Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Wisata & KulinerWisata Kuliner

Cari Sarapan Pagi di Jogja? Ini Rekomendasi Makanan Enak yang Wajib Kamu Coba

7680
×

Cari Sarapan Pagi di Jogja? Ini Rekomendasi Makanan Enak yang Wajib Kamu Coba

Sebarkan artikel ini
Kuliner Sarapan pagi di Jogja murah
Sarapan pagi di Jogja (Headline.co.id/Saddam)

Cari Sarapan Pagi di Jogja? Ini Rekomendasi Makanan Enak yang Wajib Kamu Coba ~ Headline.co.id (Yogyakarta). Sobat Headline pasti tau bahwa Yogyakarta, atau yang lebih akrab disebut Jogja, tak hanya terkenal dengan warisan budayanya yang kaya, tetapi juga dengan wisatanya.

Baca juga: Tangapi Rencana Hutang Pemda DIY, DPRD Sarankan Pangkas Perjalanan Dinas

Kota yang terkanal akan romantisme di setiap sudut kota tersebut memiliki berbagai macam wisata kuliner yang lezat. Buat wisatawan atau warga lokal Jogja pasti tau bahwa moment yang paling menyenangkan saat berada di Kota Pelajar ini adalah menikmati sarapan pagi dengan hidangan lezat yang menggugah selera.

Apalagi buat pencinta gowes tentu, pagi-pagi sambil bersepeda sambil mencari tempat sarapan yang enak dan nyaman akan membuat moment pagi lebih indah. Sambil gowes menikmati keindahan jogja sambil menikmati sarapan pagi bersama orang terkasih tentu akan menjadikan moment indah untuk kita.

Baca juga: Mau Backpacker ke Jogja? Ini Tips Liburan Murah dari Jakarta Menggunakan Travel

Rekomendasi Sarapan Pagi di Jogja

Nah untuk tempat sarapan sendiri banyak sekali pilihannya mulai dari di tengah kota atau di pingir kota, nah berikut ini adalah Rekomendasi Sarapan Pagi di Jogja dan tentunya sesuaikan dengan lokasi terdekat masing-masing ya:

1. Empal Bu Warno

Buat kamu yang berada di kawasan Malioboro Jogja dan hendak mencari sarapan pagi salah satu rekomendasi dari Headline yang wajib kamu coba adalah empal bu warno. Untuk lokasi tepatnya Empal Bu Warno ini berada di tengah Pasar Beringharjo.

Baca juga: HoneyVanCation: Tempat Cinta, Petualangan, dan Kenyamanan Bertemu – Ubuvilla X Nuvantara Collaboration

Disini kamu bisa menikmati sarapan pagi dengan sajian empal lengkap dengan sambal dan lalapannya. buat yang suka dengan masakan jawa timur tempat ini cocok untuk kamu coba.

Selain empal, di sini juga tersedia lauk lain seperti babat dan berbagai jenis jeroan yang tersedia. Harga satu porsinya Rp 20.000. Bisa lebih kalau kamu pesan tambahan lauk. Untuk jam buka Warung Empal Bu Warno buka dari pukul 09.00 WIB, sehingga kamu bisa keling-keling malioboro terlebih dahulu kemudian menikmati empal.

Baca juga: Cara Membuat Donat Kentang Empuk Dan Renyah Anti Gagal

2. Soto Sampah

Rekomendasi tepat sarapan di Jogja selanjutnya adalah soto sampah. tempat ini cocok buat kamu yang berada di area malioboro dan tugu Jogja, lokasi soto ini berada di jalan Kranggan Nomor 2, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta.

Nama tempat makan ini cukup unik, dan ini menjadi salah satu soto legendari di kota pelajar . buat yang penasaran nama Soto Sampah ini sudah ada sejak tahu 1970, Awal dinamakan soto sampah ini karena tampilannya yang berantakan dan kurang estetik.

Baca juga: Wisata Pantai Kuta Bali: Panorama Keindahan Tropis yang Mengagumkan

Meski tampilannya kurang menawan ternyata rasa soto sampah ini tak tertanding sehingga membuat tempat ini selalu ramai pengunjung. Untuk harganya cukup ramah di kantong hanya dibanderol sebesar Rp 6 ribu saja, tambahan ayam dan babat hanya Rp8.000 saja.

3. Warung Makan Khas Bali Putra Mande Jogja

Masih berada di sekitar pusat kota Jogja, Rekomendasi tempat sarapan di Jogja yang wajib kamu coba adalah Warung Makan Khas Bali Putra Mande Jogja. tentu sesuai namanya tempat ini menyediakan mahanan khas bali.

Baca juga: 10 Tips Liburan Hemat di Pulau Belitung Yang Perlu Kamu Tau

Untuk lokasinya berada di jalan Namburan Kidul Nomor 10, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta. Tempat ini biasanya menjadi alternatif bagi para pelancong yang kurang suka dengan makanan manis. Di sana kamu bisa memesan nasi jinggo, nasi khas Bali yang terdiri dari lauk oseng, kacang panjang, serundeng, ayam suwir pedas dan sate lilit bisa kamu jumpai di sini.

4. Tahu Gimbah Pak Yono

Tempat makan selanjutnya yang bisa kamu coba saat berada di pusat Kota Jogja selanjutnya adalahn Tahu Gimbah Pak Yono. buat yang tidak tau tahu gimbal ini berisikan tahu, telor, kupat, gimbal udang ditambah kuah kacang nan gurih. Buat yang suka pedas kamu bisa menambahkan sambel sendiri sesuai dengan selera kamu.

Baca juga: 8 Wisata Pantai di Banyuwangi yang Tak Kalah Indah dengan Bali

Rekomenadasi tempat sarapan ini cukup legendari penjualnya sudah jualan tahu gimbal di tahun 1974 yang mana penjualnya langsung belajar dari ayahnya penjual tahu gimbal legendaris di Semarang. Untuk lokasinya berada di Jl. Tentara Rakyat Mataram No.35, Bumijo, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Sarapan Gudeg di Plengkung Wijilan Jogja

Buat yang mau mencari sarapan pagi khas Jogja di pusat kota kamu bisa menuju ke Plengkung Wijilan lokasi ini berada di sebelah timur kraton yogyakarta. di lokasi ini kamu bisa menikmati banyak sekali pilihan gudeg mulai dari gedeg Yu Djum, Gudeg Bu Is, Gudeg Lies, Gudeg Hj Rini, Gudeg Yu narni dan berbagai macam alternatif gudeg lainnya.

Baca juga: Pantai Pandawa Bali: Sejarah dan Wisata Pantai Indah di Pulau Dewata

6. Nasi Kebuli Daging Sapi Mas Hamid

Buat yang berada di area UGM, dan mencari rekomendasi tempat sarapan bagi yang enak yaitu bisa mencoba Nasi Kebuli Daging Sapi Mas Hamid. Buat yang tanya lokasi, Lokasinya berada di Gg. Grompol, Pogung Kidul, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Spot ini nyaris jadi landmark dengan letaknya yang pas di Jalan Kaliurang KM.5,5, seberang Dunkin’ Donuts.

Meski cuma berjualan pakai motor di pinggir jalan, jangan tertipu karena rasa nasi kebulinya bikin nagih. Ada nasi kebuli dengan tambahan telur, kismis, dan kerupuk, dikemas dalam satu porsi yang tak sampai 10 ribu rupiah. Murah banget, kan? Dan jangan diremehkan, porsi itu lumayan mengenyangkan, beneran deh!

Baca juga: 15 Pantai Pasir Putih di Gunungkidul Jogja Yang Hits dan Instagramable

Kesan kenyangnya enggak cuma dari perut tapi juga dari isi dompet yang masih utuh. Jadwalnya juga bikin mupeng, karena Nasi Kebuli Daging Sapi Mas Hamid buka mulai pukul 07.00 sampai 08.30 WIB. Jadi, sebelum beraktivitas, cobain dulu sensasi menggoyang lidah dengan nasi kebuli di sini.

7. Soto Ayam Pak Dalbe

Di kota pelajar yang penuh cita rasa seperti Jogja, Soto Ayam Pak Dalbe menjadi jawaban bagi pencinta soto yang ingin nikmati hidangan sarapan enak tetap ramah di kantong. Lokasinya cukup strategis, berada di Jl. Jend. Sudirman, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta (samping Pizza Hut Sudirman). Dari Tugu Jogja atau Gramedia, hanya sebatas jarak yang tak terlalu jauh.

Baca juga: Kemenparekraf Gelar FAM Trip bagi Influencer India untuk Tingkatkan Kunjungan Wisman ke Indonesia

Apa yang bikin Soto Pak Dalbe begitu istimewa? Jawabannya ada di potongan ayam kampungnya yang lembut, halus, dan bumbunya yang menggoda. Kabarnya, ayam direbus dan direndam dalam bumbu semalaman untuk hasilkan cita rasa yang memikat.

Dalam setiap porsi Soto Ayam Pak Dalbe, tersembunyi kekayaan rasa. Ada nasi, irisan kol, tauge, bihun, dan lenthok (perkedel ketela) yang menyatu harmonis. Jangan lupa taburi dengan daun seledri dan bawang goreng untuk sentuhan segar. Tapi yang paling menonjol tentu saja suwiran daging ayam kampung yang bikin ketagihan. Semua ini berpadu dalam kuah bening kecokelatan yang menggugah selera. Jika ingin lebih terasa, tambahkan perasan jeruk nipis dan nikmati kelezatannya.

Baca juga: Kemenparekraf Kenalkan Rendang Khas Indonesia Ke Peserta AIYEP pada Para Pemuda Australia

Namun, kelezatan Soto Ayam Pak Dalbe tidak berhenti di situ. Pelengkap lauk tersedia untuk lengkapi pengalaman makan Anda. Sate ayam, tempe, sate telur, gorengan, kepala ayam, sayap, dan sate ampela ati menanti untuk melengkapi hidangan Anda. Dengan harga sekitar 13 ribu rupiah, Anda bisa merasakan kelezatan legendaris ini. Porsi yang melimpah pasti akan membuat perut Anda terpuaskan.

Jika ingin menikmati sensasi pagi yang menggoda, datanglah pada jam buka yang dimulai pukul 06.00 hingga 11.00 WIB, kecuali pada Sabtu & Minggu ketika tempat ini tutup. Jadi, tunggu apa lagi? Nikmati kelezatan yang tak terlupakan dari Soto Ayam Pak Dalbe dan buat hari Anda berjalan dengan cita rasa yang sempurna.

Baca juga: Jatim Park 1: Harga Tiket Masuk, Wahana Hingga Lokasi Wisatanya

8. Soto Pak Marto

Rekomendasi tempat sarapan di Jogja selanjutnya adalah Soto Pak Marto. Dalam kisah yang bergulir sejak tahun 1960, soto ini kini telah mencapai generasi ketiga dan siap memanjakan lidah Anda. Jadi, saat liburan singgahlah ke sini, nikmati pagi dengan santapan istimewa.

Daya tarik utama Soto Pak Marto ada pada kuah bening kaldu sapi yang menyejukkan. Rasanya begitu lezat, mampu menghangatkan hati dan perut Anda dengan sekejap. Setiap sendoknya adalah nostalgia cita rasa yang langka.

Baca juga: Keindahan Wisata Nepal Van Java Magelang Lokasi Ganjar Gowes

Dalam setiap sajian, tauge, daging sapi, tomat, kol, dan daun bawang bersatu dalam harmoni rasa. Namun, jangan hentikan petualangan rasa di sini. Warung ini menawarkan pilihan tambahan seperti babat, iso, lidah, janung, dan ginjal sapi sebagai toping yang menambah kekayaan hidangan.

Dan tentu saja, hidangan sempurna tak lengkap tanpa pelengkap yang tepat. Perkedel, sate jeroan bervariasi, lumpia, tempe goreng, dan lainnya siap melengkapi kenikmatan soto Anda.

Untuk harganya, Soto Pak Marto bersahabat dengan kantong. Dibanderol sekitar 12 hingga 14 ribu rupiah, tergantung dari pilihan toping. Anda punya kebebasan untuk menyesuaikan selera Anda tanpa perlu khawatir menguras dompet.

Baca juga: Cari Oleh-Oleh Khas Jogja? Ini Mataram Bakpia Kukus Yang Legit dan Mengoda

Warung ini memiliki dua lokasi yang siap melayani Anda. Pertama, di Jl. Letjen S.Parman No.44, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta. Atau, Anda bisa berkunjung ke Jl. Plumbon No.333, Modalan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang berada di depan atau seberang JEC. Jadwal bukanya dimulai dari pukul 06.30 hingga 15.00 WIB, memberi Anda kesempatan luang untuk merasakan cita rasa legendaris ini. Jadi, datanglah dan nikmati sensasi makan pagi yang menggoda di Warung Soto Pak Marto, sebuah warisan rasa yang tak tergantikan.

9. Gudeg Mbah Lindu

Ingin menikmati sarpan pagi dengan rasa autentik gudeg Jogja yang tak terlupakan? kamu bisa mencoba Gudeg Mbah Lindu di Jl. Sosrowijayan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Tak jauh dari Jalan Malioboro, Anda bisa menemukannya dengan mudah, tepatnya di pos ronda depan gang di kampung Sosrowijayan, samping Hotel Grage Ramayana.

Baca juga: Resep Bikin Pindang Ayam Palembang Enak Guruh Lezat Untuk Buka Puasa

Ada aroma khas “sangit” yang memikat saat Anda melangkah ke warung Gudeg Mbah Lindu. Di sini, Anda akan menemukan hidangan istimewa yang membuat Anda merasakan Yogyakarta dalam setiap suapannya. Menunya meliputi nasi dan bubur yang dihidangkan dengan lauk gudeg, krecek, telur, ayam, tahu, dan tempe bacem.

Untuk harga, seporsi nasi gudeg di Gudeg Mbah Lindu berada dalam kisaran 20 hingga 30 ribu rupiah, tergantung jenis lauk yang dipilih. Walaupun mungkin sedikit lebih mahal daripada gudeg pinggir jalan lainnya, namun rasa tradisional dan autentik yang disajikan benar-benar membuat perbedaan yang mencolok. Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu tentang harga sebelum memesan, agar tidak ada kejutan yang tidak diharapkan.

Baca juga: Pempek Khas Palembang Masuk 5 Besar Makanan Seafood Terenak di Dunia

Tentu saja, nikmati kelezatan ini dengan datang pada jam buka yang dimulai sekitar pukul 06.00 hingga 10.00 WIB. Jadi, jika Anda ingin merasakan cita rasa gudeg yang legendaris dan autentik, Gudeg Mbah Lindu adalah pilihan yang tak boleh terlewatkan. Sajian ini akan membawa Anda dalam perjalanan rasa yang membawa kenangan khas Jogja.

10. Gado Gado Bu Hadi

Pasar Beringharjo memiliki rahasia kuliner yang tak boleh terlewatkan untuk sarapan salah satunya adalah Gado-Gado Bu Hadi. Kelezatan gado-gado di sini sungguh tiada tanding, mampu memikat hati dan perut siapa pun! Langsung menuju lantai 2, sayap timur Pasar Beringharjo, Anda akan menemukan lokasi yang membuat hidangan ini semakin istimewa.

Baca juga: Pantai Gesing Teras Kaca: Info Alamat Tiket Masuk dan Destinasi Wisata Alam Indah di Gunungkidul

Satu porsi gado-gado Bu Hadi membawa perpaduan ketupat, kentang, kecambah, kobis, selada, timun, tomat, tahu, telur, dan tentu saja bumbu kacang yang menggoda. Semua bahan ini menyatu menjadi harmoni cita rasa yang tak terlupakan. Setiap suapan membangkitkan rasa yang begitu lezat, mungkin akan membuat Anda sulit berhenti ingin mencicipi lebih banyak lagi.

Tidak hanya gado-gado, menu lotek dan es kopyor juga menanti untuk memanjakan selera Anda. Dengan harga sekitar 15 ribu rupiah per porsi gado-gado, Anda bisa merasakan kelezatan yang tidak menguras kantong. Pastikan untuk datang antara jam buka pukul 09.00 hingga 15.30 WIB, dan Anda akan menemukan sarapan yang begitu memuaskan di Pasar Beringharjo.

Baca juga: 4 Daftar Pantai Terindah 2023, Ingin Kunjungi yang Mana?

Jadi, jika Anda ingin mengawali hari dengan cita rasa yang tak terlupakan, Gado-Gado Bu Hadi adalah pilihan yang sempurna. Nikmati kelezatan kuliner khas Pasar Beringharjo yang menggugah selera dan buat pagi Anda menjadi lebih istimewa.

11. Soto Ayam Lenthok Pak Gareng

Di sekitar gemerlap Stasiun Kereta Api Tugu Jogja, ada satu tempat yang tak boleh dilewatkan untuk sarapan pagi yang lezat: Soto Ayam Lenthok Pak Gareng. Pada hampir setiap paginya, warung kaki lima ini dipadati oleh pembeli yang ingin menikmati kelezatan soto ayam yang terkenal.

Baca juga: 15+ Rekomendasi Tempat Wisata Di Bandung Instagramable Yang Lagi Hits

Satu porsi soto ayam di sini menggoda dengan nasi, bihun, irisan kubis, suwiran daging ayam, seledri, dan bawang goreng, semuanya direndam dalam kuah bening yang tak tertandingi.

Kuahnya memiliki cita rasa gurih yang lezat dan kesegaran yang tak terlupakan, terutama bila disempurnakan dengan perasan jeruk nipis yang memberikan sentuhan asam yang menyegarkan.

Selain sajian utama, pilihan lauk tambahan juga tak kalah menggugah selera. Ada lenthok (perkedel ketela khas Jogja), tempe goreng, tahu bacem, serta sate daging ayam, uritan, hati, dan usus yang siap melengkapi hidangan Anda.

Baca juga: Tips Sebelum Sewa Mobil biar agar liburan makin aman dan Nyaman

Harga yang terjangkau, sekitar 12 ribu rupiah, membawa porsi yang melimpah sehingga perut Anda pasti akan puas. Warung ini terletak di Jl. Margo Utomo (sebelumnya Jl. P. Mangkubumi), Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Jika Anda berdiri di Stasiun Tugu, cukup berjalan sedikit ke timur dan sedikit ke utara untuk menemukan kelezatan ini. Jam bukanya dimulai pukul 06.00 hingga 15.00 WIB, memberi Anda banyak waktu untuk menikmati pagi dengan cita rasa yang tak terlupakan.

12. Soto Ayam Lenthok Pasar Lempuyangan

Jika Anda sedang berada di sekitar Stasiun Lempuyangan dan mengidamkan sarapan yang memanjakan, Soto Ayam Lenthok Pasar Lempuyangan adalah pilihan yang sangat tepat. Setiap porsi sotonya menghadirkan nasi, suwiran ayam, bihun putih, kecambah atau tauge, seledri segar, tahu, serta lenthok yang merupakan perkedel ketela khas Jogja. Di atas semua itu, terdapat kuah gurih yang menambah cita rasa menyegarkan.

Baca juga: Taman Impian Jaya Ancol: Sejarah, Fasilitas, Wahana, Harga Tiket, dan Informasi lengkapnya

Dengan rasa yang lezat dan porsi yang cukup berlimpah, soto ini cocok sebagai pendamping pagi Anda. Lokasinya pun sangat strategis, berada di pojok timur sisi utara Pasar Lempuyangan. Begitu Anda melangkah masuk dari pintu timur (Jl. Hayam Wuruk, Tegal Panggung, Danurejan, Kota Yogyakarta), Anda akan langsung menjumpai warung ini di sudut utara.

Jam buka Soto Ayam Lenthok Pasar Lempuyangan dimulai sekitar jam 06.00 pagi hingga makan habis. Dengan harga sekitar 12 ribu rupiah per porsi, Anda bisa menikmati sajian yang menggugah selera ini. Setiap pagi hampir selalu ramai dengan pembeli yang datang untuk menikmati santapan pagi yang istimewa dari gerobak soto ini. Jadi, jika Anda ingin mengisi perut dengan kenikmatan yang tak terlupakan di pagi hari, jangan lewatkan Soto Ayam Lenthok Pasar Lempuyangan.

Baca juga: Resep Soto Lamongan Koya Asli Jawa Timur Gurih dan Enak

13. Sop Ayam Pak Min Klaten

Warung Sop Ayam Pak Min adalah bukti hidangan yang tak perlu diragukan lagi kelezatannya. Beragam cabangnya yang tersebar di hampir setiap sudut kota Jogja mengukuhkan reputasi tempat makan yang menggugah selera ini.

Satu porsi Sop Ayam Pak Min Klaten mempersembahkan potongan daging ayam yang lezat (seperti sayap, paha, dada, uritan/telur muda, kulit, atau yang sesuai pesanan Anda), disajikan dengan kuah kaldu yang menggoda. Taburan seledri dan bawang goreng menjadi sentuhan akhir yang sempurna. Meski tampil sederhana tanpa banyak tambahan sayuran, rasanya tak perlu diragukan lagi.

Baca juga: Resep dan Cara Membuat Rawon Daging Sapi Khas Jawa Timur

Biasanya, Sop Ayam Pak Min disajikan dengan sepiring nasi putih. Lauk pelengkap pun melimpah, termasuk tempe, tahu, sate hati, sate telur, sate usus, bakso tahu, dan kerupuk. Jika Anda mencari cabang di Kota Jogja, salah satu yang bisa diandalkan berada di Jl. Taman Siswa, Wirogunan, Mergangsan, Kota Yogyakarta. Warung ini beroperasi mulai pukul 07.00 hingga 20.30 WIB. Untuk harga, berkisar antara 16 hingga 20 ribu rupiah, Anda bisa menikmati hidangan lezat yang sudah dikenal luas. Jadi, jika Anda ingin mengalami sensasi autentik sop ayam yang menggugah selera, kunjungi Sop Ayam Pak Min dan nikmati kenikmatannya yang tak terbantahkan.

14. Lotek Gado-Gado Teteg

Di sebelah timur Stasiun Kereta Api Lempuyangan, ada tempat istimewa untuk memulai pagi sebelum berangkat naik kereta atau saat tiba di Kota Jogja pagi hari. Lotek Gado-Gado Teteg, warung yang menampilkan keunikan dengan cobek super jumbo sebagai pusat pengolahan lotek, adalah pilihan sempurna untuk sarapan pagi yang lezat.

Baca juga: Mengenal Keindahan Kawah Sikidang Dieng Salah Satu Tempat Wisata Unggulan Dieng

Keberadaan cobek ukuran super jumbo menjadi tanda khas warung ini. Di sini, Anda bisa menikmati menu andalan berupa lotek dan gado-gado. Baik lotek maupun gado-gado, keduanya disajikan dengan porsi yang melimpah dan cita rasa yang tak terlupakan.

Tapi pilihan Anda tidak hanya terbatas pada lotek dan gado-gado. Di sini juga tersedia beragam gorengan dan aneka minuman yang dapat Anda pilih sesuai selera.

Alamat lengkap Lotek Gado-Gado Teteg terletak di Jalan Argolubang No. 184, Baciro, Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Anda bisa menikmati hidangan lezat ini mulai dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Dengan harga sekitar Rp.15.000,- untuk lotek dan Rp.16.000,- untuk gado-gado, Anda bisa memuaskan selera pagi Anda dengan santapan yang istimewa dan mengenyangkan.

Baca juga: The Obonk Steak & Ribs, Legenda Steak Bakar Beneran di Jogja

Jadi, jika Anda mencari tempat untuk sarapan pagi yang spesial dekat Stasiun Lempuyangan, tak ada alasan untuk melewatkan Lotek Gado-Gado Teteg. Cocok untuk mengawali hari dengan cita rasa yang memukau dan porsi yang berlimpah.

15. Soto Bathok Mbah Katro

untuk tempat ini tentu tak perlu diragukan lagi karena semua orang di Jogja tau. Sarapan gaya Jogja tak akan sempurna tanpa mengunjungi warung Soto Bathok Mbah Katro. Berlokasi di timur Yogyakarta, tepatnya di Jalan Candi Sambisari No. 6, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, warung ini menjadi pilihan yang tak boleh dilewatkan.

Baca juga: Kumpulan Resep Membuat Kacang Telur Enak Renyah Pedas dan Gurih

Sesuai dengan namanya, soto disajikan dengan gaya unik dalam sebuah bathok, atau tempurung kelapa. Setiap hidangan memadukan nasi, tauge, potongan daging sapi, seledri, bawang goreng, dan kuah segar yang meresap dalam setiap suapan. Untuk pelengkap, Anda bisa menambahkan sate telur puyuh, sate ati, sate usus, atau tempe goreng garit sesuai selera.

Yang mengejutkan adalah harganya yang sangat ramah di kantong, sekitar 5 ribu rupiah per porsi. Jam bukanya dimulai pukul 06.00 hingga 16.00 WIB. Setiap hari hampir selalu dipenuhi pembeli yang ingin menikmati kenikmatan soto yang unik ini.

Baca juga: Wisata Romantis De Mangol: Harga tiket Masuk dan Paket Menarik di Dalamnya

Setelah menikmati hidangan di sini, Anda juga bisa memanfaatkan kesempatan untuk berwisata ke Candi Sambisari yang tidak terlalu jauh dari warung. Jadi, jika Anda mencari pengalaman sarapan yang istimewa dan mengenyangkan dengan sentuhan unik, Soto Bathok Mbah Katro adalah tempat yang patut dikunjungi.

16. Nasi Uduk Palagan Pusat

Siapa yang tidak kenal dengan nasi uduk? Makanan khas Jakarta ini telah memikat hati banyak orang Indonesia, menjadi favorit selain soto dan pecel. Rasanya yang gurih dengan aroma santan dan kekayaan rempah-rempah dalam bumbunya membuat siapa saja tak bisa menahan diri untuk mencicipinya.

Baca juga: 8 Macam Resep Membuat Kue Nastar Enak Lembut Dan Lumer Dimulut

Jika Anda tengah mencari sarapan yang memenuhi keinginan untuk nasi uduk, tak perlu khawatir. Warung Nasi Uduk Palagan Pusat siap memenuhi keinginan Anda. Alamatnya terletak di Jalan Palagan Tentara Pelajar, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta.

Jam buka warung ini dimulai pukul 07.00 hingga 21.00 WIB, memberi Anda fleksibilitas untuk menikmati nasi uduk dari pagi hingga malam. Harga yang ditawarkan berkisar antara 10 hingga 20 ribu rupiah, tergantung pilihan lauk yang Anda pilih.

Baca juga: Aneka Resep dan Cara Membuat Bakwan Renyah dan Tahan Lama

Dengan cita rasa yang menggugah selera, Nasi Uduk Palagan Pusat membawa kenikmatan gurih ala Jakarta ke tengah-tengah Yogyakarta. Jadi, jika Anda ingin menikmati kelezatan nasi uduk yang mengingatkan Anda pada ibu kota, warung ini adalah pilihan yang sempurna.

17. Kupat Gule Bang Doel Jogja

ika Anda sedang mencari sarapan berlemak yang bisa memberi tambahan energi, maka Kupat Gule Bang Doel adalah pilihan yang patut dicoba. Tempat sarapan ini terletak dekat dengan Terminal Condong Catur, atau lebih tepatnya di sekitar jalan Nusa Indah.

Baca juga: Menikmati Sajian Sate Klathak Pak Pong di Jogja

Kupat Gule Bang Doel menawarkan sesuatu yang berbeda dari makanan khas Jogja yang cenderung manis. Gulai yang disajikan di sini memiliki kuah yang kental dengan sentuhan pedas yang lezat. Bagi para pencinta gulai, tempat ini adalah wajib kunjung untuk merasakan kenikmatan yang ditawarkan. Menu gulai di sini bervariasi, mulai dari gulai ayam, kambing, hingga sapi.

Jadi, jika Anda ingin mengisi pagi dengan kelezatan yang penuh kekayaan rasa, Kupat Gule Bang Doel adalah pilihan yang sempurna. Sarapan berlemak ini tidak hanya memberikan energi tambahan, tetapi juga cita rasa yang menggugah selera.

Terimakasih telah membaca Cari Sarapan Pagi di Jogja? Ini Rekomendasi Makanan Enak yang Wajib Kamu Coba jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Lima Rekomendasi Kuliner Malam di Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *