Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Religi

Pengertian Sujud Tilawah Tata Cara dan Bacaan Doa Lengkap

3
×

Pengertian Sujud Tilawah Tata Cara dan Bacaan Doa Lengkap

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Sujud Tilawah
Ilustrasi Sujud Tilawah

Pengertian Sujud Tilawah Tata Cara dan Bacaan Doa Lengkap ~ Headline.co.id (Doa Islam). Sobat Headline pasti ada beberapa yang asing dengan apa itu sujud tilawah? Nah buat kalian yang masih awam dan belum tau jangan khawatir karena headline media akan memberikan uraian lengkap tentang sujud tilawah, niat hingga tata cara melakukan sujud tilawah lengkap dibawah ini.

Baca juga: Niat Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu Lengkap Arab Latin dan Artinya

Mengenal Apa Itu Sujud Tilawah? 

Dalam Bahasa arab berasal dari dua kata yakni sujud yang berarti tunduk dan merendahkan diri, serta tilawah yang artinya membaca al quran.  Lalu apa pengertian sujud tilawah sebenarnya? Berdasarkan buku Serba-Serbi Sujud Tilawah oleh Maharati Marfuah, Lc, sujud tilawah adalah sujud yang disebabkan karena membaca ayat Al Quran.

Nah bagi yang belum paham, sujud tilawah merupakan sujud yang dikerjakan Ketika membaca ayat-ayat sajdah di dalam sholat maupun diluar sholat. Tak hanya itu sujud tilawah juga dikenal juga dengan sujud bacaan. 

Baca juga: Teks Bacaan Tahlil NU Lengkap Arab Latin dan Artinya

Dilansir Headline.co.id dari buku buku Step by Step Sukses Membaca Al-Qur’an dengan Tartil yang ditulis oleh Siti Pramitha Retno Wardhani. S.Si, ayat sajdah itu merupakan ayat-ayat tertentu dalam Al Quran yang bila dibaca, maka disunnahkan bagi yang membaca dan mendengarkan untuk melakukan sujud tilawah.

Hadist Tentang Keutamaan Sujud Tilawah

Lalu apa sih keutamaan sujud tilawah? Nah dilansir Headline.co.id dari buku Serba-serbi Sujud Tilawah susunan Maharati Marfuah Lc, keutamaan sujud tilawah adalah dijauhi oleh setan. Hal ini tercantum dalam sebuah hadits yang berbunyi sebagai berikut:

“Jika anak Adam membaca ayat sajadah, lalu dia sujud, maka setan akan menjauhinya sambil menangis. Setan pun akan berkata-kata; “Celaka aku. Anak Adam disuruh sujud, dia pun bersujud, maka baginya surga. Sedangkan aku sendiri diperintahkan untuk sujud, namun aku enggan, sehingga aku pantas mendapatkan neraka,” (HR Muslim).

Baca juga: Bacaan Doa Setelah Sholat Taubat Nasuha Lengkap Arab Latin dan Artinya

Sujud tilawah ini merupakan amalan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Dalil mengenai pengerjaan sujud tilawah terdapat dalam sebuah hadits riwayat Bukhari, Nabi Muhammad bersabda:

“Wahai sekalian manusia. Kita telah melewati ayat sajadah. Barangsiapa bersujud, maka dia mendapatkan pahala. Barangsiapa yang tidak bersujud, dia tidak berdosa.” Kemudian ‘Umar pun tidak bersujud,” (HR Bukhari).

Baca juga: Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Lengkap Arab Latin dan Artinya

Ayat sajdah ini terdapat di beberapa surah dalam Al Quran di antaranya adalah pada salah satu ayat dalam surat Al A’raf, Ar Ra’d, An Nahl, Al Isra’, Maryam, Al Furqan, An Naml, As Sajdah, Fussilat, An Najm, Al Insyiqaq, Al ‘Alaq, serta surat Al Hajj yang memiliki dua ayat sajdah.

Tata Cara Melakukan sujud Tilawah

Lalu bagaimana sih cara melakukan sujud tilawah, dilansir dari berbagai sumber yang dapat dipercaya terdapat dua pilihan melakukan sujud tilawah yakni saat sholat dan diluar sholat, berikut ini adalah tata cara melakukan sujud tilawah:

Tata Cara Sujud Tilawah saat Sholat

Jika kamu dalam kondisi sholat lalu membaca ayat sajdah maka dianjurkan takbir tanpa mengangkat tangan kemudian sujud satu kali. Setelah bangun dari sujud tilawah dilanjurkan dengan berdiri dan Kembali melanjutkan rangkaian sholat hingga tuntas. 

Baca juga: Keajaiban Ayat Seribu Dinar: Rahasia Doa Pendek yang Memimpin Umat Muslim Menuju Rezeki Berlimpah

Namun apabila saat ayat sajdah yang dilantunkan berada di tengah serah, maka terus melanjutnya membaca surahnya hingga tuntas. Apabila saat ayat sajdah yang dilantunkan berada di tengah surah, maka harus melanjutkan bacaan surahnya hingga selesai rukuk.

Sementara ayat sajdah dibaca pada akhir surat, maka setelah bangun dari sujud tilawah Anda berdiri sebentar sambil baca ayat, kemudian lanjut rukuk dan seterusnya.

Tata Cara Sujud Tilawah di Luar Sholat

Berikut tata cara sujud tilawah di luar sholat, misalnya ketika membaca atau mendengar ayat sajdah dan hendak melakukan sujud.

  • Menghadap ke arah kiblat dan membaca takbiratul ihram dengan mengangkat kedua tangan.
  • Bersujud tanpa mengangkat kedua tangan.
  • Bangun dari sujud satu kali, lalu membaca tahiyat dan akhiri dengan salam.

Baca juga: Hukum Mematikan HP Ketika Shalat: Batal atau Tidak ini Penjelasannya?

Doa Sujud Tilawah: Arab, Latin, dan Artinya

Doa yang dibaca ketika sujud tilawah adalah sebagai berikut.

Doa sujud tilawah 1

سَجَدَ وَجْهِي لِلَّذِي خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ، وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ، بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ فَتَبَارَكَ اللهُ أَحْسَنُ الخَالِقِيْنَ

Sajada wajhiya lil ladzī khalaqahū wa shawwarahū wa syaqqa sam’ahū wa basharahū bi haulihī wa quwwatihī fa tabārakallāhu ahsanul khāliqīna.

Artinya: “Diriku bersujud kepada Zat yang menciptakan dan membentuknya, membuka pendengaran dan penglihatannya dengan daya dan kekuatan-Nya. Maha suci Allah, sebaik-baik pencipta,” (Zainuddin Al-Malibari, Fathul Mu’in pada hamisy I’anatut Thalibin, [Beirut, Darul Fikr: 2005 M/1425-1426 H], juz I, halaman 246).

Baca juga: Text Bacaan Sholawat Munfarijah Arab Latin dan Artinya Lengkap Khasiat Keutamaan

Doa sujud tilawah 2

Berikut doa tambahan yang juga dianjurkan untuk dibaca pada sujud tilawah.

اللَّهُمَّ اكْتُبْ لِي بِهَا عِنْدَكَ أَجْرًا، وَاجْعَلْهَا لِي عِنْدَكَ ذُخْرًا، وَضَعْ عَنِّي بِهَا وِزْرًا، وَاقْبَلْهَا مِنِّي، كَمَا قَبِلْتَهَا مِنْ عَبْدِكَ دَاوُدَ

Allāhummaktub lī bihā ‘indaka ajran, waj’alhā lī ‘indaka dzukhran, wa dha’ ‘annī bihā wizran, waqbalhā minnī kamā qabiltahā min ‘abdika dāwūda.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah pahala bagiku di sisi-Mu melalui sujud ini. Jadikan sujud ini sebagai simpananku di sisi-Mu. Lepaskanlah beban dosaku melalui sujud ini. Terimalah sujud dariku ini sebagaimana Kau menerima sujud hamba-Mu, Dawud as,’ (HR Abu At-Tirmidzi),” (Sayyid Bakri, I’anatut Thalibin, [Beirut, Darul Fikr: 2005 M/1425-1426 H], juz I, halaman 246).

Baca juga: Lirik Sholawat Burdah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Niat Sujud Tilawah

Selain bacaan doa sujud tilawah, ada juga niat yang bisa dipanjatkan ketika akan mengerjakannya. Berikut bacaannya seperti dikutip dari buku Pendidikan Agama Islam oleh Rosidin.

Bacaan niat sujud tilawah

Nawaitu sajdata tilawati sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku berniat sujud tilawah, (yang hukumnya) sunnah karena Allah Taala.”

Demikian tata cara dan bacaan doa sujud tilawah dilengkapi Arab, Latin, dan artinya.

Terimakasih telah membaca Pengertian Sujud Tilawah Tata Cara dan Bacaan Doa Lengkap jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Lirik Sholawat Mughrom Lengkap Arab Latin Dan Terjemahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *