Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Religi

Manfaat dan Keutamaan Sedekah, Serta Orang yang Paling Berhak Menerimanya

78459
×

Manfaat dan Keutamaan Sedekah, Serta Orang yang Paling Berhak Menerimanya

Sebarkan artikel ini
KEUTAMAAN sedekah dalam Islam
sedekah dalam Islam

Manfaat dan Keutamaan Sedekah, Serta Orang yang Paling Berhak Menerimanya ~ Headline.co.id (Religi). Amalan sedekah merupakan salah satu perbuatan mulia dalam Islam yang dipenuhi dengan keutamaan. Saat seseorang bersedekah, hal itu harus dilandasi dengan niat ikhlas semata-mata untuk mencari ridha Allah SWT.

Baca juga: Lirik Sholawat Ya Rosulallah Salamun Alaik Lengkap Arab Latin dan Artinya

Dalam Surat Saba ayat 39, Allah SWT menyatakan, “Katakanlah (Nabi Muhammad), ‘Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkannya.’ Sesuatu apa pun yang kamu infakkan pasti Dia akan menggantinya. Dialah sebaik-baik pemberi rezeki.”

Tidak ada jumlah yang tetap saat bersedekah. Tindakan ini dilakukan secara sukarela tanpa jumlah yang ditentukan, tanpa pamrih, dan dilakukan dengan niat ikhlas.

Baca juga: Text Bacaan Sholawat Munfarijah Arab Latin dan Artinya Lengkap Khasiat Keutamaan

Menurut buku “Fiqih susunan Khoirun Nisa’ M Pd I” dan lainnya, hukum pemberian sedekah adalah sunnah muakkad, yang berarti sangat dianjurkan. Namun, dalam kondisi tertentu, sedekah dapat berubah menjadi wajib.

Salah satu contoh perubahan hukum sedekah menjadi wajib adalah ketika ada seseorang dalam keadaan yang sangat memprihatinkan. Jika tidak diberikan bantuan, ia dapat mengalami kelaparan atau bahkan menghadapi risiko kesehatan serius. Dalam situasi ini, hukum sedekah yang awalnya sunnah muakkad berubah menjadi wajib.

Baca juga: Profil dan Biodata Gus Iqdam dan Istrinya Ning Nilatin Nihayah

Namun, penting juga untuk diingat bahwa hukum sedekah dapat berubah menjadi haram jika barang atau harta yang disedekahkan berasal dari tindakan kejahatan atau perbuatan maksiat.

Lalu, kepada siapa sebaiknya kita memberikan sedekah? Menurut Sayyid Sabiq dalam bukunya “Fikih Sunnah Jilid 2,” orang yang paling berhak menerima sedekah adalah keluarga, kerabat, dan anak-anak kita. Namun, tidak boleh memberikan sedekah jika harta yang digunakan untuk itu masih diperlukan untuk memenuhi kebutuhan hidup sendiri dan keluarga.

Baca juga: Apa Perbedaan Antara Haji dan Umrah? Ini Penjelasan Lengkapnya dalam Islam

Jika seseorang sudah mampu memenuhi kebutuhan keluarganya dan dirinya sendiri, maka disarankan untuk memberikan sedekah kepada orang lain yang lebih membutuhkannya.

Dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Sedekahlah kalian!” Ketika seorang sahabat bertanya apakah ia boleh memberikan sedekah jika hanya memiliki satu dinar, Rasulullah memberikan petunjuk untuk memberikannya kepada dirinya sendiri. Namun, jika ia masih memiliki uang lain, ia dapat memberikan sedekah kepada anak-anaknya, pelayannya, atau orang lain yang lebih membutuhkannya.

Baca juga: Kapan Puasa Tasua dan Asyura 2023? Ini Jadwal dan Niat Puasanya

Dalam riwayat lainnya, Abu Hurairah bertanya kepada Rasulullah SAW tentang sedekah yang paling utama. Rasulullah menjawab, “Sedekah orang yang memiliki sedikit harta. Utamakanlah orang yang menjadi tanggung jawabmu.”

manfaat dan Keutamaan Sedekah

Manfaat sedekah dalam Islam sangat besar. Beberapa manfaatnya antara lain:

1. Membuka Pintu Rezeki

Sedekah diyakini dapat membuka pintu rezeki seseorang. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Baihaqi, Nabi Muhammad bersabda, “Turunkanlah rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah.”

Baca juga: Lirik Sholawat Burdah Lengkap Arab Latin dan Artinya

2. Memperpanjang Umur

Sedekah juga dapat memperpanjang umur. Sesuai dengan hadits yang menyebutkan bahwa sedekah dapat mencegah kematian yang buruk. Allah akan menghilangkan sifat sombong, kefakiran, dan sifat bangga pada diri sendiri dari orang yang bersedekah.

Baca juga: Lirik Sholawat Mughrom Lengkap Arab Latin Dan Terjemahan

3. Naungan di Hari Kiamat

Sedekah juga akan menjadi naungan di hari kiamat. Rasulullah SAW bersabda, “Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya.”

Baca juga: Doa Akhir dan Awal Tahun Hijriyah 1 Muharram Tahun Baru IslamDoa Akhir dan Awal Tahun Hijriyah 1 Muharram Tahun Baru Islam

Dengan demikian, bersedekah adalah amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam dan memiliki manfaat besar, baik dalam kehidupan dunia maupun akhirat. Ini adalah cara yang baik untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, membantu sesama, dan membersihkan hati dari sifat-sifat negatif seperti kekikiran dan sombong.

Terimakasih telah membaca Manfaat dan Keutamaan Sedekah, Serta Orang yang Paling Berhak Menerimanya jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: 7 Adab Dan Etika Di Jalan Raya Menurut Islam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *