Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Religi

Apa Perbedaan Antara Haji dan Umrah? Ini Penjelasan Lengkapnya dalam Islam

360
×

Apa Perbedaan Antara Haji dan Umrah? Ini Penjelasan Lengkapnya dalam Islam

Sebarkan artikel ini
Perbedaan Antara Haji dan Umrah adalah
Perbedaan Antara Haji dan Umrah adalah

Apa Perbedaan Antara Haji dan Umrah? Ini Penjelasan Lengkapnya dalam Islam ~ Headline.co.id (Islam). Seperti yang kita tau bahwa dalam islam itu banyak sekali ajaran dan praktik ibadah yang menghubungkan manusia dengan Tuhan.

Baca juga: Tata Cara Sholat Jenazah: Hukum, Syarat, Rukun, Sunnah

Selain menjalankan sholat dan puasa ternyata juga terdapat Haji dan Umroh. Tentunya untuk haji dan umroh tentu tidak asing lagi bagi kita sebagai umat muslim. Untuk haji tentunya hanya dilakukan pas bulan haji saja dan bagi yang berminat untuk haji bisa daftar haji khusus agar jadwal keberangkatan mu lebih cepat.

Baca juga: Lirik Lagu Sholawat Qomarun Arab Latin dan Artinya

Sementara jika umroh kamu bisa melakukannnya kapan saja tanpa harus di bulan haji. Antara haji dan umroh memiliki tujuan yang sama yakni ibadah. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu mendekatkan diri kepada Allah SWT, terdapat perbedaan signifikan antara Haji dan Umrah, baik dalam hal tata cara pelaksanaannya maupun dalam makna spiritualnya.

5 Perbedaan Antara Haji dan Umrah

Berikut ini adalah Perbedaan Antara Haji dan Umrah :

Perbedaan Haji dan Umroh dari Pengertian

Apa itu Haji? nagi yang belum tau, Haji adalah ibadah yang diwajibkan bagi setiap Muslim yang mampu secara finansial dan fisik sekurang-kurangnya sekali seumur hidup. Ibadah ini dilakukan di bulan Dzulhijjah, tahun Hijriyah, dan mencakup serangkaian ritual di Mekah, termasuk mengelilingi Kakbah, berdiri di Padang Arafah, dan melempar jumrah. Haji merupakan salah satu dari Rukun Islam yang kelima.

Baca juga: Niat Puasa Tarwiyah Lengkap dengan Doa dan Keutamaan

Sementara apa itu Umrah? Umrah adalah ibadah sukarela yang bisa dilakukan oleh umat Muslim kapan saja dalam setahun. Ini melibatkan kunjungan ke Mekah, di mana berbagai ritual dilakukan, termasuk thawaf (mengelilingi Kakbah), sai (berlari-lari di antara bukit Safa dan Marwah), dan tahallul (memotong atau mencukur rambut). Meskipun tidak diwajibkan, Umrah memiliki nilai pahala dan meraih berkah yang besar.

Perbedaan Haji dan Umroh pada Waktu Pelaksanaan

Ibadah Haji dilakukan pada waktu-waktu tertentu dalam bulan Dzulhijjah, termasuk tanggal 8 hingga 12. Ibadah ini mencakup serangkaian aktivitas di berbagai tempat suci di Mekah dan sekitarnya.

Baca juga: Berbakti Kepada Orang Tua Dikenal Dengan Istilah? Ini Makna Lengkapnya

Ibadah Umrah dapat dilakukan kapan saja sepanjang tahun, kecuali pada waktu-waktu tertentu yang dilarang (haram), seperti pada tanggal 9 hingga 13 Dzulhijjah saat pelaksanaan Haji.

Keutamaan dan Pahala

Haji memiliki keutamaan yang sangat tinggi dalam Islam. Rasulullah SAW menyebutkan bahwa haji yang diterima memiliki pahala yang besar dan dapat menghapus dosa-dosa seorang Muslim. Haji juga dianggap sebagai salah satu bentuk penyucian diri dan kesempatan untuk memulai lembaran baru dalam kehidupan.

Baca juga: 7 Adab Dan Etika Di Jalan Raya Menurut Islam

Meskipun Umrah memiliki pahala yang besar, nilainya tidak sebesar Haji. Namun, pelaksanaan Umrah tetap dianggap sebagai ibadah suci yang membawa keberkahan dan pemurnian jiwa.

Perbedaan Haji dan Umroh dari Segi Rangkaian Ritual

Rangkaian ritual haji mencakup tindakan-tindakan seperti thawaf, sai, wukuf di Padang Arafah, serta melempar jumrah. Proses ini memerlukan waktu beberapa hari dan melibatkan aktivitas yang lebih rumit dibandingkan Umrah.

Baca juga: Doa Akhir dan Awal Tahun Hijriyah 1 Muharram Tahun Baru Islam

Rangkaian ritual Umrah relatif lebih sederhana dan cepat dilaksanakan. Thawaf, sai, dan tahallul adalah tiga tahap utama dalam pelaksanaan Umrah.

Perbedaan Haji dan Umroh dari Segi Kewajiban dan Pemenuhan

Haji adalah kewajiban bagi Muslim yang memenuhi syarat tertentu, termasuk kelayakan finansial dan fisik. Setelah menunaikan Haji, seorang Muslim dinyatakan sebagai “Haji”.

Baca juga: Lirik Sholawat Mughrom Lengkap Arab Latin Dan Terjemahan

Umrah adalah ibadah sukarela dan tidak diwajibkan. Namun, banyak Muslim yang berusaha melaksanakannya sebagai tanda cinta dan penghormatan kepada Allah SWT.

Dalam kesimpulannya, Haji dan Umrah adalah dua ibadah suci dalam Islam yang memiliki perbedaan dalam hal definisi, waktu pelaksanaan, keutamaan, rangkaian ritual, dan status kewajibannya. Namun, keduanya memiliki tujuan akhir yang sama yaitu mendekatkan diri kepada Allah, membersihkan jiwa, dan mencapai pahala serta berkah. Baik Haji maupun Umrah adalah peluang spiritual yang berharga bagi setiap Muslim untuk memperdalam hubungan dengan Sang Pencipta.

Baca juga: Lirik Sholawat Burdah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Terimakasih telah membaca Apa Perbedaan Antara Haji dan Umrah? Ini Penjelasan Lengkapnya dalam Islam jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Kapan Puasa Tasua dan Asyura 2023? Ini Jadwal dan Niat Puasanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *