Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Berita

Doa Ketika ada Angin Kencang, Hujan dan Petir Lengkap Artinya

412
×

Doa Ketika ada Angin Kencang, Hujan dan Petir Lengkap Artinya

Sebarkan artikel ini
Bacaan Doa Ketika Badai Angin dan Hujan
Bacaan Doa Ketika Badai Angin dan Hujan

Doa Ketika ada Angin Kencang, Hujan dan Petir Lengkap Artinya ~ Headline.co.id (Bacaan Doa). Hujan merupakan salah satu anugerah alam yang sering kita saksikan. Rasulullah SAW pernah mengajarkan umat Muslim untuk bersyukur saat hujan turun melalui doa, mengingat hujan adalah salah satu berkah dan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita. Kehadiran hujan bukan hanya sekadar fenomena alam, tetapi juga merupakan momen untuk mengucapkan syukur.

Baca juga: Niat Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu Lengkap Arab Latin dan Artinya

Melalui hujan, segala makhluk di bumi bisa mendapatkan air, yang merupakan sumber kehidupan. Inilah alasan mengapa setiap Muslim patut menyampaikan rasa syukur kepada Sang Pencipta melalui doa saat hujan turun, terutama jika hujan datang dalam intensitas yang sangat lebat disertai angin kencang. Membaca doa hujan lebat adalah sunnah, dengan harapan air yang turun dari langit akan menjadi berkah bagi makhluk hidup.

Saat hujan lebat dan angin kencang datang, banyak dari kita merasa cemas dan khawatir. Hujan deras dan angin kencang dapat menyebabkan ketakutan akan kemungkinan terjadinya bencana alam. Oleh karena itu, berdoa menjadi langkah bijak untuk memohon agar hujan dan angin tersebut tidak menimbulkan bencana.

Baca juga: Bacaan Doa Setelah Sholat Taubat Nasuha Lengkap Arab Latin dan Artinya

Doa yang dibaca ketika angin kencang juga dapat digunakan untuk meminta perlindungan bagi diri dan keluarga dari potensi bencana. Musim hujan sering kali disertai angin kencang dan petir, yang dapat mengakibatkan banjir, tanah longsor, dan kerusakan lainnya. Dalam situasi seperti ini, tindakan antisipasi dan doa kepada Allah SWT sangatlah penting.

Namun, angin tidak selalu membawa bencana. Kadang-kadang, angin juga membawa nikmat dan manfaat, seperti bagi para petani yang berjuang melawan kekeringan selama musim kemarau. Bagi mereka, hujan adalah berkah yang dinantikan dengan penuh rasa syukur. Ini adalah contoh bagaimana setiap pemberian Allah SWT memiliki manfaatnya masing-masing.

Selain berbicara tentang hujan dan angin, kita juga perlu memahami bahwa angin sebenarnya memiliki banyak manfaat dalam kehidupan manusia. Namun, ketika angin berintensitas sangat kencang, hal tersebut dapat menjadi bencana yang menimbulkan kerusakan. Meskipun demikian, kita tidak seharusnya membenci atau memaki angin, sebab angin adalah rahmat dari Allah SWT.

Baca juga: Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Lengkap Arab Latin dan Artinya

Terkait dengan hal ini, terdapat sebuah hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad yang menyatakan, “Janganlah kalian mencaci angin sebab angin bagian dari rahmat Allah” (HR. Ahmad).

Dalam kesimpulan, hujan dan angin adalah dua fenomena alam yang perlu kita syukuri sebagai tanda berkat Allah SWT. Saat hujan turun, marilah kita mengucapkan doa sebagai tanda syukur dan ketika angin kencang datang, mari kita berdoa untuk perlindungan. Sebab, dalam semua anugerah alam tersebut, terkandung rahmat dan hikmah yang perlu kita renungkan dan hargai.

Baca juga: Doa Akhir dan Awal Tahun Hijriyah 1 Muharram Tahun Baru IslamManfaat dan Bacaan Doa Akasyah Lengkap dengan Artinya

Doa Ketika Melihat Awan Mendung yang Tebal dan Kelam

Dikutip dari NU Online, berikut doa Rasulullah ketika melihat awan hitam kelam (mendung tebal). Rasulullah akan bergegas meninggalkan semua pekerjaannya dan langsung membaca doa berikut ini (HR Imam Abu Dawud, Imam Ahmad, dan Imam al-Baihaqi):

وروت عائشة رضي الله عنها أن النبي صلي الله عليه وسلم كان إذا رأي ناشئا في أفق السماء ترك العمل, وإن

كان في الصلاة ثم يقول: ((اللهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا)) فإن أمطرنا قال: (اللهُمَّ صَيِّبًا هَنِيْئًا)

Baca juga: Tata Cara Niat dan Doa Mandi Sebelum Sholat Idul Fitri

Artinya: Diriwayatkan Sayyidah Aisyah RA, sesungguhnya Nabi SAW ketika melihat awan hitam di langit, beliau langsung meninggalkan pekerjaan, meskipun beliau sedang melakukan shalat, kemudian berucap: Allahumma innî a’ûdzu bika min syarrihâ (ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari keburukan awan ini). Dan ketika turun hujan, beliau berucap: Allahumma shayyiban nâfi’an (ya Allah turunkanlah hujan yang membawa manfaat dan kesenangan).

(Imam Abu Bakr al-Thuthusyi al-Andalusi, Al-Du’a al-Ma’tsûr wa Âdâbuhu wa Mâ Yajibu ‘alâ al-Dâ’î Ityâ’nuhu wa Ijtinâbuhu, halaman: 170-171)

Baca juga: Mau Mudik? Ini Bacaan Doa Memohon Keselamatan di Perjalanan Agar Selamat Sampai Tujuan

Doa Ketika Angin Kencang dan Artinya

Salah satu hadist Imam Muslim meriwayatkan bahwa, saat hujan disertai angin kencang Rasulullah SAW membaca sebuah doa sebagaimana berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

Allahumma inni as aluka khoiraha wa khoira ma fiha wa khoira ma ursilat bihi wa a’udzubika min syarriha wa syarri ma fiha wa syarri ma ursilat bihi.

Baca juga: Bacaan Niat, Dzikir dan Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap Arab Latin dan Artinya

Artinya; “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan angin ini dan kebaikan yang ada padanya dan kebaikan yang dibawanya dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan angin ini, keburukan yang ada padanya dan keburukan yang dibawanya.”

Doa Ketika Turun Hujan Lebat dan Artinya

Apa pun yang Allah SWT berikan sudah sepatutnya disyukuri. Hal itu merupakan nikmat yang telah diberikan kepada manusia di bumi. Satu di antara contohnya, saat diberi hujan yang lebat, manusia harus tetap mengucapkan syukur dengan memanjatkan doa-doa. Doa ketika turun hujan yang lebat adalah sebagai berikut:

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma haawalaina wa laa ‘alaina. Allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Baca juga: 1000+ Kumpulan Nama Bayi Perempuan Islami Awalan A-Z dan Artinya

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan.”

Doa saat Hujan Turun Beserta Petir

Saat hujan turun ke bumi disertai petir, hal ini tentu akan membuat suasana mencekam karena sambaran petir tersebut akan membuat ketakutan. Ditambah, akan ada kekhawatiran timbuknya bencana akibat hujan petir ini juga.

Baca juga: Pengertian Sujud Tilawah Tata Cara dan Bacaan Doa Lengkap

Bagi manusia yang beriman dan bertakwa dianjurkan untuk selalu memanjatkan doa ketika turun hujan yang juga disertai dengan petir, dengan doa sebagai berikut:

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

Subhaanalladzii yusabbihur ro’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya: “Mahasuci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbih lah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya.”

Terimakasih telah membaca Doa Ketika ada Angin Kencang, Hujan dan Petir Lengkap Artinya jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Bacaan Doa Ziarah Kubur Sesuai Sunnah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *