10 Buah untuk Booster Imun yang Bagus Buat Penderita Covid-19

Ilustrasi buah
Ilustrasi buah (Istimewa)

10 Buah untuk Booster Imun yang Bagus Buat Penderita Covid-19 ~ Headline.co.id (Kesehatan). Terkhusus buat para pengidap Covid-19, setelah menjalani masa pengobatan dan memasuki masa pemulihan tubuh, sobat harus selalu memperhatikan asupan makanan untuk tubuh. Seperti mengatur pola makanan sehat, memperbanyak makan sayur yang intinya memiliki sumber gizi sehat.

Baca juga: Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Segera Lapor SPT Tahunan

Selain itu, para penderita Covid-19 juga disarankan banyak makan buah penambah imun. Dengan kondisi imun yang baik, infeksi virus di tubuh pun akan cepat mereda.

Buah-buahan booster imun untuk penderita Covid-19

Mengonsumsi buah dan sayur adalah salah satu langkah penyembuhan alami yang paling efektif dalam meredakan infeksi virus, termasuk virus Covid-19. Untuk pengidap Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri, WHO menyarankan konsumsi sekitar 400 gram atau 5 porsi buah serta sayur per harinya.

Baca juga: Pemkab Lumajang Usulkan Normalisasi Kali Asem ke Dinas PUSDA Jatim

Berikut ini 10 jenis buah yang baik untuk memperkuat sistem imun para pengidap Covid-19:

  1. Jeruk

Salah satu alasan jeruk dikategorikan sebagai buah yang bagus untuk penderita Covid-19 adalah kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Vitamin C bisa meningkatkan kerja sistem imun dengan menambah produksi sel darah putih yang berperan penting dalam proses melawan infeksi.

Baca juga: Pascabanjir Cirebon, Warga Bersama Tim Gabungan Bersihkan Sisa Material Lumpur

  1. Pepaya

Pepaya termasuk buah penambah imun berkat kandung antioksidan yang disebut carotenoid. Saat dikonsumsi, carotenoid akan diubah menjadi vitamin A yang krusial dalam pengaturan sistem imun.

  1. Mangga

Sama halnya buah pepaya, mangga juga memiliki kandungan antioksidan carotenoid. Buah ini pun memiliki berbagai vitamin, termasuk vitamin C yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. Tak heran apabila mangga masuk sebagai salah satu jenis buah-buahan yang bagus untuk penderita Covid-19.

Baca juga: Baznas Depok Buka Rekrutmen Pejuang Cinta, Begini Cara Daftarnya

  1. Semangka

Semangka mengandung antioksidan bernama glutathoine. Glutathoine bisa menguatkan sistem imun sehingga beraksi lebih baik saat melawan infeksi. Antoksidan ini paling banyak terdapat di daging buah yang berada dekat dengan kulitnya.

  1. Kiwi

Selain melancarkan pencernaan dan bagus buat mata, kiwi juga baik untuk meningkatkan sistem imun. Buah kiwi mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Jumlah kandungan vitamin C dalam 1 gelas buah kiwi bahkan sudah mampu mencukupi kebutuhan vitamin C harian.

Baca juga: 13 Personel Damkar Berhasil Padamkan Kebakaran Rumah di Tanah Baru

  1. Strawberry

Strawberry juga merupakan sumber vitamin C alami yang menyehatkan sekaligus menyegarkan. Selain mampu meningkatkan sistem imun, buah ini memiliki kandungan yang tinggi air, sehingga bisa menjaga fungsi kognitif serta mencegah dehidrasi.

  1. Delima

Sejak zaman dahulu, buah delima sering digunakan sebagai salah satu buah untuk mengatasi infeksi. Sementara secara ilmiah, ekstrak buah ini dinilai berpotensi membantu tubuh dalam melawan bakteri dan virus dengan lebih baik. Karena salah satunya, buah delima kaya dengan vitamin C, yang meningkatkan pengeluaran antibodi dan membantu dalam meningkatkan imuniti badan.

Baca juga: Kemenag Integrasikan Sistem Pendaftaran Pesantren

  1. Acai berry

Sering dijadikan sebagai bahan suplemen maupun perawatan kulit, acai berry rupanya masuk dalam buah penambah imun yang baik dikonsumsi oleh pengidap Covid-19. Buah berwarna merah gelap ini mengandung antosianin, yakni antioksidan yang secara umum baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Baca juga: Umur Durian Asal Desa Kaligono Kaligesing Bisa Capai 2 Abad

  1. Blueberry

Blueberry dikenal sebagai salah satu buah yang kaya akan vitamin, termasuk vitamin C yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan kulit dan menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, blueberry juga mengandung antosianin yang prinsipnya sama yakni meningkatkan kerja sistem imun tubuh. Antosianin termasuk flavonoid yang dinilai bisa menurunkan risiko infeksi saluran pernapasan atas.

Baca juga: Satlantas Polres Bener Meriah Gelar Evaluasi Operasi Seulawah 2022

  1. Elderberry

Elderberry adalah buah yang kaya antioksidan dan dinilai bisa menurunkan kadar peradangan di tubuh. Pada beberapa penelitian, buah ini terbukti dapat mencegah infeksi virus flu. Namun masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk memastikannya.

Buah-buahan yang bagus untuk penderita Covid-19 adalah buah penambah imun yang mengandung vitamin C tinggi, antioksidan, dan vitamin A. Komponen tersebut bisa meningkatkan sistem pertahanan tubuh, sehingga lebih kuat dalam menghadapi serangan virus serta mempercepat penyembuhan.

Baca juga: Direvitalisasi, Menag Ingin KUA Tidak Hanya Kantor Urusan Asmara

Untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal, konsumsilah buah-buahan tersebut dalam bentuk segar tanpa tambahan gula ataupun bahan-bahan lain, yang justru bisa memperburuk kesehatan.

Baca juga: Lantik 398 PNS, Gibran Minta Abdi Negara Wajib Miliki Integritas

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.