Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
DoaReligi

Doa Akhir dan Awal Tahun Hijriyah 1 Muharram Tahun Baru Islam

98774
×

Doa Akhir dan Awal Tahun Hijriyah 1 Muharram Tahun Baru Islam

Sebarkan artikel ini
Ucapan Selamat Tahun Baru islam
Ilustrasi Tahun Baru Islam 2023 (Foto: Getty Images/iStockphoto/sofirinaja)

Doa Akhir dan Awal Tahun Hijriyah 1 Muharram Tahun Baru Islam ~ Headline.co.id (Islam). Bulan muharram merupakan bulan awal dalam tahun Hijriyah.  Bulan muharram merupakan salah satu bulan mulia yang mana didalam bulan tersebut kita di anjurkan untuk melakukan amal sunnah.

Baca juga: Lirik Sholawat Natawassal Bil Hubabah Arab Latin Terjemahan Serta Maknanya

Apa itu Bulan Muharram

Awal tahun Hijriyah 1445 jatuh pada tanggal 19 Juli 2023. Bulan Muharram memiliki sejarah yang penting dalam Islam. Bulan Muharram memberikan kesempatan bagi umat Islam untuk merenung dan memperbaiki diri.

Baca juga: Manfaat dan Bacaan Doa Akasyah Lengkap dengan Artinya

Mengutip laman NU Online, bulan haram sendiri merupakan bulan yang melipatgandakan segala ketaatan maupun kemaksiatan yang dilakukan oleh manusia. Allah SWT menjadikan empat di antara 12 bulan yang ada dalam kalender Hijriah sebagai bulan-bulan haram, yaitu Muharram, Rajab, Zulkaidah, dan Dzulhijah. Sebagaimana firman-Nya berikut ini:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِندَ اللّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَات وَالأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلاَ تَظْلِمُواْ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ

Artinya: “Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu.” (QS. At-Taubah 9: 36)

Baca juga: Intip Keistimewaan dan Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Doa Akhir Tahun

Amalan sunnah utama yang pertama adalah membaca doa akhir tahun atau di hari terakhir bulan Dzulhijjah yang jatuh pada hari ini. Doa ini dapat dibaca sebanyak tiga kali selepas sholat Ashar atau sebelum masuk waktu Maghrib.

Baca juga: Berbakti Kepada Orang Tua Dikenal Dengan Istilah? Ini Makna Lengkapnya

اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba’da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da’autanî ilat taubati min ba’di jarâ’atî ‘alâ ma’shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa’attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha’ rajâ’î minka yâ karîm.

Baca juga: Niat Puasa Tarwiyah Lengkap dengan Doa dan Keutamaan

Artinya: “Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu.

Doa Awal Tahun Baru Islam 1 Muharram

Sementara itu, doa awal Tahun Baru Islam atau 1 Muharram juga bisa dibaca sebanyak tiga kali selepas sholat Maghrib. Berikut bacaannya:

Baca juga: Lirik Lagu Sholawat Qomarun Arab Latin dan Artinya

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu’awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Baca juga: Tata Cara Sholat Jenazah: Hukum, Syarat, Rukun, Sunnah

Artinya: “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

Terimakasih telah membaca Doa Akhir dan Awal Tahun Hijriyah 1 Muharram Tahun Baru Islam semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: 7 Adab Dan Etika Di Jalan Raya Menurut Islam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *