Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
SholawatReligi

Lirik Bacaan Sholawat Ibrahimiyah Latin Arab dan Artinya Lengkap dengan Sejarah dan Keutamaannya

876
×

Lirik Bacaan Sholawat Ibrahimiyah Latin Arab dan Artinya Lengkap dengan Sejarah dan Keutamaannya

Sebarkan artikel ini
sholawat ibrahimiyah latin dan khasiatnya
sholawat ibrahimiyah

Lirik Bacaan Sholawat Ibrahimiyah Latin Arab dan Artinya Lengkap dengan Sejarah dan Keutamaannya ~ Headline.co.id (Sholawat). Sebagai umat muslim tentu kita tidak asing dengan sholawat. Sholawat sendiri ada berbagai macam mulai dari Sholwat Ibrahimiyah, Sholawat Nariyah, Sholawat Busyro dan ada berbagai macam sholawat lainnya.

Baca juga: Hukum Berhubungan Badan Suami Istri Pada Siang Hari Di Bulan Ramadhan

Tentunya Sholawat sendiri memiliki makna doa, memberi berkah, dan ibadah. Dan yang paling penting setiap kita bersholawat tentu kita mengharapkan kelak akan mendapatkan safaat dari Nabi Agung Muhammad SAW.

Seperti yang kita ketahui bahwa Sholawat Ibrahimiyah ini masuk kedalam deretan sholawat popular dan sering dibacakan oleh umat muslim. Sholawat Ibrahimiyah biasanya kita baca pada tahiyat akhir dalam sholat.

Baca juga: Kumpulan Bacaan Doa Puasa Hari ke-13 , 14 dan 15 Ramadhan Lengkap Arab Latin dan Artinya

Dengan begitu minimal kita membaca Sholawat Ibrahimiyah ini lima kali dalam satu hari. jika dibandingkan sholawat-sholawat lain baik yang ma’tsûrah (diriwayatkan dari Nabi) maupun yang tidak ma’tsûrah, sholawat Ibrahimiyah merupakan sholawat yang paling sempurna shighatnya. Hal tersebut diungkapkan oleh Syekh Yusuf bin Ismail An-Nabhani dalam kitab Afdlalus Shalawât ‘alâ Sayyidis Sâdât.

Kesempurnaan tersebut menjadi salah satu alasan para ulama menentukan sholawat Ibrahimiyah dibaca saat sholat, di samping memang ada kesepakatan perihal kesahihan hadisnya.

Baca juga: Lirik Sholawat Ilahilas Tulil Firdaus (Syair Abu Nawas Al-I’tiraf) Arab Latin dan Artinya

Dilansir Headline.co.id dari NU Online, terdapat banyak perawi hadis yang meriwayatkan sholawat Ibrahimiyah. Para perawi tersebut antara lain Imam Malik dalam kitab Muwaththa, Imam Bukhari dan Muslim dalam kitab shahihnya, hingga para imam lainnya seperti Abu Dawud, Nasa’i, dan Turmudzi.

Bacaan Sholawat Ibrahimiyah Arab, Latin dan Artinya Lengkap

Berikut ini adalah bacaan shalawat ibrahimiyah lengkap arab, latin dan artinya:

اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ و بَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Arab-latin: Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammad wa’alaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa shallaita ‘alaa sayyidinaa ibraahiima wa’alaa aali sayyidinaa ibrahiima, wabaarik ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa baarakta ‘alaa sayyidinaa ‘alaa sayyidinaa ibraahima wa ‘alaa aali sayyidina ibraahima, fil ‘aalamiina innaka hamiidun majiidun.

Baca juga: Kumpulan Niat Doa Membayar Zakat Fitrah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”

Sejarah Sholawat Ibrahimiyah

Tentunya dalam bacaan Sholawat Ibrahimiyah yang sudah dituliskan diatas kita menyadari dan sering bertanya kenapa nama nabing Agung Muhammad SAW bersanding dengan nama nabi Ibrahim AS. Dan kenapa tidak ada nama nabi-nabi yang lain disitu.

Baca juga: Hal-Hal Yang Membatalkan dan Mengurangi Pahala Puasa Ramadhan

Menanggapi hal ini, Syekh Nawawi dalam Murah Labib-Tafsir an-Nawawi menjelaskan, ada empat hal yang menjadi alasan mengapa Nabi Muhammad bersanding dengan Nabi Ibrahim;

  1. Sesungguhnya Nabi Ibrahim alaihissalam berdoa teruntuk Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam dengan doa ini (shalawat Ibrahimiyah). Karena hal inilah Allah menggerakkan lisan umat Nabi Muhammad senantiasa menyebut nama Nabi Ibrahim sebagai bentuk balasan kebaikan teruntuk Nabi Ibrahim.
  2. Nabi Ibrahim pernah berdoa “Ya Allah jadikanlah untukku sebutan yang baik pada umat terakhir, yakni dari umat Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam.” Dan Allah mengabulkan doa tersebut, sehingga menyambung penyebutan Nabi Muhammad dan Nabi Ibrahim sebagai pujian yang baik dari umat Nabi Muhammad untuk Nabi Ibrahim.
  3. Sesungguhnya Nabi Ibrahim adalah bapak dari aspek agama (abu millah), sedangkan Nabi Muhammad adalah bapak dari aspek rahmat (abu rahmah). Maka wajib bagi setiap Muslim menjadikan mereka sebagai sifat bapak, dan menyebutnya secara bersama dalam setiap pujian dan shalat.
  4. Nabi Ibrahim mengajak umat melaksanakan ibadah haji, sedangkan Nabi Muhammad mengajak kepada iman. Maka Allah mengumpulkan keduanya dalam sebutan yang baik. (Syekh Nawawi, Murah Labid-Tafsir an-Nawawi, Surabaya: Darul Ilmi, hal. 35)

Baca juga: Lirik Text Sholawat Badar Lengkap Arab Latin dan Artinya

Syekh Nawawi menjelaskan empat alasan tersebut menunjukan adanya kedekatan secara batin antara nabi brahim dengan Nabi Muhammad. Logis sekali karena Nabi Muhammad merupakan keturunan Nabi Ibrahim dari garis Sayyid Abdullah hingga Nabi Ismail ‘alaihissalam.

Keutamaan Membaca Sholawat Ibrahimiyah

Banyak sekali keutamaan yang ada pada Sholawat Ibrahimiyah. Sebagian ulama mengungkapkan bahwa jika membaca Sholawat Ibrahimiyah ini sebanyak 1000 kali maka dapat menjadikan pembacanya melihat Nabi Muhammad shallallâhu ‘alaihi wa sallam.

Baca juga: Bacaan Niat Sholat Tarawih: Tata Cara Dan Doa Kamilin Setelah Sholat

Imam Ahmad As-Shawi menyebutkan sebuah hadits riwayat Imam Bukhari di mana Rasulullah bersabda:

من قال هذه الصلاة شهدت له يوم القيامة بالشهادة وشفعت له  

Artinya: “Barangsiapa yang membaca sholawat ini maka aku bersaksi baginya di hari kiamat dengan kesaksian dan aku memberi syafaat baginya.”

Baca juga: Doa Niat Mandi Wajib Sebelum Puasa Ramadhan dan Tata Cara Mandi Keramas

Selain itu juga dengan membaca sholawat akan dinaikkan sepuluh derajat baginya dan dihapuskan darinya sepuluh macam keburukan. Kemudian, apabila menginginkan kedudukan yang lebih tinggi dalam dunia atau pun akhirat, maka bacalah sholawat Ibrahim sebanyak 40 kali secara istiqomah setiap hari. InsyaAllah, apa yang diinginkan akan tercapai.

Baca juga: Bacaan Doa Ziarah Kubur Sesuai Sunnah Lengkap Arab Latin dan Artinya

[wp-review id=”19012″]

Terimakasih telah membaca Lirik Bacaan Sholawat Ibrahimiyah Latin Arab dan Artinya Lengkap dengan Sejarah dan Keutamaannya  semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Lirik Sholawat Qod Anshoha Lengkap Arab Latin dan Artinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makna lirik Sholawat mughrom dan artinya
Religi

Lirik Mughrom Qolbi Bihubbika Mughrom Lengkap Arab Latin dan Terjemahan ~ Headline.co.id (Lirik Sholawat). Sholawat memiliki makna yang baik, dalam Sholawat memiliki kandungan kebajikan, doa dan curahan rahmat. Menurut Ibnu…