Begini Resep dan Cara Atasi Nyeri Haid ala dr. Zaidul Akbar

Ilustrasi gambar Nyeri Haid
Ilustrasi gambar Nyeri Haid

Begini Resep dan Cara Atasi Nyeri Haid ala dr. Zaidul Akbar ~ Headline.co.id (Kesehatan). Hallo sobat headline.co.id, buat para perempuan tentu pernah merasakan nyeri haid. Nyeri haid tersebut pasti sering di alami oleh setiap wanita hampir setiap bulan. seorang dokter asal HM Medical di Newport Beach, California, Candace Howe mengatakan bahwa nyeri haid dikatakan tidak normal apabila rasa sakitnya cenderung parah sampai mengganggu aktivitas. Nyatanya, sekitar 20 persen wanita mengalami hal ini.

Baca juga: Jokowi Bentuk Tim Khusus Untuk Respons Serangan Hacker Bjorka

Biasanya nyeri haid ini muncul beberapa hari menjelang mau menstruansi hingga menstruasi selesai. Biayanya nyeri tersebut terasa seperti kram perut yang menyebar hingga ke pinggang, punggung, selangkangan, dan vagina. Selain itu biasanya wanita yang mengalami nyeri haid juga tak jarang mengalami beberapa gejala lain, seperti sakit kepala, mual, diare, dan lemas.

Tentunya jika kita mengalami nyeri haid tentu akan menganggu produktivitas kita dalam kehidupan sehari-hari. Dan biasanya nyeri haid ini gejala tersebut bisa muncul sebelum atau ketika menstruasi dimulai. Kondisi di atas bisa bertahan dua hingga empat hari. Namun, untuk kasus yang parah bisa bertahan lebih lama. Yang perlu digaris bawahi, bila perdarahan yang terjadi cukup banyak, maka rasa sakit juga akan makin bertambah.

Baca juga: Peringati Hari Kesehatan Gigi Nasional, PDGI Temanggung Edukasi Sikat Gigi Untuk Ribuan Siswa SD

Penyebab dari nyeri haid sendiri biasanya dipengaruhi oleh perubahan hormon prostaglandin di dalam tubuh wanita.  dilansir headline.co.id dari Verywell Family, prostaglandin adalah hormon yang berfungsi untuk mengatur suhu tubuh, peradangan, pertumbuhan sel, sampai kontraksi otot untuk membantu lapisan rahim meluruh selama haid.

Jika kadar hormor prostaglandin terlalu tinggi kontraksi rahim menjadi lebih intens. Saat aktivitas kontraksi rahim meningkat, oksigen ke bagian otot sekitarnya sementara terputus, lalu muncul nyeri haid.  Biasanya kendala seperti ini sering dialami oleh remaja putri karena memiliki kadar prostaglandin yang lebih tinggi.

Baca juga: Siswa MTsN 1 Pati Berhasil Raih Juara 1 Pencak Silat Tingkat Nasional

Nyeri haid terkadang memang sangat sakit. Namun, semestinya tidak sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika nyeri perut saat haid terasa sangat mengganggu bahkan tak kunjung sembuh setelah diberi obat, kemungkinan kondisi tersebut terkait masalah kesehatan reproduksi tertentu.

Kebanyakan wanita selain merasakan sakit secara fisik juga merasakan dampak pada psikologisnya sehingga sering sekali menjumpai wanita marah, badmood jika sedang haid. Untuk meredakan rasa nyeri saat haid biasanya kita sering sekali mengkonsumsi obat-obatan seperti paracetamol.

Baca juga: Diskominfo Jateng Gelar Pelatihan Bikin Saus Pepaya dan Singkong Keju Untuk Warga Beteng

Selain obat-obatan kimia ada juga cara yang alami yang biaya digunakan untuk menerakan nyeri haid. Cara ini di popularkan oleh dr. Zaidul Akbar seorang dokter, pendakwah Islam, konsultan, dan praktisi pengobatan sunah Indonesia. Ia adalah penggagas Jurus Sehat Rasulullah.

Bagi yang belum tau dr. Zaidul Akbar ini merupakan lulusan fakultas kedokteran Unversitas Diponegoro. Berikut ini adalah cara untuk meredakan nyeri harid dari pakarnya secara alami.

Baca juga: Penghapusan Honorer 2023, Ganjar Dorong Pemerintah Pusat Untuk Kaji Ulang

Bahan :

  • 2 telunjuk kayu manis
  • 1 jahe
  • 300 ml air biasa suhu ruangan
  • Madu secukupnya

Baca juga: Ganjar Kaji Potensi Dana Tak Terduga Untuk Kendalikan Inflasi Akibat Kenaikan BBM

Cara membuat: 

  1. Kupas dan iris tipis jahe
  2. Bersihkan kayu manis lalu rendam kedua bahan tersebut di air semalaman atau selama 6 jam. Boleh simpan di suhu ruangan ataupun di kulkas
  3. Lalu tambahkan madu, aduk dan  diminum.

Demikian lah resep dan cara mengatasi nyeri haid dari dr. Zaidul Akbar yang bisa kamu terapkan dirumah untuk mengatasi nyeri haid. Semoga cara tersebut dapat meredakan nyeri haid dengan izin dari Allah SWT.

Baca juga: Berperan Majukan Masyarakat Desa, Sukoharjo Bentuk Forum Komunikasi BPD

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

User Review