Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Ekonomi

Pemprov Sulawesi Barat Menargetkan Pertumbuhan Ekonomi 5,1 Persen pada 2024

8742
×

Pemprov Sulawesi Barat Menargetkan Pertumbuhan Ekonomi 5,1 Persen pada 2024

Sebarkan artikel ini
Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat Muhammad Idris menetapkan target pertumbuhan ekonomi Sulbar hingga 5,1 persen pada 2024
Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat Muhammad Idris menetapkan target pertumbuhan ekonomi Sulbar hingga 5,1 persen pada 2024, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, di Mamuju, Kamis (5/10/2023). ANTARA/M Faisal Hanapi

Headline.co.id (Mamuju, 6 Oktober 2023) ~ Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) telah menetapkan target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,1 persen pada tahun 2024 dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Kronologi Pemerkosaan dan Ancaman Preman Minggir Sleman Perkosa 2 Remaja Dibawah Umur

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulbar, Muhammad Idris, mengungkapkan, “Pada APBD 2024 mendatang, akan dialokasikan untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah agar dapat mencapai target 5,1 persen.” Hal ini disampaikan di Mamuju pada hari Kamis.

Selain menargetkan pertumbuhan ekonomi, Pemprov Sulbar juga berkomitmen untuk mengurangi tingkat kemiskinan hingga mencapai 10,24 persen. Upaya ini sejalan dengan usahanya untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menjadi 69,36 persen, menekan angka pengangguran terbuka hingga 3,04 persen, dan mencapai Indeks Gini Rasio sebesar 0,351.

“Pemprov Sulbar berusaha keras untuk mencapai semua target pembangunan ini dengan fokus pada peningkatan ekonomi yang inklusif dan peningkatan daya saing sumber daya manusia (SDM),” tambah Idris.

Baca juga: Terjerat Kasus Kredit Fiktif Bank Jogja, Kejaksaan Tinggi DIY Tetapkan GM Burza Hotel Sebagai Tersangka

Lebih lanjut, Idris menjelaskan bahwa rencana pembangunan tahun 2024 akan memprioritaskan kebutuhan masyarakat dan proyek-proyek yang dianggap paling penting untuk membangun ekonomi yang efisien dan efektif.

Dalam hal keuangan, Idris mencatat bahwa APBD Sulbar pada tahun 2023 memiliki surplus anggaran sebesar Rp99 miliar, yang akan digunakan untuk pembiayaan daerah, termasuk pembayaran cicilan pokok utang sebesar Rp99 miliar.

Baca juga: Waspada Terhadap Diare dan ISPA Selama Musim Kemarau, Begini Cara Antisipasinya

Pendapatan daerah pada APBD 2023 telah ditargetkan sebesar Rp2,21 triliun, sementara target belanja mencapai Rp2,11 triliun dengan penambahan sekitar Rp36,8 miliar. “Anggaran pembangunan pada tahun 2023 telah digunakan untuk memajukan ekonomi dan meningkatkan SDM,” tambah Idris.

Dengan komitmen dan rencana pembangunan yang kuat, Pemprov Sulawesi Barat berharap dapat mencapai pertumbuhan ekonomi yang signifikan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di daerah tersebut pada tahun 2024.

Baca juga: Sebelum Tewas Usai Dianiaya Anak Anggota DPR RI, Dini Sempat Kirimkan Vouce Note

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *