalawat oleh Ust. Enjang Burhanudin Yusuf, M.Pd, sholawat munjiyat bisa dibaca dengan hitungan 11, 41, 101, hingga 4.444 kali, menyesuaikan dengan hajat yang diinginkan maupun kesulitan yang dihadapi.

Contoh pembacaan sholawat munjiyat, jika hajat ingin cepat dikabulkan Allah SWT, maka dibaca 11 kali setelah shalat fardhu. Pada tengah malamnya lakukan lah 2 rakaat salat hajat, dan baca sholawat munjiyat ini.

Sholawat munjiyat ini juga cocok dilafalkan, misalnya untuk dapat jodoh dan lain sebagainya. Itu tadi bacaan sholawat munjiyat dan artinya.

Baca juga: Lirik Sholawat Assalamu Alaik Zainal Anbiya Arab Latin dan Terjemahan Indonesia

Video Bacaan Sholawat Munjiyat 100x

Baca juga: Lirik Chord Gitar Sholawat Jibril Manfaat Keutamaan dan Cara Mengamalkannya

Demikian informasi terkait dengan Keutamaan Bacaan Sholawat Munjiyat Arab, Latin dan Artinya semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Lirik Lagu Sholawat Syaikhona Lengkap Arab Latin dan Terjemahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *