Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
DoaReligi

Niat Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu Lengkap Arab Latin dan Artinya

1428
×

Niat Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu Lengkap Arab Latin dan Artinya

Sebarkan artikel ini
niat wudhu dan sesudah wudhu
niat wudhu dan sesudah wudhu

Niat Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu Lengkap Arab Latin dan Artinya ~ Headline.co.id (Doa Islam). Hallo sobat Headline, Tentunya sebagai umat muslim tentu kita tidak asing agi dengan wudhu. Bahkan dalam sehari pasti kita melakukan wudhu berkali-kali. Dalam islam kita wajib membersihkan diri dari Najis dan kotoran sebelum melakukan ibadah seperti sholat, thawaf Ka’bah, dan menyentuh Al-Quran.

Seuai dengan riwayat hadits Bukhari yang disabdakan Rasulullah SAW menuturkan bahwa Allah tidak akan menerima sholat seseorang bila berhadas sampai ia melakukan wudhu yang bunyinya adalah sebagai berikut:

لاَ يَقْبَلُ اللَّهُ صَلاَةَ أَحَدِكُمْ إِذَا أَحْدَثَ حَتَّى يَتَوَضَّأَ                                                           

 “Allah tidak menerima shalat salah seorang kamu bila berhadats sampai ia berwudhu.”

Baca juga: Teks Bacaan Tahlil NU Lengkap Arab Latin dan Artinya

Selain itu perintah wudhu sebelum melakukan shalat juga terdapat dalam surah Al-Maidah ayat 6, yang berbunyi.

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku dan usaplah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai dengan kedua mata kaki.” (Al-Maidah: 6).

Baca juga: Bacaan Doa Setelah Sholat Taubat Nasuha Lengkap Arab Latin dan Artinya

Berdasarkan dua dalil tersebut,d apat di artikan bahwa dalam islam menempatkan kebersihkan merupakan masalah utama. Sehingga jika sholat tidak dibandun atas dasar thaharah yang bersih dari hadas dan najis maka salat bisa dianggap tidak sah oleh Allah SWT.

Syaikh Muhammad Fahd dan Syaikh Bin Baz, dalam buku “Sifat Wudhu & Shalat Nabi,” menjelaskan bahwa wudhu adalah cara suci yang telah ditetapkan oleh Allah SWT, yaitu dengan menggunakan air suci pada bagian-bagian tertentu dari tubuh, sebagaimana yang telah dijelaskan dalam syariat. Namun, wudhu juga dapat diartikan sebagai sebuah bentuk penyucian diri sebelum melaksanakan sholat.

Baca juga: Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Lengkap Arab Latin dan Artinya

Syarat Wudhu

Namun sebelum bersuci atau Wudhu ternyata terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi, berikut ini adalah syarat-syarat berwudhu:

1. Islam
2. Tidak berhadast besar
3. Menggunakan air yang suci dan menyucikan
4. Tidak ada yang menghalangi sampainya air ke kulit, seperti getah dan sebagainya yang melekat di atas kulit anggota wudhu.
5. Tamyiz atau dapat membedakan hal-hal yang baik dan hal-hal yang buruk.

Baca juga: Keajaiban Ayat Seribu Dinar: Rahasia Doa Pendek yang Memimpin Umat Muslim Menuju Rezeki Berlimpah

Niat Doa dan Tata Cara Wudhu Sesuai Syariat

Menurut Kitab “al-Majmu’ Syarh al-Muhadzdzab” karya Imam Nawawi, kata ‘wudhu’ berasal dari ‘wadh’ah,’ yang berarti kebersihan. Dalam konteks Islam, wudhu adalah tindakan khusus yang dimulai dengan niat tulus dalam hati dan penggunaan air pada bagian tubuh tertentu. Berikut adalah bacaan niat wudhu, disertai transliterasi dan terjemahannya:

Bacaan Niat Doa Wudhu

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitul whuduua liraf’il hadatsil asghari fardal lillaahi ta’aalaa.”

“Saya bermaksud untuk melakukan wudhu guna menghilangkan hadats kecil sebagai kewajiban karena Allah Yang Maha Tinggi.”

Baca juga: Kumpulan Contoh Ceramah Singkat Menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW

Proses wudhu terdiri dari beberapa langkah

  1. Mulai dengan Basmalah: Setelah membaca niat, mulailah wudhu dengan mengucapkan ‘Bismillah’ (Dengan nama Allah, Yang Maha Pemurah, Yang Maha Penyayang).
  2. Basuh kedua tangan sebanyak tiga kali: Mulailah dengan mencuci kedua tangan sebanyak tiga kali.
  3. Berkumur-kumur tiga kali: Berkumur-kumur air dalam mulut tiga kali.
  4. Hisap air ke dalam hidung sebanyak tiga kali: Hisap air ke dalam hidung tiga kali.
  5. Basuh seluruh wajah yang terlihat sebanyak tiga kali: Pastikan untuk mencuci seluruh wajah yang terlihat sebanyak tiga kali.
  6. Basuh kedua lengan hingga siku, dimulai dari lengan kanan, sebanyak tiga kali: Ulangi langkah ini sebanyak tiga kali.
  7. Usap kepala tiga kali: Usap lembut tangan yang basah di atas kepala sebanyak tiga kali.
  8. Basuh kedua telinga tiga kali, diawali dari telinga kanan: Pastikan untuk mencuci kedua telinga secara menyeluruh, dimulai dari telinga kanan.
  9. Basuh kedua kaki hingga mata kaki, sebanyak tiga kali, juga dimulai dari kaki kanan: Mulailah dengan kaki kanan dan basuh kedua kaki hingga mata kaki sebanyak tiga kali.

Baca juga: Hukum Mematikan HP Ketika Shalat: Batal atau Tidak ini Penjelasannya?

Bacakan doa setelah wudhu

Setelah menyelesaikan wudhu, bacakan doa berikut:

اَشْهَدُ اَنْ لَااِلٰهَ اِلَّااللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Asyhadu allaa ilaahah illallaah wahdahuu laa syariika lahuu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuu wa rosuuluh. Allaahummaj’alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathahhiriina, waj’alnii min ‘ibadikash shaalihiin.

Baca juga: Manfaat dan Keutamaan Sedekah, Serta Orang yang Paling Berhak Menerimanya

Terjemahan: “Saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya. Ya Allah, jadikanlah saya termasuk orang-orang yang bertaubat dan orang-orang yang bersih.”

Dengan melakukan wudhu dengan niat tulus dan mengikuti langkah-langkah ini, umat Muslim menemukan hubungan antara tindakan fisik membersihkan diri dan penyucian spiritual jiwa. Ritual ini mencerminkan esensi Islam yang menekankan kesucian dan pengabdian kepada Yang Maha Kuasa.

Baca juga: Lirik Sholawat Ya Rosulallah Salamun Alaik Lengkap Arab Latin dan Artinya

Sunnah-Sunah Ketika Berwudhu

  1. Memulai dari Anggota Badan Kanan: Rasulullah S.A.W memberi tahu kita bahwa ia suka mendahulukan anggota badan bagian kanan daripada yang kiri dalam berbagai aktivitas, termasuk saat memakai sandal, menyisir rambut, bersuci, dan dalam hal-hal lainnya. Ini menggambarkan pentingnya memberi tumpuan pada hal-hal positif dan baik dalam hidup.
  2. Membasuh Setiap Anggota Tiga Kali: Pencucian setiap anggota badan dilakukan tiga kali, termasuk muka, tangan, dan bagian lainnya. Ini adalah simbol kesempurnaan dan kebersihan dalam agama Islam.
  3. Berturut-Turut Antara Anggota: Berturut-turut berarti menghindari agar anggota yang sudah dibasuh tidak kering sebelum anggota berikutnya dibasuh. Ini mencerminkan ketertiban dan perhatian terhadap detail.
  4. Tidak Meminta Pertolongan Orang Lain: Kecuali dalam keadaan darurat, seperti sakit, sebaiknya kita mandiri saat berwudhu. Ini menunjukkan rasa tanggung jawab terhadap ibadah pribadi.
  5. Tidak Diseka, Kecuali dalam Keadaan Darurat: Prinsip ini mengajarkan bahwa wudhu tidak boleh dianggap sebagai rutinitas yang sembrono, melainkan sebagai upaya untuk menjaga kesucian.
  6. Mencegah Percikan Air Kembali ke Badan: Hal ini dilakukan untuk menjaga kesucian yang telah dicapai dengan wudhu dari gangguan.
  7. Diam Saat Berwudhu, Kecuali Ada Hajat: Konsentrasi dan ketenangan adalah kunci dalam berwudhu. Hanya berbicara saat memang diperlukan.
  8. Bersiwak dan Bersuci dalam Keadaan Tertentu: Bersiwak, atau menggosok gigi dengan bahan yang kasar, adalah tindakan yang sangat dianjurkan. Ini dapat dilakukan dalam situasi tertentu, seperti setelah bangun tidur, ketika bau mulut berubah, atau sebelum shalat.
  9. Membaca Dua Kalimat Syahadat dan Menghadap Kiblat: Ketika berwudhu, dianjurkan untuk membaca dua kalimat syahadat dan menghadap kiblat, yang mengingatkan kita pada tauhid dan kiblat sebagai arah panduan.
  10. Membaca Doa dan Syahadat Setelah Selesai Berwudhu: Setelah menyelesaikan wudhu, ada doa dan syahadat yang bisa dibaca. Ini adalah momen refleksi dan pengingat akan ketaatan kita kepada Allah.

Baca juga: Profil dan Biodata Gus Iqdam dan Istrinya Ning Nilatin Nihayah

Kumpulan Doa-Doa Setiap Gerakan Dalam Ber-Wudhu

Setiap gerakan wudhu memiliki doa-doanya. Doa-doa itu dimulai saat melihat air, lalu dilanjutkan dengan doa berkumur, doa membasuh lubang hidung, doa ketika membasuh wajah, doa ketika membasuh tangan kanan dan kiri, dan yang terkakhir membasuh kaki kanan dan kiri.

1. Doa ketika melihat air

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِي جَعَلَ اْلمَاءَ طَهُوْرًا

Artinya: “Segala puji hanyalah bagi Allah yang telah menjadikan air suci lagi mensucikan.”

Baca juga: Lirik Sholawat Burdah Lengkap Arab Latin dan Artinya

2. Doa Ketika Membasuh Telapak Tangan

اللّٰهُمَّ احْفَظْ يَدَيَّ مِنْ مَعَاصِكَ كُلِّهَا

Artinya: “Ya Allah peliharalah kedua tanganku dari perbuatan maksiat pada-Mu.”

3. Doa Saat Berkumur

اللّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Artinya: “Ya Allah bantulah aku untuk selalu berdzikir kepada-Mu dan selalu memperbaiki ibadah kepada-Mu.”

Baca juga: Lirik Sholawat Mughrom Lengkap Arab Latin Dan Terjemahan

4. Doa Saat Membasuh Lubang Hidung

اَللّٰهُمَّ أَرِحْنِي رَائِحَةَ الجَـنَّةِ وَاَنْتَ عَنِّي رَاضٍ

Artinya: “Ya Allah berikan aku penciuman wewangian surga dan keadaan Engkau terhadap diriku yang selalu meridhoi.”

Baca juga: Tata Cara Sholat Jenazah: Hukum, Syarat, Rukun, Sunnah

5. Doa Ketika Membasuh Wajah

Doa ini dibaca ketika membaca niat wudhu

اللّٰهُمَّ بَيِّضْ وَجْهِى يَوْمَ تَبْيَضُّ وُجُوْهٌ وَتَسْوَدُّ وُجُوْهٌ

Artinya: “Ya Allah putihkan wajahku pada hari menjadi putih berseri-seri wajah kaum muslimin dan menjadi hitam legam wajah-wajah orang kafir.”

Baca juga: Lirik Lagu Sholawat Qomarun Arab Latin dan Artinya

6. Doa Ketika Membasuh Tangan Kanan

اَللّٰهُمَّ اَعْطِنِى كِتاَبِى بِيَمِيْنِى وَحَاسِبْنِى حِسَاباً يَسِيْرً

Artinya: “Ya Allah berikanlah kepadaku kitab amalku dari tangan kananku dan hisablah aku dengan penghisaban yang ringan.”

7. Doa Ketika Membasuh Tangan Kiri

اَللّٰهُمَّ لاَ تُعْطِنِى كِتاَبِى بِشِمَالِى وَلاَمِنْ وَرَاءِ ظَهْرِىْ

Artinya: “Ya Allah jangan Engkau berikan kepadaku kitab amal dari tangan kiriku atau pada belakang punggungku.”

Baca juga: Mengenal Hukum Kurban (Qurban) Sebelum Melaksanakan Aqiqah Dalam Islam

8. Doa Ketika Mengusap Rambut Kepala

اللّٰهُمَّ حَرِّمْ شَعْرِيْ وَبَشَرِيْ عَلَى النَّارِ

Artinya: “Ya Allah haramkan rambut dan kulitku dari atas api neraka.”

9. Doa Membasuh Kedua Telinga

اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ الَّذِيْنَ يَسْتَمِعُوْنَ اْلقَوْلَ فَيَتَّبِعُوْنَ أَحْسَنَهُ

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang mendengarkan nasihat dan mengikuti sesuatu yang terbaik.”

Baca juga: Dasar Hukum Berkurban Lengkap Dengan Cara Memilih dan Menyembelih Hewan Kurban

10. Doa Membasuh Kaki Kanan

اللّٰهُمَّ اِجْعَلْهُ سَعْيًا مَشْكُوْرًا وَذَنْبًا مَغْفُوْرًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا.اَللّٰهُمَّ ثَبِّتْ قَدَمِيْ عَلَى الصِّرَاطِ يَوْمَ تَزِلُّ فِيْهِ الْأَقْدَامُ

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah (segenap langkahku) sebagai usaha yang disyukuri, sebagai penyebab terampuninya dosa dan sebagai amal yang diterima. Ya Allah, mantapkanlah telapak kakiku saat melintasi jembatan shiratal mustaqim, kelak di hari ketika banyak telapak kaki yang tergelincir.”

Baca juga: Lirik Sholawat Natawassal Bil Hubabah Arab Latin Terjemahan Serta Maknanya

11. Doa Membasuh Kaki Kiri

اَللّٰهُمَّ لَاتَزِلُّ قدَمَيَّ عَلَى الصِّرَاطِ فِي النَّارِ يَوْمَ تَزِلُّ فِيْهِ اَقْدَامُ الْمُنَافِقِيْنَ وَالْمُشْرِكِين

Artinya: “Ya Allah jangan kau gelincirkan langkah (pendirianku) pada jalan neraka pada hari digelincirkannya langkah (pendirian) orang-orang munafik dan orang-orang musyrik.”

Baca juga: Bacaan Sholawat Syifa Arab Latin dan Artinya Lengkap Dengan Keutamaan Sholawat Penyembuh Penyakit

12. Doa setelah selesai melakukan wudhu yang berbunyi.

اشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Artinya: “Aku bersaksi tidak ada tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba-Mu yang shaleh.”

Terimakasih telah membaca Niat Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu Lengkap Arab Latin dan Artinya jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Viral di Tiktok! Ini Lirik Sholawat Adfaita Lengkap Arab Latin dan Artinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keutamaan membaca doa setelah adzan
Doa

Bacaan dan Keutamaan Membaca Doa Setelah Adzan Sesuai Sunnah ~ Headline.co.id (Islam). Pada setiap panggilan adzan, umat Islam tidak hanya diajak untuk mendengarkan panggilan suci tersebut, tetapi juga dianjurkan untuk…

Apakah Makan Membatalkan Wudhu NU dan Muhammadiyah
Religi

Apakah Makan Membatalkan Wudhu? Ini Penyelasan Lengkapnya ~ Headline.co.id (Islam). Dalam keseharian umat Islam, pertanyaan seputar apakah makan membatalkan wudhu kerap muncul. Aktivitas makan dan minum yang menjadi bagian hidup…