Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Resep MakananWisata & Kuliner

Cara Membuat Donat Kentang Empuk Dan Renyah Anti Gagal

5553
×

Cara Membuat Donat Kentang Empuk Dan Renyah Anti Gagal

Sebarkan artikel ini
cara membuat donat empuk dan mengembang sempurna
Donat Kentang

Cara Membuat Donat Kentang Empuk Dan Renyah Anti Gagal ~ Headline.co.id (Resep Makanan). Bisa membuat donat kentang yang dapat mengembang sempurna dengan tekstur empuk dan renyah merupakan idaman semua orang. Tentunya untuk donat sendiri semua orang tidak asing dangan donat.

Baca juga: Sambangi Pasar Cihapit Bandung, Jokowi Tanya Resep Warung Nasi Legendaris Bu Eha

Kue donat merupakan sejenis kue yang biasanya berbentuk cincin dengan lubang di tengahnya. Donat biasanya terbuat dari adonan tepung terigu, gula, telur, mentega, dan ragi yang kemudian digoreng atau dipanggang hingga matang. Setelah itu, donat sering kali diberi hiasan atau taburan seperti gula halus, gula butir, atau cokelat.

Donat Kue Populer Di Banyak Negara

Donat sangat populer di banyak negara di seluruh dunia dan sering dianggap sebagai makanan ringan atau pencuci mulut yang lezat. Ada berbagai variasi donat yang tersedia, termasuk donat berlapis gula, donat berisi selai atau krim, donat dengan taburan berbagai rasa, dan banyak lagi. Donat juga sering disajikan bersama dengan minuman seperti kopi atau teh.

Baca juga: Resep Bikin Pindang Ayam Palembang Enak Guruh Lezat Untuk Buka Puasa

Donat memiliki sejarah panjang dan telah menjadi bagian dari budaya makanan di banyak negara. Donat yang paling terkenal mungkin adalah donat cincin Amerika, yang diperkenalkan oleh Krispy Kreme dan Dunkin’ Donuts. Namun, setiap negara memiliki varian donat sendiri dengan rasa dan bentuk yang khas.

Donat sering kali dianggap sebagai makanan yang menggugah selera dan disukai oleh banyak orang di seluruh dunia.

Baca juga: Begini Resep dan Cara Atasi Nyeri Haid ala dr. Zaidul Akbar

Donat Kentang di Indonesia

Untuk di Indonesia sendiri yang paling popular di masyarakat adalah donat kentang. variasi donat yang menggunakan kentang sebagai salah satu bahan utamanya. Daripada menggunakan tepung terigu sebagai bahan utama, donat kentang menggabungkan kentang yang sudah dihaluskan atau dijadikan puree sebagai pengganti sebagian besar tepung terigu.

Baca juga: Resep Soto Lamongan Koya Asli Jawa Timur Gurih dan Enak

Proses pembuatan donat kentang umumnya mirip dengan pembuatan donat pada umumnya. Kentang yang sudah dikupas, direbus, dan dihaluskan kemudian dicampur dengan bahan-bahan lain seperti tepung terigu, ragi, gula, mentega, telur, dan bahan perasa lainnya. Adonan donat kemudian diuleni hingga elastis dan mengembang. Setelah itu, adonan didiamkan untuk mengembang lebih lanjut sebelum dibentuk menjadi cincin donat dan digoreng atau dipanggang hingga matang.

Donat kentang memiliki tekstur yang lembut dan sedikit berbeda dari donat biasa karena kentang memberikan kelembutan tambahan. Rasanya juga bisa sedikit berbeda karena kehadiran kentang yang memberikan sentuhan unik. Donat kentang biasanya juga diberi hiasan atau taburan seperti gula halus, gula butir, selai, atau cokelat.

Baca juga: Resep dan Cara Membuat Rawon Daging Sapi Khas Jawa Timur

Donat kentang menjadi populer di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat dan Inggris. Penggunaan kentang dalam adonan memberikan variasi rasa dan tekstur yang menarik bagi pecinta donat yang mencari pengalaman baru.

Cara Membuat Donat Kentang Empuk Dan Renyah Anti Gagal

Lalu bagaimana cara membuat Donat donat kentang empuk dan renyah anti gagal mari kita Simak resep dan cara membuatnya selengkapnya dibawah ini:

cara membuat donat empuk dan mengembang sempurna

Total Time Needed :

90

Minutes

Cara Membuat Donat Kentang Empuk Dan Renyah Anti Gagal

cara membuat donat empuk

Bahan Donat Kentang

Untuk membuat donat kentang mengembang dengan sempurna tentu kita harus menggunakan takaran yang pas. selain itu bahan yang berkualitas tentu menentukan rasa dan juga tekstur dari donat itu sendiri. Seperti menggunakan mentega daripada margarin agar tekstur donat kentang lebih lembut.

Baca juga: Kumpulan Resep Membuat Kacang Telur Enak Renyah Pedas dan Gurih

Berikut ini adalah bahan membuat Donat Kentang Empuk Dan Renyah Anti Gagal:
– 210 gram terigu protein tinggi
– 60 gram tepung kentang atau kentang rebus
– 30 gram gula
– 15 gram susu bubuk
– 4 gram ragi
– 1 kuning telur
– 150 gram air dingin
– 30 gram mentega
– 4 gram garam

Baca juga: Resep dan Cara Membuat Bongko Kopyor Untuk Hidangan Tahun Baru 2021

cara membuat donat kentang

Cara atau langkah Membuat Donat Kentang

1. Siapkan wadah untuk mencampur adonan. Masukkan terigu, kentang, susu bubuk, dan gula. Tuang campuran tersebut ke mangkuk mikser. Tambahkan ragi, kuning telur, dan air dingin. Campur adonan sampai kalis menggunakan mikser.

Baca juga: 8 Macam Resep Membuat Kue Nastar Enak Lembut Dan Lumer Dimulut

2. Masukkan mentega dan garam, campur adonan sampai elastis pakai mikser.

3. Ambil adonan donat, letakkan di dalam wadah. Tutup menggunakan serbet bersih. Biarkan adonan mengembang sampai dua kali lipat selama sekitar 40 menit.

4. Ambil adonan, cetak dan bentuk menjadi bulatan donat. Tutup menggunakan serbet bersih, biarkan mengembang kembali.

Baca juga: Aneka Resep dan Cara Membuat Bakwan Renyah dan Tahan Lama

5. Siapkan wajan cekung, tuang minyak goreng kemudian panaskan. Goreng donat sampai kedua sisi kecoklatan, cukup balik sekali tiap sisi. Angkat dan tiriskan. Letakkan donat di atas piring, beri gula halus atau saus coklat sesuai selera.

Terimakasih telah membaca  Cara Membuat Donat Kentang Empuk Dan Renyah Anti Gagal semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Mau Ambil Jurusan Farmasi? Ini Syarat Masuk dan Prospek 5 Tahun Kedepan

5/5 (1 Review)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *