Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
SholawatReligi

Bacaan Sholawat Syifa Arab Latin dan Artinya Lengkap Dengan Keutamaan Sholawat Penyembuh Penyakit

28441
×

Bacaan Sholawat Syifa Arab Latin dan Artinya Lengkap Dengan Keutamaan Sholawat Penyembuh Penyakit

Sebarkan artikel ini

Sholawat Syifa tibbil qulub sendiri termasuk shalawat Thibbiyah dan sering disebut sholawat nuril absor. Sholawat ini biasanya dibaca ketika hati sedang merasa tidak tenang baik was-was maupun sedang resah.

sholawat syifa (Tibbil Qulub) Lirik untuk orang sakit
sholawat syifa (Tibbil Qulub) Lirik untuk orang sakit

Bacaan Sholawat Syifa Tibbil Qulub Arab Latin dan Artinya Lengkap Dengan Keutamaan Sholawat Penyembuh Penyakit ~ Headline.co.id (Bacaan Sholawat). Bagi yang mencari Sholawat Syifa Tibbil Qulub tim Headline Media telah merangkumnya untuk kamu lengkap dengan keutamaan dan manfaatnya.

Baca juga: Viral di Tiktok! Ini Lirik Sholawat Adfaita Lengkap Arab Latin dan Artinya

Sholawat merupakah amalan atau bacaan yang kita lantunkan yang akan menjadi bukti kecintaan umat muslim terhadap nabi agung muhammad SAW. tujuan dari sholawat sendiri adalah memuliakan dan menjunjung tinggi nama Baginda Rasulllah SAW. Bahkan perintah untuk mengamalkan sholawat juga telah dituangkan di dalam Al Quran.

ada surat Al Ahzab ayat 56 dijelaskan bahwa Allah SWT serta para malaikat bersholawat kepada Nabi. Yang artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah untuknya dan bersalamlah dengan sebenar-benar salam” – (QS Al-Ahzab 56).

Baca juga: Chord dan Lirik Lagu Ramadhan Tiba – Opick

Sholawat Syifa tibbil qulub sendiri termasuk shalawat Thibbiyah dan sering disebut sholawat nuril absor. Sholawat ini biasanya dibaca ketika hati sedang merasa tidak tenang baik was-was maupun sedang resah.

Selain itu Sholawat Syifa Tibbil Qulub jika diamalkan secara istiqomah tak hanya menghilangkan keresahan namun juga bisa menjadi penawar atau penyembuh penyakit yang menjangkit badan.

Baca juga: Lirik Bacaan Sholawat Ibrahimiyah Latin Arab dan Artinya Lengkap dengan Sejarah dan Keutamaannya

Siapa Penulis Sholawat Syifa

Sholawat syifa ini digubah oleh Syekh Hasan Abul Halawah al-Ghazi . Beliau merupakan salah satu ulama yang tidak diragukan kewaliannnya. ia juga memilili karomah yang sudah di saksikan oleh masyarakat umum pada zamannya.

Syekh Yusuf al-Mur’asai mengatakan:

وَكَانَ الشَّيْخُ حَسَن مِنْ أَوْلِيَاءِ الْقُدْسِ الذِيْن وَقَعَ الْاِتِّفَاقُ

Artinya: “Syekh Hasan Abul Halawah al-Ghazi merupakan bagian dari wali-wali (Allah) di al-Quds (Baitul Maqdis, Palestina), yang telah disepakati (kewalian dan karamahnya).” (Abu Yusuf, Natsrul Jawahir wad Durar fi ‘Ulamail Qurunir Rabi’ wal ‘Asyir, [Beirut, Darul Ma’rifah: 20018], halaman 203).

Baca juga: Lirik Sholawat Ilahilas Tulil Firdaus (Syair Abu Nawas Al-I’tiraf) Arab Latin dan Artinya

Kendati demikian, tidak ada catatan secara pasti dari para ulama ahli sejarah yang berhasil penulis temukan perihal tahun kelahirannya. Sebab, sejak kecil Syekh Hasan lebih senang menyendiri, menghindar dari keramaian, dan hanya fokus beribadah kepada Allah, berdzikir, dan memperbanyak membaca shalawat kepada Rasulullah.

Hanya saja, para ulama sepakat bahwa ia memiliki darah kelahiran al-Quds Palestina, dan wafat pada tahun 1308 Hijriah.

Baca juga: Lirik Text Sholawat Badar Lengkap Arab Latin dan Artinya

Sholawat Syifa tibbil Qulub dipercaya dapat bertuah menjadi penawar atau obat segala macam penyakit. Lalu bagaimana bacaannya berikut ini Sholawat Syifa lengkap dengan arab, latin dan artinya:

Bacaan Sholawat Syifa Tibbil Qulub Arab Latin dan Artinya

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيــِّدِنَا مُحَمَّدٍ حَبِـيْبِ الْـمَحْبُوْبِ شَافِيْ فِي الْعِلَلِ وَمُفَرِّجِ الْــكَرُوْبِ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Latin: Allâhumma shalli ‘alâ sayyidinâ muḫammadin habîbil mahbûbi syâfi fil ‘ilal wa mufarrijil kurûbi wa ‘alâ âlihi wa shaḫbihi wa sallim.

Artinya: “Ya Allah, limpahkalah rahmat dan keselamatan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW yang menjadi kekasih Dzat yang mengagsihi dan Dzat yang menyembuhkan segala penyakit dan Dzat yang menghilangkan segala kesusahan. Limpahkan pula kepada keluarganya dan sahabat-sahabat beliau.”

Baca juga: Lirik Sholawat Qod Anshoha Lengkap Arab Latin dan Artinya

Keutamaan Sholawat Syifa

“Sebagaimana keutamaan sholawat lainnya secara umum, membaca Sholawat Syifa’ akan diberi pahala oleh Allah tanpa perlu diragukan lagi. Dengan membaca shalawat akan bisa mendapatkan syafaat kelak di hari kiamat, ketika semua para nabi tidak bisa melakukan apa-apa kecuali Nabi Muhammad” dilansir Headline.co.id dari NU Online.

Selain yang sudah disebutkan diatas, Sholawat Syifa tibbil Qulub memiliki keutamaan dan manfaat secara khusus yakni sholawat ini dapat menghilangkan segala kesusahan dan kepayahan, dan semua ini telah terbukti dan dibuktikan oleh para ulama terpercaya.

Baca juga: Keutamaan Bacaan Sholawat Munjiyat Arab, Latin dan Artinya

Sebagai mana yang telah disampaikan oleh  Syekh Yusuf an-Nabhani dalam kitabnya:

Artinya, “Shalawat ini teruji (menjamin) untuk menghilangkan kesusahan/kepayahan.” (Yusuf an-Nabhani, Sa’adatud Darain, : 2010, h. 323).

Ada yang menarik sebelum Syekh Yusuf an-Nabhani mengatakan ucapannya di atas. Dalam kitabnya ia bercerita kepada Syekh Hasan Abul Halawah al-Ghazi bahwa Syekh Yusuf sedang dirundung kesusahan, sedang menghadapi banyak masalah yang tidak kunjung selesai.

Baca juga: Sholawat Maulid SimTudduror Lirik Text Arab Latin Indonesia

Ia tidak pernah menemukan titik terang dalam hidupnya. Di saat yang bersamaan, Syekh Hasan Abul Halawah al-Ghazi mengijazahkan shalawat Syifa’ kepadanya di Baitul Maqdis Palestina, agar dibaca dan diulang-ulang.

Atas izin Allah, setelah mendapatkan ijazah dan membacanya, semua kesusahan Syekh Yusuf an-Nabhani hilang, semua masalah yang sedang ia hadapi menemukan titik terang, kemudian ia mengatakan:

فَبَعْدَ أَنْ تَلَوْتُهَا فَرَّجَ اللهُ كُرْبَتِيْ وَبَلَغَنِيْ فَوْقَ أُمْنِيَتِيْ بِفَضْلِهِ وَاِحْسَانِهِ وَبَرَكَةِ الصَّلَاةِ عَلَى النَّبِيْ بِهَذِهِ الصِّيْغَةِ

Artinya, “Maka setelah aku membacanya, Allah melapangkan kesusahanku, dan memberiku melebihi harapanku dengan keagungan-Nya, kebaikan-Nya, dan berkah shalawat kepada Nabi Muhammad dengan sighat ini (shalawat Syifa).” (Yusuf an-Nabhani, Sa’adatud Darain, 2010, h. 323).

Baca juga: Lirik Syubbanul Wathon (Yalal Wathon) Mars Cinta Tanah Air NU

Tidak lama setelah shalawat ini diijazahkan kepada muridnya, tepatnya pada tahun 1308 di al-Quds oleh Syekh Hasan Abul Halawah, ia wafat dan meninggalkan sholawat ini bagi generasi setelahnya, sebagai pedoman dan bacaan agar bisa selamat hidup di dunia dan bisa merasakan kenyamanan dan ketenangan.

Terimakasih telah membaca Bacaan Sholawat Syifa Tibbil Qulub Arab Latin dan Artinya Lengkap Dengan Keutamaan Sholawat Penyembuh Penyakit  semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Keutamaan Sholawat Asyghil Lirik Latin, Arab dan Artinya Lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makna lirik Sholawat mughrom dan artinya
Religi

Lirik Mughrom Qolbi Bihubbika Mughrom Lengkap Arab Latin dan Terjemahan ~ Headline.co.id (Lirik Sholawat). Sholawat memiliki makna yang baik, dalam Sholawat memiliki kandungan kebajikan, doa dan curahan rahmat. Menurut Ibnu…