Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
BeritaPuasaReligi

Kapan Puasa Tasua dan Asyura 2023? Ini Jadwal dan Niat Puasanya

1001
×

Kapan Puasa Tasua dan Asyura 2023? Ini Jadwal dan Niat Puasanya

Sebarkan artikel ini
Niat dan Keutamaan Puasa Tasua dan Asyura
Puasa Tasua dan Asyura

Kapan Puasa Tasua dan Asyura 2023? Ini Jadwal dan Niat Puasanya ~ Headline.co.id (Niat Puasa). Tahun baru islam merupakan salah satu bulan yang banyak dinanti oleh umat islam. Pada bulan ini banyak sekali peristiwa besar yang terjadi. Tak hanya itu tentunya pada bulan Muharam ini juga menjadi momentum indah untuk melakukan intropeksi diri untuk melakukan perbaikan.

Baca juga: Lirik Sholawat Mughrom Lengkap Arab Latin Dan Terjemahan

Kapan Puasa Tasua dan Asyura 2023 ?

Salah satu amalan yang identik dan dinantikan oleh umat muslim pada bulan Muharam ini adalah puasa Tasua dan puasa Asyura. Banyak dari kita beryanya kapan puasa Tasua dan puasa Asyura pada tahun 2023 (1445 H)? nah untuk mendapat jawabannya tersebut silahkan baca artikel ini karena headline akan mengulasnya.

Baca juga: Doa Akhir dan Awal Tahun Hijriyah 1 Muharram Tahun Baru Islam

Pada bulan Muharam terdapat puasa yakni puasa Tasua dan Asyura.  Merujuk dari aturan yang ada bahwa puasa Tasua dikerjakan pada tanggal 9 Muharam, sementara puasa Asyura dikerjakan pada 10 Muharam. Lalu tanggal berapa Puasa Tasua dan Asyura 2023 ?

Jika mengacu pada Jika mengacu pada Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2023 M (1444 H-1445 H) yang dikeluarkan Kementerian Agama (Kemenag) RI, maka jadwal puasa Tasua dan Asyura 2023 akan mengikuti tanggal berikut:

  • Kamis, 27 Juli 2023 (9 Muharam 1445 H): Puasa sunah Tasua
  • Jumat, 28 Juli 2023 (10 Muharam 1445 H): Puasa sunah Asyura

Baca juga: 7 Adab Dan Etika Di Jalan Raya Menurut Islam

Jadi, pelaksanaan puasa Tasua dan Asyura 2023 bertepatan dengan Kamis, 27 Juli 2023 dan Jumat, 28 Juli 2023.

Niat Puasa Tasua dan Asyura

1. Bacaan niat puasa Tasua

Berikut ini bacaan niat puasa tasua yang dilakukan pada tanggal 27 Juli 2023 atau 9 Muharram.

نَوَيْتُ صَوْمَ تَاسُوعَاءَ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma Tâsû’â-a lilâhi ta’âlâ.

Artinya, “Saya niat puasa Tasu’a karena Allah ta’âlâ.”

Baca juga: Tata Cara Sholat Jenazah: Hukum, Syarat, Rukun, Sunnah

2. Bacaan niat puasa Asyura

Berikut ini bacaan niat puasa Asyura yang dilakukan pada tanggal 28 Juli 2023 atau 10 Muharram.

نَوَيْتُ صَوْمَ عَاشُورَاءَ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma Âsyûrâ-a lilâhi ta’âlâ.

Artinya, “Saya niat puasa Asyura karena Allah ta’âlâ.”

Baca juga: Lirik Lagu Sholawat Qomarun Arab Latin dan Artinya

Anjuran Puasa Tasua dan Asyura

Dalam buku ‘Rahasia Puasa Sunnah’ (2023) yang ditulis oleh Ahmad Syahirul Alim, dijelaskan tentang anjuran puasa Asyura yang berawal dari kebiasaan orang-orang jahiliah di Mekah yang terbiasa berpuasa di hari Asyura. Rasulullah SAW juga mengamalkan puasa pada hari ini, dan para sahabat beliau juga mengikutinya, sebagaimana diungkapkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA.

Baca juga: Niat Puasa Tarwiyah Lengkap dengan Doa dan Keutamaan

Hari Asyura adalah hari ketika orang-orang Quraisy melakukan puasa sejak masa jahiliah, dan ketika Rasulullah SAW tiba di Madinah, beliau juga berpuasa pada hari Asyura dan menganjurkan umat Islam untuk berpuasa pada hari tersebut. Namun, setelah kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan diturunkan, puasa Asyura tidak lagi diwajibkan, tetapi dianjurkan bagi siapa saja yang ingin melakukannya.

Kemudian, anjuran mengenai puasa Tasua muncul ketika Rasulullah SAW melihat orang-orang Yahudi berpuasa pada hari Tasua (kesembilan) dari bulan Muharram di Madinah. Ketika ditanya, orang-orang Yahudi menjelaskan bahwa ini adalah hari ketika Allah Ta’ala menyelamatkan Musa dan kaumnya dari Firaun. Mendengar hal ini, Rasulullah SAW menyatakan bahwa umat Islam lebih berhak terhadap Musa daripada mereka, dan kemudian beliau berpuasa pada hari kesembilan dan kesepuluh Muharram dan memerintahkan umat Islam untuk melakukannya.

Baca juga: Berbakti Kepada Orang Tua Dikenal Dengan Istilah? Ini Makna Lengkapnya

Namun, penting untuk dicatat bahwa Rasulullah SAW mungkin hanya menganjurkan puasa Tasua pada tahun itu saja, karena hadits Ibnu Abbas RA menyebutkan bahwa jika tahun berikutnya tiba, insya Allah mereka akan berpuasa pada hari kesembilan. Namun, Rasulullah SAW wafat sebelum tahun berikutnya datang, sehingga tidak ada catatan langsung tentang apakah puasa Tasua dilakukan pada tahun-tahun berikutnya setelah wafatnya beliau.

Meskipun demikian, jumhur ulama (mayoritas ulama) menganjurkan umat Islam untuk tetap berpuasa pada hari kesembilan dan kesepuluh Muharram agar berbeda dengan puasa kaum Yahudi dan Nasrani, dan sebagai tindakan mengikuti wasiat Rasulullah SAW. Dengan demikian, puasa Asyura dan Tasua telah menjadi salah satu sunnah penting dalam sejarah Islam, yang memberikan kesempatan bagi umat Islam untuk menghidupkan tradisi Nabi dan para sahabat beliau.

Baca juga: Lirik Sholawat Natawassal Bil Hubabah Arab Latin Terjemahan Serta Maknanya

Terimakasih telah membaca Kapan Puasa Tasua dan Asyura 2023? Ini Jadwal dan Niat Puasanya jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Lirik Sholawat Burdah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *