Mengenal Keindahan Kawah Sikidang Dieng Salah Satu Tempat Wisata Unggulan Dieng

Pesona WIsata Kawah Sikidang Dieng
Kawah Sikidang Dieng

Mengenal Keindahan Kawah Sikidang Dieng Salah Satu Tempat Wisata Unggulan Dieng ~ Heaadline.co.id (Dieng). Hallo sobat Headline, Siapa sih yang tak tau dieng, selain terkenal dengan hasil pertanian yang melimpah dieng juga terkenal akan wisatanya lo.

Baca juga: Desa Wisata Cikolelet dan Desa Wisata Sukarame Raih Tiga Trofi pada Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2021

Dieng memiliki banyak sekali tempat wisata yang indah lo, buat kamu yang mau menikmati wisata di dieng kamu bisa menggunakan paket wisata dieng atau juga bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Saah satu tempat wisata yang cukup favorit dan dikunjungi banyak penggunjung adalah Kawah Sikidang Dieng yang mana ini merupakan salah satu wisata unggulan di Dieng yang mudah untuk dikunjungi dan juga memiliki keindahan tersendiri.

Sebelum Pandemi Covid-19, Kawah Sikidang ini banyak sekali dikunjungi wisatawan dan biasanya mereka mengunjungi kawah sikidang ini untuk menyaksikan aktivitas vulkaning yang bisa dilihat secara langsung.

Baca juga: Permudah Akses Informasi, Batang Siapkan Peta Digital Cagar Budaya

Fenomena Kawah Sikidang Dieng

Memiliki aktivitas vulkanik ini membuat tempat wisata kawah sikidang ini menjadi daya Tarik tersendiri. Posisi Kawah Sikidang Dieng ini berbeda dengan kawah pada umumnya yang mana biasanya terletak di puncak gunung berapi dan susah untuk dijangkau. Sementara Kawah Sikidang ini berada di tanah datar sehingga para pengunjung dapat dengan leluasa melihat lumpur panas meletup-letup dan gas atau asap yang berwarna putih pekat mengepul di udara.

Baca juga: Aneka Resep dan Cara Membuat Bakwan Renyah dan Tahan Lama

Buat yang belum tau bahwa asal mula Kawah Sikidang Dieng ini terbentuk dari letusan gunung berapi kawasan Dataran Tinggi Dieng bertahun-tahun lalu. Sampai sekarang kawah ini masih aktif.Kawah ini sangat fenomenal.

Biasanya pada kurun waktu tertentu, rata-rata 4 tahun sekali komlam kawah ini akan berpindah atau seolah-olah melompat dalam satu kawasan seperti karakter hewan kidang (kijang dalam bahasa Jawa) yang suka melompat.

Lokasi Kawah Sikidang Dieng

Harga Tiket Masuk Kawah SIkidang
Kawah Sikidang

Sehingga hal tersebut yang menjadi asal-usul kenapa tempat wisata tersebut dinamakan Kawah Sikidang.  Bagi kamu yang menggunakan paket tour dieng tidak perlu khawatir untuk menuju kelokasi tersebut karena mereka pasti hapal tempat wisata di Dieng namun bagi kamu yang Kawah Sikidang menggunakan kendaraan pribadi lokasi ini beralamatkan di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Selain ke Kawah Sikidang kamu juga bisa menggunjungi tempat wisata disekitar nya yakni Candi Arjuna dan Candi Bima.

Baca juga: The Obonk Steak & Ribs, Legenda Steak Bakar Beneran di Jogja

Tiket Masuk Kawah Sikidang Dieng

Untuk memasuki kawasan wisata Kawah Sikidang Dieng ini kamu akan dikenakan harga tiket masuk terusan dari obyek wisata Kompleks Candi Arjuna dan Candi Bima sebesar Rp10.000,-. Selain menikmati Kawah sikidang kamu juga bisa menikmati obyek wisata canti dengan satu tiket terusan. Untuk jam buka, Kawah Sikidang Dieng buka setiap hari mulai jam 07.00-16.00 WIB.

Baca juga: Kumpulan Resep Membuat Kacang Telur Enak Renyah Pedas dan Gurih

Aktivitas Vulkanik Kawah Sikidang Dieng

Kawah Sikidang ini juga memiliki kandungan sulfur atau belerang serta zat beracun yang tinggi, sehingga bau gas yang dikeluarkan sangat menyengat. Sehingga buat kamu yang hendak berwisata ke Kawah Sikidang ini disarankan untuk menggunakan masker atau penutup mulut untuk menghindari bau menyengat.

Baca juga: Pindah Lokasi Baru, Tempat Sate Ratu Makin Asik dan Nyaman

Tak hanya itu, jika berkunjung ke Kawah Sikidang Dieng kita juga harus memperhatikan dan mematuhi rambu-rambu yang tertera di dekat kawah yang melarang pengunjung untuk menyalakan api atau membuang puntung rokok ke dalam kawah. Api yang mengenai zat-zat dari gunung berapi bisa memicu ledakan dan kebakaran.

Karena kandungan sulfurnya membuat tanah disekitar kawah sikidang Dieng ini berwarna putih. Itulah kenapa saat berada di kawasan Kawah Sikidang yang Anda lihat hanya tanah tandus berwarna keputihan karena pepohonan mati akibat aktivitas kawah.

Baca juga: Wisata Romantis De Mangol: Harga tiket Masuk dan Paket Menarik di Dalamnya

Di Kawah Sikidang kamu juga akan menemukan lubang-lubang bekas kolam kawah di berbagai titik. Tanah di sekitar kawah juga sangat rapuh, jika tidak hati-hati tanahnya bisa ambrol dan Anda bisa tercebur ke kolam kawah yang sedang mendidih. Untuk tujuan keamanan, pengelola obyek wisata ini telah memasang pagar pembatas dari bambu untuk menjaga jarak aman dari kolah kawah agar tidak terlalu terpapar gas beracun dan tercebur ke kawah.

Tentunya berkunjung ke Kawah Sikidang ini akan menbuat pengalaman tersendiri, keindahan lumpur panas yang meletup-letup dan kepulan asap putih apalagi jika kamu suka foto tentu atempat ini akan menjadi salah satu objek yang wajib dikunjungi lo.

Baca juga: Wisata Edukasi Taman Nasional Way Kambas Lampung Makin Asik

Keberadaan Kawah Sikidang dengan segala keunikannya membawa berkah bagi masyarakat sekitar. Semakin ramainya pengunjung semakin banyak lapangan kerja yang muncul. Penduduk sekitar bisa berjualan makanan dan minuman untuk wisatawan. Biasanya penduduk menjual makanan khas Dieng atau berbahan dasar hasil pertanian utama Dieng, yaitu kentang.

Dan yang paling dicari pengunjung adalah Telor Rebus Kawah Sikidang. Masyarakat sekitar menjual telur mentah untuk kemudian direbus di sebuah kawah kecil yang airnya mendidih. Anda bisa langsung merebus sendiri telur di kawah kecil tersebut, dalam 5 menit akan langsung matang. Selain makanan, ada juga masyarakat yang menjual bongkahan-bongkahan belerang yang padat sebagai suvenir.

Baca juga: 8 Macam Resep Membuat Kue Nastar Enak Lembut Dan Lumer Dimulut

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.