by

Menikmati Sajian Sate Klathak Pak Pong di Jogja

Daging kambing memiliki rasa dan aroma khas. Bagi penyuka sate, daging kambing adalah salah satu menu pilihan yang paling banyak dicari. Berbagai cara unik dalam menghidangkan sate kambing menjadi ciri khas di setiap rumah makan yang menyuguhkan menu ini. Salah satunya adalah rumah makan Sate Pak Pong di Jogja.

Harga Sate Pak Pong Terbaru. Penampakan RM Sate Pak Pong Bantul Jogja
Harga Sate Pak Pong Terbaru. Penampakan RM Sate Pak Pong Bantul Jogja

Sate Klathak merupakan salah satu menu favorit di sini. Sate Klathak merupakan sate berbahan daging Kambing yang ditusuk menggunakan jeruji besi. Konon katanya panas yang dihantarkan jeruji besi inilah yang menjadi kunci matangnya daging kambing hingga bagian dalam meskipun tidak dibakar sampai agak gosong. Bunyi arang yang terbakar saat membakar sate ini suaranya “klathak-klathak”, sehingga dinamakan sate Klathak. 

Harga Sate Pak Pong Terbaru. Sate Klathak Pak Pong
Harga Sate Pak Pong Terbaru. Sate Klathak Pak Pong

Satu porsi sate Klathak berisikan dua tusuk daging kambing dengan potongan yang agak besar-besar dibanding sate pada umumnya. Uniknya sate ini tidak dibumbui kecap, melainkan hanya garam, disajikan terpisah dengan kuah gulai beningnya. Dagingnya terasa empuk saat dikunyah. Aroma daging juga tidak amis. 

Selain sate Klathak, ada menu pilihan lainnya yaitu gulai, tengkleng, tongseng daging atau kepala, dan sate biasa yang disajikan tanpa tusuk. Pedas atau tidak kita bisa request sendiri. Menu minumnya direkomendasikan teh panas. Teh panas disajikan dalam poci dengan gula batu di setiap gelasnya. 

Harga Sate Pak Pong Terbaru. Tongseng daging kambing siap disajikan
Harga Sate Pak Pong Terbaru. Tongseng daging kambing siap disajikan

Jogja memang surganya kuliner murah. Satu porsi sate Klathak seharga Rp 24.000,-. Cukup murah bukan. Menu makan lainnya harganya relatif sama. Tidak akan menguras kantong saat liburan.  Dari mulai pejabat negara hingga artis-artis ibukota juga pernah singgah disini. 

Sate Pak Pong dapat kita temui di Jl Stadion Sultan Agung Bantul persis di timur Stadion. Rute menuju lokasi mudah dijangkau. Disini kita bisa memilih duduk di kursi atau lesehan. Pada hari libur dan weekend tempat ini sangat ramai pembeli, apalagi di jam makan. Tetapi jangan khawatir tempatnya luas dan dapat menampung banyak orang. Ada fasilitas musholla yang cukup luas untuk menunaikan sholat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed