Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
BeritaDaerah

TPI HEBAT: Kabupaten Kulon Progo Membangun Tempat Pelelangan Ikan Berbasis Wisata

2421
×

TPI HEBAT: Kabupaten Kulon Progo Membangun Tempat Pelelangan Ikan Berbasis Wisata

Sebarkan artikel ini
Nelayan Kulon Progo mengikuti lomba produktivitas nelayan di TPI Pantai Congot
Ilustrasi - Nelayan Kulon Progo mengikuti lomba produktivitas nelayan di TPI Pantai Congot. ANTARA/HO-Humas Pemkab Kulon Progo

TPI HEBAT: Kabupaten Kulon Progo Membangun Tempat Pelelangan Ikan Berbasis Wisata ~ Headline.co.id (Kulon Progo). Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, telah memulai pembangunan Tempat Pelelangan Ikan yang dijuluki “TPI HEBAT” (Tempat Pelelangan Ikan yang higienis, ekonomis, bersih, aman, dan tertib). Proyek ini diharapkan mampu memadukan budaya lokal dan kegiatan ekonomi berbasis perikanan.

Baca juga: Polsek Berbah Berhasil Ringkus Pelaku Pembuangan Bayi Kembar di Kali Buntung

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulon Progo, Trenggono, mengungkapkan bahwa program TPI HEBAT telah dimulai pada tahun ini di Pantai Congot, Jangkaran. Tujuan utama dari TPI HEBAT adalah menciptakan fasilitas multifungsi yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat pelelangan ikan, tetapi juga sebagai tempat pemasaran, pengolahan ikan, kuliner ikan, tempat ibadah, sarana olahraga, dan tempat pertemuan nelayan dalam satu kawasan.

“Kami merencanakan bangunan TPI HEBAT ini dengan desain berbentuk joglo dan limasan yang khas Jawa, serta menggabungkannya dengan konsep wisata. Kami yakin ini dapat mendukung destinasi wisata lokal dan meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung,” ujar Trenggono.

Baca juga: Jadwal Kereta Bandara YIA Terbaru Hari ini 17 September 2023

TPI (Tempat Pelelangan Ikan) memiliki peran penting dalam rantai distribusi ikan. Dengan adanya TPI HEBAT, hasil tangkapan ikan dapat dijual dalam satu lokasi yang sama, memungkinkan penawaran harga yang lebih kompetitif bagi para nelayan.

Meskipun Kabupaten Kulon Progo telah menetapkan empat lokasi TPI, yakni TPI Congot, TPI Karangwuni, TPI Bugel, dan TPI Trisik, namun beberapa TPI yang sudah ada masih dalam kondisi kurang terawat akibat faktor usia dan abrasi pantai.

Baca juga: Jadwal dan Harga Kereta Bandara Yia Xpress Hari ini 17 September 2023

Trenggono menegaskan bahwa pengembangan TPI HEBAT adalah bagian dari program besar Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo yang dikenal sebagai Gerakan Membangun dengan Semangat Gotong Royong (Gerbang Segoro).

Program ini bertujuan utama untuk meningkatkan pendapatan masyarakat nelayan. Selain TPI HEBAT, DKP Kulon Progo juga siap menyediakan fasilitas lain seperti sarana penangkapan ikan, sarana pengawasan sumber daya perikanan, sarana budidaya ikan, dan sarana pengolahan serta pemasaran ikan.

Baca juga: Pria Dianiaya Mantan Pacar Istri, Lima Orang Diamankan oleh Polisi di Bantul

Ketua DPRD Kulon Progo, Akhid Nuryati, memberikan pesan kepada masyarakat nelayan dan kelompok pengolah serta pemasar ikan untuk bersiap dalam pengelolaan TPI HEBAT. Terlebih lagi, karena bangunan ini terletak di lokasi wisata, pengelolaannya juga harus hebat, dengan fokus pada menjaga kebersihan dan tampilan yang menarik.

Akhid Nuryati menekankan bahwa ekonomi harus tetap bergerak, bahkan di tengah kondisi cuaca yang tidak selalu bersahabat, dengan meningkatkan kapasitas nelayan melalui pelatihan keterampilan yang beragam.

Terimakasih telah membaca TPI HEBAT: Kabupaten Kulon Progo Membangun Tempat Pelelangan Ikan Berbasis Wisata jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Polsek Banguntapan Amankan 18 Remaja Siswa SMP Hendak Tawuran dan Bawa Senjata Tajam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *