Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
DoaReligi

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Lengkap Arab Latin dan Artinya

78958
×

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Lengkap Arab Latin dan Artinya

Sebarkan artikel ini
bacaan sholat subuh lengkap
bacaan sholat subuh lengkap

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Lengkap Arab Latin dan Artinya ~ Headline.co.id (Kumpulan Doa). Hallo sobat Headline.co.id, taukah kamu tentang doa Qunut? Tentunya doa qunut bagi kalangan nahdliyin tentu tidak asing. Biasanya doa qunut dibaca ketika sholat subuh baik berjamaah maupun sholat subuh sendiri.

Baca juga: Keajaiban Ayat Seribu Dinar: Rahasia Doa Pendek yang Memimpin Umat Muslim Menuju Rezeki Berlimpah

Doa Qunut Subuh adalah doa yang dibaca dalam rakaat kedua Sholat Subuh, tepat setelah i’tidal dan sebelum melakukan sujud.

Mengenal Apa Itu Doa Qunut

Doa Qunut adalah doa tambahan yang dibaca dalam sholat, biasanya pada rakaat kedua sholat Subuh setelah i’tidal (takbir sebelum rukuk) dan sebelum melakukan sujud. Doa ini adalah salah satu bentuk doa yang dianjurkan dalam ibadah sholat, dan cara bacaan serta waktu penggunaannya dapat berbeda-beda sesuai dengan mazhab dan pandangan hukum dalam Islam.

Baca juga: Hukum Mematikan HP Ketika Shalat: Batal atau Tidak ini Penjelasannya?

Doa Qunut biasanya digunakan untuk memohon pertolongan, rahmat, dan bimbingan dari Allah SWT dalam berbagai hal, termasuk memohon perlindungan, pengampunan, dan bantuan untuk umat Muslim, pemimpin, dan orang-orang yang membutuhkan. Doa Qunut juga sering digunakan untuk menghadirkan perasaan kepatuhan dan ketundukan kepada Allah dalam sholat.

Penggunaan Doa Qunut tidak terbatas pada sholat Subuh, dan dalam beberapa mazhab, ia juga dapat digunakan dalam sholat-solat lainnya, terutama dalam situasi-situasi khusus seperti dalam sholat tarawih selama bulan Ramadan.

Baca juga: Manfaat dan Keutamaan Sedekah, Serta Orang yang Paling Berhak Menerimanya

Penting untuk diingat bahwa tata cara dan isi Doa Qunut dapat berbeda-beda antara mazhab dan tradisi Islam yang berbeda. Beberapa mazhab menggunakan Doa Qunut secara rutin, sementara yang lain mungkin hanya menggunakannya dalam situasi-situasi tertentu.

Hukum Membaca Doa Qunut Saat Sholat Subuh

Mengenai pembacaan Doa Qunut saat Sholat Subuh, hukumnya berbeda-beda sesuai dengan mazhab dalam Islam. Menurut mazhab Syafi’i dan Maliki, mengucapkan Doa Qunut dalam Sholat Subuh dianggap sebagai sunnah. Pandangan ini diperkuat oleh kutipan dari Kitab Al-Fiqh ‘ala al-madzahib al-khamsah yang ditulis oleh Muhammad Jawad Mughniyah.

Baca juga: Lirik Sholawat Ya Rosulallah Salamun Alaik Lengkap Arab Latin dan Artinya

Sementara itu, Imam Nawawi dalam Kitab Al-Adzkar menilai pembacaan Doa Qunut sebagai sunnah muakkad, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan. Dasar hukum yang mendukung keberadaan Doa Qunut dalam Sholat Subuh, salah satunya adalah hadits berikut:

“Diriwayatkan dari Anas Ibn Malik, ia berkata, ‘Rasulullah SAW selalu membaca Qunut ketika Sholat Subuh hingga beliau meninggal dunia.’” (HR Ahmad).

Baca juga: Text Bacaan Sholawat Munfarijah Arab Latin dan Artinya Lengkap Khasiat Keutamaan

Pandangan ini menunjukkan bahwa Doa Qunut di Sholat Subuh memiliki tempat penting dalam tradisi agama Islam, terutama dalam mazhab Syafi’i, Maliki, dan menurut Imam Nawawi. Doa ini merupakan wujud pengabdian dan doa kepada Allah SWT selama ibadah Sholat Subuh.

Doa Qunut Subuh Versi Pendek

Dalam Kitab Al-Adzkar karya Imam an-Nawawi, terdapat bacaan doa qunut versi pendek yang berbunyi sebagai berikut:

Doa Qunut Subuh Versi Pendek Arab

“اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيْمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِي فِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِيْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِي فِيْمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنِي شَرَّمَا قَضَيْتَ، فَإِنَّكَ تَقْضِيَ وَلَا يُقْضَى عَلَيْكَ، وَإِنَّهُ لَا يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ.”

Baca juga: Profil dan Biodata Gus Iqdam dan Istrinya Ning Nilatin Nihayah

Doa Qunut Subuh Versi Pendek Latin

Latin: Allaahummah dinii fii man hadaits, wa ‘aafiinii fii man ‘aafaits, wa tawallanii fii man tawallaits, wa baarik lii fii maa a’thaits, wa qi nii syarra maa qadlaits, fa innaka taqdli wa laa yuqdlaa ‘alaik, wa innahuu laa yadzillu mau waalaits, tabaarakta rabbanaa wa ta’aalits.

Doa Qunut Subuh Versi Pendek Artinya

Artinya: “Ya Allah, berilah aku petunjuk di antara orang-orang yang Engkau beri petunjuk, berilah kesejahteraan kepadaku di antara orang-orang yang Engkau beri kesejahteraan, tolonglah aku di antara orang-orang yang kau beri pertolongan, berikanlah keberkahan kepadaku pada apa-apa yang Engkau berikan kepadaku, dan peliharalah aku dari keburukan yang Engkau putuskan, karena sesungguhnya Engkau memutuskan dan tidak diputuskan atas-Mu, dan tiada kehinaan kepada orang yang telah Engkau tolong, Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami, lagi Maha Tinggi.”

Baca juga: Lirik Sholawat Burdah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Doa Qunut Subuh Versi Panjang

Selain doa qunut versi pendek, terdapat juga doa qunut subuh versi panjang, yang diambil dari buku Panduan Muslim Sehari-hari karya KH. M. Hamdan Rasyid & Saiful Hadi El-Sutha, yaitu sebagai berikut:

Doa Qunut Subuh Versi Panjang Arab

اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيْمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِي فِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِي فِيْمَنُ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِي فِيْمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنِي بِرَحْمَتِكَ شَرَّمَا قَضَيْتَ، فَإِنَّكَ تَقْضِي وَلَا يُقْضَى عَلَيْكَ، وَإِنَّهُ لَا يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلَا يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ ، فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ، وَصَلَّى اللَّهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الْأُمّي وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَ سَلَّم

Baca juga: Lirik Sholawat Mughrom Lengkap Arab Latin Dan Terjemahan

Doa Qunut Subuh Versi Panjang Latin

Latin: Allaahummahdinii fiiman hadaita, wa ‘aafinii fiman ‘aafaita, wa tawallanii fii man tawallaita, wa baarik lii fiimaa a’thaita, wa qinii bi rahmatika syarra maa qadhaita fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaika, wa innahu laa yadzillu man waalaita, wa laa ya’izzu man ‘adaita, tabaarakta rabbanaa wa ta’aalaita, fa lakal hamdu ‘alaa maa qadhaita, astahgfiruka wa atuubu ilaika, wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin-nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa alihi wa shahbihi wasallama.

Baca juga: Tata Cara Sholat Jenazah: Hukum, Syarat, Rukun, Sunnah

Doa Qunut Subuh Versi Panjang Artinya

Artinya: “Ya Allah, berikanlah aku petunjuk seperti orang-orang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan, seperti orang-orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Limpahkanlah keberkahan kepada apa saja yang telah Engkau berikan kepadaku. Peliharalah aku dengan kasih sayang-Mu dari segala keburukan apa-apa yang telah Engkau putuskan (tetapkan), karena sesungguhnya Engkau-lah yang memberikan ketentuan dan tidak ada yang bisa memberikan ketentuan (keputusan) atas diri-Mu. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau berikan kekuasaan, dan tidaklah akan mulia orang yang telah Engkau musuhi, Maha Berkah lah Engkau dan Maha Luhur lah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas apa yang telah Engkau tetapkan. Aku mohon ampun dan bertobat kepada-Mu. Dan semoga Allah memberikan rahmat dan keselamatan (sholawat) atas diri junjungan kami, Nabi Muhammad, dan juga atas keluarga dan para sahabatnya.”

Terimakasih telah membaca Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Lengkap Arab Latin dan Artinya jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Lirik Lagu Sholawat Qomarun Arab Latin dan Artinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *