Desa Wisata Cikolelet dan Desa Wisata Sukarame Raih Tiga Trofi pada Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2021

Anugrah Desa Wisata Indonesia 2021

Desa Wisata Cikolelet dan Desa Wisata Sukarame Raih Tiga Trofi pada Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2021 ~ Headline.co.id (Banten). Malam puncak Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2021 digelar di Ciputra Artpreneur Theater Kuningan, Jakarta pada Selasa (7/12/2021).

Baca juga: Buka Muktamar NU ke-34, Presiden Jokowi Singgung Soal Ekonomi Umat

Perlombaan ini diikuti oleh 1.831 desa wisata yang tersebar di seluruh nusantara dengan tujuh kategori yaitu, Konten Kreatif, Desa Digital, Homestay, Toilet Umum, Suvenir, CHSE (Cleanliness/Kebersihan, Health/Kesehatan, Safety/Keamanan, Enviromental Sustainibility/Kelestarian Lingkungan), dan Daya Tarik Wisata (alam, budaya, buatan) juga kategori Desa Wisata Terbaik Kategori Wisata Rintisan, Wisata Berkembang dan Wisata Maju serta Desa Wisata Terfavorit dan Desa Wisata Mandiri Inspiratif.

Perhelatan ini merupakan kegiatan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan harapan dapat mendorong para pelaku wisata dan ekonomi kreatif pada desa wisata untuk dapat mengembangkan desa untuk membangun Indonesia. Desa Wisata Cikolelet yang berada di Kabupaten Serang dan Desa Wisata Sukarame di Kabupaten Pandeglang berhasil masuk dalam kategori 50 besar Desa Wisata pada pagelaran ADWI 2021 ini.

Baca juga: Pemerintah Turunkan Tim Trauma Healing Bagi Warga Terdampak Gempabumi M 7,4 di Kabupaten Kepulauan Selayar

Pada malam puncak ADWI ini, diumumkan pemenang nominasi pertama pada Kategori Desa Digital oleh Cherly Juno & Azril Azahari selaku Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Pariwisata Indonesia (ICPI) dan Desa Wisata Sukarame menjadi Juara 5 pada kategori Desa Digital. Selanjutnya Desa Wisata Cikolelet berhasil mendapatkan dua kategori sebagai Juara 5 Desa Wisata Rintisan dan menjadi Desa Wisata Terfavorit ADWI 2021 dengan 75.046 like pada konten Youtube Desa Wisata Cikolelet yang diunggah pada laman kanal resmi Kemenparekraf. Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pariwisata Provinsi Banten telah melakukan pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Desa Wisata Cikolelet dan Desa Wisata Sukarame.

Pengembangan dilakukan sejak tahun 2017 di Desa Wisata Cikolelet ini dilakukan dalam bentuk pembangunan landmark, peta wisata, menara pandang, pedestrian, landmark Puncak Cibaja dan gerbang wisata. Pengembangan sumber daya manusia pariwisata dalam hal ini para pelaku wisata juga dilakukan kepada para Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Provinsi Banten.

Baca juga: Banjir Kecamatan Kluet Tengah Surut Meski Masih Tergenang 30 cm

Pada sektor ekonomi kreatif, Desa Wisata Sukarame mendapat pendukungan pada fasilitasi Gelar Karya Ekonomi Kreatif. Selain itu juga dilakukan pembinaan industri pariwisata dan ekonomi dalam kegiatan sosialisasi CHSE dan juga dilakukan promosi pada kedua desa wisata tersebut melalui akun laman resmi media sosial Dinas Pariwisata Provinsi Banten agar semakin dikenal dan dapat menarik wisatawan untuk dapat berkunjung.

Semoga prestasi yang membanggakan dari Desa Wisata Cikolelet dan Desa Wisata Sukarame ini dapat menjadi semangat bagi desa wisata lainnya untuk dapat berkembang dan berkreasi juga dapat meningkatkan kualitas sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Provinsi Banten.

Baca juga: Samsung Galaxy Note 8: Review Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangannya

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.