by

Parangtritis, Pesona Wisata Pantai di Jogja

Jogja menyimpan puluhan bahkan ratusan potensi wisata pantai. Letak geografis yang berbatasan langsung dengan laut selatan, menjadikan Jogja sebagai salah satu daerah di pulau Jawa yang memiliki banyak pemandangan pantai. Ya, salah satunya adalah pantai Parangtritis yang berada di wilayah Bantul, Yogyakarta. Bahkan nama pantai ini juga pernah dijadikan judul lagu oleh pencipta lagu sekaligus penyanyi kroncong kawakan seperti Didi Kempot.

Fasilitas Pantai Parangtritis. Bermain di pantai Parangtritis
Fasilitas Pantai Parangtritis. Bermain di pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis sangat mudah dijangkau dengan kendaraan. Akses jalannya pun cukup bagus. Jarak dari kota Jogja hanya sekitar 40 Km atau jika anda berkendara dengan mobil atau sepeda motor hanya memakan waktu sekitar 40 menit sampai 45 menit. Dari Kota Jogja anda hanya perlu mengarahkan kendaraan ke arah Jl Parangtritis. Lurus terus ikuti jalan tersebut ke arah selatan masuk Kabupaten Bantul.

Baca juga : Menikmati Sajian Sate Klathak Pak Pong di Jogja

Sampai di gerbang masuk lokasi pantai Parangtritis, kita berhenti sejenak untuk membeli tiket masuk. Tarif masuknya cukup terjangkau, hanya sekitar Rp 9.750,-/orang ditambah biaya asuransi sehingga anda cukup membayar Rp 10.000,-/orang. Dari pintu gerbang menuju lokasi pantainya sekitar 1 km. Tarif parkir kendaraan untuk mobil Rp 5.000,- dan Rp 2.000 untuk sepeda motor. Lokasi parkir cukup luas dan mampu menampung ratusan mobil dan ribuan motor di berbagai lokasi.

Fasilitas Pantai Parangtritis. Berkuda di pantai Parangtritis
Fasilitas Pantai Parangtritis. Berkuda di pantai Parangtritis

Dipantai, kita bisa menikmati hamparan pantai yang luas. Namun disini kita tidak bisa sembarangan mandi di pantai. Selain ombak yang cukup besar, kawasan pantai ini dikenal dengan kawasan berpalung dan berkarang. Disarankan kita untuk tidak berenang di pantai. Meskipun demikian kita masih bisa berbasah-basah di bibir pantainya kok. Disana juga sudah bersiap tim SAR yang setiap waktu akan memberi pertolongan. 

Mungkin bagi yang tidak sempat berbasah-basahan, anda masih bisa menikmati pemandangan laut dengan menyewa payung lengkap dengan tikarnya. Harganya pun cukup terjangkau. Jika lupa membawa topi, kacamata santai ataupun baju ganti, tidak perlu khawatir, disini banyak yang menjajakan dengan harga yang sangat murah dan masih bisa ditawar lho.

Fasilitas Pantai Parangtritis. Naik delman di pantai Parangtritis
Fasilitas Pantai Parangtritis. Naik delman di pantai Parangtritis

Sementara bagi penyuka tantangan di pantai Parangtritis banyak disewakan kendaraan ATF. Kita bisa menaikinya berkeliling pantai. Selain itu masih ada delman dan kuda yang bisa disewa untuk menyusuri luasnya pantai. Tarifnya pun berfariatif, pintar-pintar kita saja menawar. Jika lupa membawa kamera, disini pun banyak jasa foto dan bisa langsung dicetak hasilnya untuk dibawa pulang.

Nah, untuk pilihan kuliner, di Parangtritis banyak warung-warung dan penjaja asongan yang menjual berbagai makanan ringan dan makanan berat. Dari mulai rempeyek Jingking, jagung bakar, dan makanan-makanan tradisional lain, ada juga lho makanan berat bertema seafood dengan berbagai olahan. Biasakan tanya dulu harganya ya guys, sebelum memesan makanan.

Fasilitas Pantai Parangtritis. Jasa foto di pantai Parangtritis
Fasilitas Pantai Parangtritis. Jasa foto di pantai Parangtritis

Oh iya, dihari-hari libur atau khusus, di Parangtritis banyak digelar even-even menarik seperti lomba layang-layang, terjun payung, paragliding atau paralayang. Nah di hari khusus sepeti tahun baru dan libur nasional atau libur sekolah, jumlah pengunjung pantai ini ramai dan tentu saja untuk menuju ke lokasi menjadi agak macet karena antrian kendaraan. Jadi, jika hendak pergi ke Parangtritis disarankan diperhitungkan waktunya supaya lebih awal yan guys.

Selesai menikmati wisata di pantai Parangtritis kita bisa melanjutkan jelajah wisata di pantai sekitarnya hingga ke arah pantai Depok dan Cemara. Sebelumnya jangan lewatkan untuk singgah di Gumuk Pasir yang terkenal dengan hamparan pasir laut yang menyerupai padang pasir. Lokasi ini sering digunakan sebagai tempat foto prewedding dan shooting film maupun klip. Tentu saja lokasi ini sangat instagramable bagi kalian yang suka cekrek-cekrek.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed