Dilurcurkan Saat GIIAS 2021, Seperti Apa Honda Mobilio Terbaru?

  • Whatsapp
Review Kelebihan dan Kekurangan Honda N7X Concept
Honda N7X Concept

Dilurcurkan Saat GIIAS 2021, Seperti Apa Honda Mobilio Terbaru? ~ Headline.co.id (Jakarta). Mobil terbaru dari Honda baru saya diperkenalkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) pada 3 Mei 2021. N7X Concept ini merupakan seri mobil pertama yang diperkenalkan oleh PT HPM.

baca juga: Mau Beli Honda Mobilio? Ini Review Kelebihan, Kekurangan dan Harga Terbarunya

N7X Concept ini akan mengisi segmen LOW SUV 7 Penumpang. Di segmen ini, HPM telah memiliki produk yang selama ini dipasarkan yakni Honda BR-V, model SUV yang dibangun dari basis MPV Honda Mobilio.

Yusak Billy selaku Business Innovation and Marketing & Sales Director HPM menuturkan bahwa HPM akan menjabarkan secara detail mengenai N7X Concept pada pameran otomotif Gaikindo International Auto Show (GIIAS) yang menurut rencana akan digelar pada Agustus 2021.

“Nanti kami akan buka-bukaan di GIIAS, tunggu saja kejutannya,” kata Billy dalam berbagai kesempatan.

Jika benar N7X Concept merupakan generasi penerus dari BR-V, maka besar kemungkinan juga mobil konsep itu akan menjadi basis produksi untuk generasi terbaru dari Mobilio. Apalagi model yang bertarung melawan Toyota Avanza Cs itu sejak pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2014 hingga sekarang hanya mendapatkan penyegaran alias facelift.

baca juga: WOW! 200 Unit Kawasaki Ninja ZX-25R Ludes Terjual Dalam Dua Hari

Tanda-tanda Mobilio akan mendapatkan upgrade menguat setelah HPM mengisyaratkan adanya penyegaran pada beberapa model. Meski tak secara spesifik menunjuk pada BR-V, tetapi penyegaran diklaim sebagai upaya HPM dalam mengapresiasi konsumen setanya di Indonesia.

Jika sebelumnya BR-V dibangun dari platfom yang sama dengan Mobilio, besar kemungkinan N7X Concept yang diperkirakan menjadi penerus BR-V juga akan diterapkan pada generasi terbaru Mobilio.

Billy menjelaskan bahwa N7X Concept dikembangkan oleh R&D Asia Pasifik. Ia mengklaim di dalamnya terdapat insiyur Indonesia yang terlibat dalam pengembangannya. “Terlebih lagi, model konsep ini dikembangkan berdasarkan karakter konsumen di Indonesia,” ujarnya.

Honda N7X Concept saat ini dipamerkan untuk umum di Dreams Cafe by Honda yang berlokasi di Lantai Dasar Mall Senayan Park, Jakarta, sampai dengan 6 Juni 2021.

baca juga: Suzuki XL7 Sabet Car of the Year Dalam Gelaran Otomotif Award 2020

Dilihat dari desain, N7X Concept memiliki desain yang jauh lebih menarik dibanding Honda BR-V. Sepintas malah mirip dengan Honda CR-V namun dengan dimensi yang lebih kecil. Billy menyampaikan bahwa secara dimensi, N7X Concept akan lebih besar dibanding Honda BR-V yang saat ini sudah dipasarkan.

Meski demikian, Honda N7X Concept kemungkinan akan masuk di segmen Low SUV jika nanti diproduksi massal. “Potensi untuk diproduksi massal sangat besar karena segmen Low SUV ini tren penjualannya terus meningkat,” ujar Billy.

Jika benar Honda N7X Concept masuk di segmen Low SUV, maka akan berhadapan dengan sejumlah model seperti Toyota Rush, Mitsubishi Xpander Cross, Suzuki XL7, Daihatsu Xenia, dan bahkan saudaranya sendiri Honda BR-V.

baca juga: Bersama Gubernur Jabar, Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi di Stadion Pakansari Bogor

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Honda Mobilio (wholesales) sepanjang 2020 mencapai 5.668 unit. Masih lumayan meski jauh dibanding kompetitor seperti Toyota Avanza yang mencapai 35.754 unit atau Mitsubishi Xpander sebanyak 26.362 unit. Mobiio juga menjadi model ketiga terlaris HPM setelah Honda Brio (40.879 unit) dan Honda HR-V (13.021 unit).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *