Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
ReligiDoaSholat

Sholat Tahajud: Bacaan Niat, Tata Cara, Doa Dan Keutamaan Serta Waktu Terbaik Melaksanakannya

2422
×

Sholat Tahajud: Bacaan Niat, Tata Cara, Doa Dan Keutamaan Serta Waktu Terbaik Melaksanakannya

Sebarkan artikel ini
Tata Cara Sholat Tahajud 2 rakaat dan bacaannya
Sholat Tahajud

Sholat Tahajud: Bacaan Niat, Tata Cara, Doa Dan Keutamaan Serta Waktu Terbaik Melaksanakannya ~ Headline.co.id (Sholat Sunnah). Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari, setelah tidur. Sholat tahajud biasanya dilakukan pada sepertiga malam terakhir, yaitu setelah tidur pada malam hari dan sebelum waktu sholat subuh dimulai.

Baca juga: Bacaan Niat Tata Cara dan Doa Setelah Sholat Taubat

Sholat tahajud sangat dianjurkan oleh agama Islam dan dianggap sebagai salah satu bentuk ibadah yang paling baik dan paling diutamakan. Selain itu, sholat tahajud juga dianggap sebagai waktu yang paling dekat antara hamba dengan Allah SWT, sehingga banyak orang muslim yang mengambil kesempatan untuk berdoa dan memohon kebutuhan mereka kepada Allah SWT pada waktu ini.

Sholat tahajud dapat dilakukan secara individual atau berjamaah. Biasanya, sholat tahajud dilakukan dengan melaksanakan dua rakaat salat, kemudian dilanjutkan dengan sholat sunnah atau membaca Al-Quran. Namun, jumlah rakaat yang dilakukan dapat bervariasi tergantung pada preferensi individu dan kesempatan yang tersedia.

Baca juga: Keutamaan Bacaan Sholawat Munjiyat Arab, Latin dan Artinya

Perintah Melaksanakan Sholat Sunah Tahajud

Sementara itu, anjuran untuk melaksanakan sholat tahajud ini tercantum dalam QS Al-Isra ayat 79 sebagaimana berikut:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya: “Dan dari sebagian malam sholat tahajudlah kamu (Muhammad ﷺ) dengan membaca Al-Qur’an (di dalamnya) sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu menempatkanmu pada tempat yang terpuji” (QS al-Isra: 79).

Baca juga: Sholawat Maulid SimTudduror Lirik Text Arab Latin Indonesia

Selain itu juga ditegaskan dalam hadis Rasulullah SAW. Beberapa hadis yang menjelaskan tentang pentingnya melaksanakan sholat tahajud antara lain:

  1. Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Salatul-laili mathna mathna.” Artinya, “Shalat malam itu dilakukan dua-dua (rakaat) dan dua-dua (rakaat).”
  2. Dalam hadis riwayat Muslim juga disebutkan, “Sebaik-baik shalat setelah shalat yang wajib adalah shalat malam.”
  3. Dalam hadis riwayat Bukhari, Rasulullah SAW bersabda, “Allah SWT turun ke langit dunia ketika sepertiga malam terakhir berlalu dan Dia berfirman, ‘Siapa yang berdoa kepada-Ku, maka akan Ku-ijabahi. Siapa yang meminta sesuatu kepada-Ku, maka akan Ku-kabulkan. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Ku-ampuni.”

Baca juga: Lirik Syubbanul Wathon (Yalal Wathon) Mars Cinta Tanah Air NU

Dari hadis-hadis tersebut, dapat disimpulkan bahwa melaksanakan sholat tahajud sangat dianjurkan oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW. Walaupun tidak diwajibkan, melaksanakan sholat tahajud merupakan suatu amalan yang sangat mulia dan dapat mendatangkan banyak keutamaan bagi kehidupan dunia dan akhirat seseorang.

Waktu Terbaik Melaksanakan Sholat Tahajud

Waktu terbaik untuk melaksanakan sholat tahajud adalah di sepertiga malam terakhir, yaitu setelah terlewati sepertiga malam yang dimulai dari terbenamnya matahari hingga sebelum waktu shubuh. Sepertiga malam terakhir ini dianggap waktu yang paling istimewa untuk beribadah dan memohon kepada Allah SWT.

Baca juga: Keutamaan Sholawat Asyghil Lirik Latin, Arab dan Artinya Lengkap

Dalam beberapa hadis, disebutkan bahwa waktu terbaik untuk melaksanakan sholat tahajud adalah setelah tidur sejenak. Hal ini dimaksudkan agar seseorang dapat benar-benar terjaga dengan kekuatan penuh dalam melaksanakan sholat tahajud dan dapat melaksanakan sholat tersebut dengan khusyuk dan penuh keikhlasan.

Namun, jika seseorang sulit untuk terbangun di tengah malam, ia juga dapat melaksanakan sholat tahajud di waktu lain, seperti menjelang akhir waktu malam atau sebelum waktu shubuh. Meskipun demikian, waktu terbaik untuk melaksanakan sholat tahajud tetaplah di sepertiga malam terakhir, karena pada waktu ini, atmosfer spiritual dan keheningan di malam hari dapat membantu seseorang untuk meraih kesungguhan dan kekhusyukan dalam melaksanakan sholat tahajud.

Baca juga: Lirik Sholawat Ya Robbi Sholli Ala Muhammad Lengkap Arab dan Artinya

Berapa Rakaat Sholat Tahajud

Sholat tahajud dilaksanakan dengan minimal 2 rakaat hingga maksimal 12 rakaat, dengan masing-masing rakaat terdiri dari dua kali salam. Namun, jumlah rakaat sholat tahajud tidak ditentukan secara pasti, sehingga seseorang dapat memilih berapa banyak rakaat yang ingin dilaksanakan sesuai dengan kemampuannya.

Sebagai contoh, biasanya dilakukan 8 rakaat sholat tahajud, di mana masing-masing 2 rakaat salam, dan antara setiap dua rakaat dapat dibaca doa atau dzikir. Selain itu, ada juga yang melaksanakan 4 rakaat atau 6 rakaat sholat tahajud, tergantung pada kemampuan dan keinginan masing-masing.

Baca juga: Chord Lirik Sholawat Nariyah Lengkap Latin Artinya Dan Keutamaannya

Niat Sholat Tahajud

Niat sholat tahajud sebenarnya cukup sederhana dan tidak berbeda jauh dengan niat sholat lainnya. Niat sholat tahajud dilakukan dengan niat dalam hati untuk melaksanakan sholat tahajud dua rakaat dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mencari keberkahan dari-Nya. Berikut ini adalah contoh niat sholat tahajud yang dapat diucapkan dalam hati:

أُصَلِّي سُنَّةَ التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

“Ushalli sunnatal tahajjudi rak’ataini lillahi ta’ala”

Artinya: “Aku berniat sholat sunnah tahajud dua rakaat karena Allah SWT.”

Niat sholat tahajud dapat diucapkan dalam bahasa Arab atau bahasa Indonesia, asalkan disertai dengan keyakinan dan kesungguhan dalam hati untuk melaksanakan ibadah tersebut dengan ikhlas dan penuh rasa taqwa kepada Allah SWT.

Baca juga: Lirik Sholawat Busyro Latin dan Artinya Lengkap Keutamaannya

Tata Cara dan Bacaan Sholat Tahajud

Berikut adalah tata cara sholat tahajud:

  1. Waktu sholat tahajud dilaksanakan setelah tidur pada malam hari dan sebelum waktu sholat subuh dimulai. Sebaiknya dilakukan di sepertiga malam terakhir.
  2. Lakukan wudhu atau mandi junub terlebih dahulu sebelum melaksanakan sholat tahajud.
  3. Berdirilah menghadap kiblat dengan khushu’ (khusyuk) dan membaca niat dalam hati untuk melaksanakan sholat tahajud.
  4. Melaksanakan sholat tahajud dengan membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek dari Al-Quran pada setiap rakaatnya.
  5. Setelah membaca surat Al-Fatihah, baca surat pendek Al-Quran seperti Surat Al-Ikhlas atau Surat Al-Kafirun.
  6. Setelah menyelesaikan dua rakaat sholat, Anda dapat melanjutkan dengan membaca doa, membaca Al-Quran, atau melakukan dzikir dan berdoa kepada Allah SWT.
  7. Setelah selesai melaksanakan sholat tahajud, jangan lupa untuk memberikan salam ke kanan dan ke kiri.

Ingatlah bahwa sholat tahajud adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Lakukanlah dengan penuh keikhlasan dan khusyuk, sehingga mendapatkan manfaat dan keberkahan dari Allah SWT.

Baca juga: Inilah Doa, Niat, Tata Cara Hingga Keutamaan Puasa di Bulan Rajab

Doa Setelah Sholat Tahajud dan Artinya

Doa setelah shalat tahajud tidak kalah pentingnya dari shalat tahajud itu sendiri. Karena doa shalat tahajud itu selalu menyertai shalat tahajud Rasulullah SAW. Doa tahajud Rasulullah SAW ini berisi pujian, pengakuan, dan sekaligus permohonan ampunan. Berikut ini doanya:

Doa Setelah Sholat Tahajud Arab

  اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Baca juga: Lirik Lagu Sholawat Sholatun Bissalamil Mubin Arab Latin dan Artinya

Doa Setelah Sholat Tahajud Latin

Allâhumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa‘dukal haq. Wa liqâ’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan nâru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haq. Was sâ‘atu haq. Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khâshamtu. Wa ilaika hâkamtu. Fagfirlî mâ qaddamtu, wa mâ akhkhartu, wa mâ asrartu, wa mâ a‘lantu, wa mâ anta a‘lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. Lâ ilâha illâ anta. Wa lâ haula, wa lâ quwwata illâ billâh.

Baca juga: Lirik dan Chord Sholawat Saduna Fidunya Lengkap Arti, Arab, Latin dan Sejarahnya

Doa Setelah Sholat Tahajud Artinya

Artinya: “Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.”

Doa ini dianjurkan dibaca seusai shalat tahajud. Doa Rasulullah SAW ini diriwayatkan Bukhari dan Muslim. Doa ini juga dicantumkan Imam An-Nawawi dalam karyanya Al-Adzkar.

Baca juga: Lirik Sholawat Sidnan Nabi Akhlaaqul Karimah Lengkap Arab, latin dan artinya

Keutamaan Melaksanakan Sholat Tahajud

Sholat tahajud adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam, dan memiliki berbagai keutamaan yang sangat besar di antaranya:

  1. Mendapatkan keberkahan dan pahala yang besar. Rasulullah SAW bersabda, “Shalat malam itu dilakukan dua-dua (rakaat) dan dua-dua (rakaat), jika khawatir waktu shubuh akan masuk, maka shalatlah satu rakaat untuk menyempurnakan shalat malammu.” (HR Bukhari). Dalam hadis lain, Rasulullah SAW juga bersabda, “Setiap orang yang shalat malam dengan sepenuh hati, kemudian bangun pagi hari sebelum terbit matahari dan berdoa kepada Allah SWT, maka Allah SWT akan memenuhi permintaannya.” (HR Muslim).
  2. Menjauhkan diri dari perbuatan dosa dan kejahatan. Sholat tahajud dapat membantu seseorang untuk menjauhkan diri dari perbuatan dosa dan kejahatan, karena melaksanakan sholat tahajud menunjukkan bahwa seseorang memiliki keimanan yang kuat dan kesungguhan dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT.
  3. Meningkatkan keimanan dan kecintaan kepada Allah SWT. Melaksanakan sholat tahajud dengan khusyuk dan penuh keikhlasan dapat membantu seseorang untuk meningkatkan keimanan dan kecintaannya kepada Allah SWT.
  4. Membantu meningkatkan kualitas hidup. Sholat tahajud dapat membantu seseorang untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan dalam hidupnya, karena sholat tahajud memberikan kekuatan dan keberkahan dari Allah SWT.
  5. Membantu menjaga kesehatan jasmani dan rohani. Melaksanakan sholat tahajud secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jasmani dan rohani, karena seseorang akan lebih teratur dalam menjalani aktivitas sehari-hari dan lebih mudah untuk menghindari hal-hal yang tidak sehat dan tidak bermanfaat.

Baca juga: Lirik Lagu Sholawat ‘Ya Tarim’ Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Dengan demikian, sholat tahajud merupakan salah satu ibadah yang sangat penting dalam Islam, dan memiliki banyak keutamaan yang sangat besar bagi kehidupan dunia dan akhirat seseorang.

[wp-review id=”18546″]

Demikian informasi terkait Sholat Tahajud: Bacaan Niat, Tata Cara, Doa Dan Keutamaan Serta Waktu Terbaik Melaksanakannya semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Bacaan Niat Tata Cara dan Doa Setelah Sholat Taubat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *