by

Wisata Edukasi Taman Nasional Way Kambas Lampung Makin Asik

Headline.co.id (Lampung) ~ Dinas Pariwisata Lampung mulai mengembangkan wisata konservasi gajah di Taman Nasional Way Kambas guna mengedukasi masyarakat mengenai konservasi gajah dan habitatnya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Edarwan menyampaikan saat ini gajah masih menjadi daya tarik wisata bagi wisatawan domestik maupun mancanegara, sehingga tahun ini pihaknya akan mencoba mengembangkan Way Kambas menjadi konservasi gajah yang menyuguhkan atraksi gajah.

baca juga : Parangtritis, Pesona Wisata Pantai di Jogja

“mengembangkan wisata konservasi dapat mengedukasi masyarakat sekitar dan juga wisatawan untuk mencintai gajah sebagai hewan di lindungi”, ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Way Kamvas dikenal dengan sekolah gajah, di tempat ini gajah dididik dari liar menjadi jinak. saat ini pihaknya tengah merubah pola menjadi wisata konservasi agar wisatawan dapat berinteraksi dan mengenal habitat gajah lebih dekat, sebab banyak masyarakat yang belum memahami mengenai konservasi gajah.

Kegiatan wisata konservasi dilakukan dengan cara mengajak wisatawan untuk menjalani kehidupan layaknya warga lokal di sejumlah desa wisata binaan yang hidup berdampingan bersama gajah.

“Jadi yang kita tawarkan adalah sensasi tinggal bersama gajah di desa masyarakat lokal serta merawat gajah, sekaligus kita juga mengedukasi masyarakat untuk menganggap gajah sebagai teman bukan musuh sehingga mengurangi konflik antara gajah dengan masyarakat,” ujarnya.

baca juga : Menikmati Sajian Sate Klathak Pak Pong di Jogja

Menurut Edarwan, pengembangan wisata konservasi selain melestarikan gajah, dan mengedukasi wisatawan juga dapat menjadi salah satu sumber pendapatan bagi warga yang ada di desa wisata.

“Melalui wisata ini selain habitat gajah terjaga masyarakat dapat terbantu perekonomiannya dengan menjual cenderamata, serta wisatawan dapat mengenal budaya serta adat istiadat masyarakat setempat,” katanya.

Semantara bagi yang ingin berkunjung ke wisata Way Kambas  berdasarkan pantauan tim Headline.co.id, harga tiket masuk wisata Taman Way Kambas ini kamu diharuskan membayar tiket masuk seharga Rp. 7.000/ orang.

Bagi yang ingin berwisata naik gajah, maka dapat membayar tiket sebesar Rp. 20.000 untuk satu kali putar sekitar 50 hingga 100 meter.

Sedangkan jika belum puas maka kamu bisa mengambil paket short time dengan biaya Rp. 150.000 untuk mengelilingi taman dengan gajah selama 30 menit.

baca juga : Lima Rekomendasi Kuliner Malam di Yogyakarta

Comment

News Feed