Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Kesehatan

Cari Obat Diabetes? Sirih Merah Potensial Percepat Penyembuhan Luka Diabetik

163
×

Cari Obat Diabetes? Sirih Merah Potensial Percepat Penyembuhan Luka Diabetik

Sebarkan artikel ini
Khasiat daun sirih merah dan efek sampingnya
Daun Sirih Merah (ist)

Cari Obat Diabetes? Sirih Merah Potensial Percepat Penyembuhan Luka Diabetik ~ Headline.co.id (Kesehatan). Sirih merah telah dilaporkan secara empiris mampu mempercepat penyembuhan luka diabetik. Beberapa studi menunjukkan manfaat tanaman yang memiliki nama ilmiah Piper crocatum Ruiz & Pav (P. crocatum) dalam mengobati berbagai macam penyakit termasuk luka kronik.

Baca juga: Apakah benar ibu menyusui tidak boleh minum obat? Ini penjelasan Dari Ahlinya

Sirih merah dilaporkan dapat menginduksi proliferasi fibroblas. Namun studi lain melaporkan tanaman herbal ini menghambat proliferasi. Oleh karena itu, pemisahan senyawa pada P. crocatum perlu dilakukan untuk mendapatkan efek yang konsisten.

Kondisi tersebut mendorong Mahasiswa Program Doktoral FKKMK UGM, Andina Setyawati, melakukan penelitian untuk mengidentifikasi efek fraksi aktif P. crocatum terhadap aktivitas in vitro pada wounded hyperglycemia fibroblasts (wHFs). Penelitian dilakukan dengan metode in vitro menggunakan fibroblas hiperglikemia (HFs) yang ditumbuhkan dari kultur primer jaringan sirkumsisi pada media basal dengan penambahan 17 mMol/L D-glucose.

Baca juga:  Cari Serum Pencerah Wajah Terbaik? Ini Kisah Ku Menggunakan Serum dan Serum Mask

“Hasilnya sirih merah berpotensi dapat mempercepat penyembuhan luka pada wHFs,” ungkapnya, Rabu (9/3) saat ujian terbuka program doktor secara daring. Ia mempertahankan disertasi berjudul Efek Fraksi Aktif Piper crocatum Ruiz & Pav terhadap Deposisi Kolagen dan Wound Closure melalui Regulasi Ekspresi p53aSMA, SOD1 dan E-cadherin pada Wounded Hyperglycemia Fibroblasts

Dosen Ilmu Keperawatan Universitas Hasanuddin ini menjelaskan sirih merah berpotensi mempercepat penyembuhan luka wHFs terjadi pada konsentrasi paling efektif 7.81 µg/ml. Pada konsentrasi tersebut efektif menyembuhkan luka wFHs dengan meningkatkan deposisi kolagen dan kecepatan wound closure melalui penurunan p53 serta peningkatan αSMA, SOD1, dan E-cadherin. Selain itu, golongan senyawa polifenol glikosid diduga berkontribusi pada mekanisme tersebut.

Baca juga:  Vitamin Vs Suplemen, Ini Perbedaan dan Manfaatnya Yang Perlu Kamu Tahu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kurang Tidur dapat tingkatkan resiko Diabetes
Berita

HeadLine.co.id, (LifeStyle) – Kurang tidur di malam hari ternyata dapat meningkatkan resiko seseorang menderita diabetes. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dikutip dari Times of India. Dalam penelitian tersebut,…