Samsung Galaxy J2 Prime: Review, Spesifikasi, Harga Kelebihan dan Kekurangannya

  • Whatsapp
Samsung J2 Prime
Samsung J2 Prime

Samsung Galaxy J2 Prime: Review, Spesifikasi, Harga Kelebihan dan Kekurangannya ~ Headline.co.id (Smartphone). Samsung Galaxy J2 Prime merupakan ponsel yang telah dirilis oleh Samsung sejak tahun 2016 lalu, sudah cukup lama namun ponsel ini masih menarik para pembeli dari kalangan masyarakat menengah kebawah.

baca juga: Asus Rilis Kartu Grafis AMD Radeon RX 6600 XT, Ini Spesifikasi, Fitur dan Harga Terbarunya

Selain dibandrol dengan harga yang cukup murah, Namun Spesifikasi yang miliki oleh Samsung Galaxy J2 Prime ini tidak murahan melainkan sudah cukup lumayan untuk digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan ditur yang cukup lumayan membuat ponsel Samsung Galaxy J2 Prime ini mendongkrak penjualan dari perusahaan elektronik asal Korea Selatan tersebut.

Desain Samsung Galaxy J2 Prime

Samsung Galaxy J2 Prime ini sengaja didesain oleh Samsung dengan desain yang sederhana namun tetap merasa nyaman untuk digengam dalam keseharian. Salah satu yang membuat Samsung Galaxy J2 Prime ini nyaman untuk digengam adalah karena memiliki dimensi body ponsel yang tipis dengan ketebalan hanya 8.9 mm dan panjang 144.8 mm serta lebar 72.1 mm.

baca juga: Spesifikasi dan Harga Terbaru Redmi 10, Ponsel Pertama Dengan MediaTek Helio G88

Selain bodynya yang tipis, ponsel ini juga memiliki bobot yang cukup ringan yakni hanya seberat 160 gram saja. Namun bagi kamu yang ingin memiliki ponsel ini jangan berharap lebih dengan casing ponsel karena material ponsel ini terbuat dari plastik bukan metal. Meski pun begitu tidak mengurangi kenyamanan dalam pemakaian karena ponsel ini sangat nyaman untuk digengam dan tidak terasa licin.

erdasarkan pantauan Headline.co.id, Samsung Galaxy J2 Prime ini berdedar dipasaran dengan varian warga hitam, silver dan gold.

Sementara bagian layarnya sendiri smartphone Samsung Galaxy J2 Prime ini memiliki layar dengan resolusi 540 x 960 pixel qHD dengan kedalaman warna hingga 16 juta warna. Sementara ukuran layarnya sendiri Samsung J2 Prime ini memiliki layar seluas 5 inchi dengan kerapatan piksel sebesar 220 ppi, seperti yang biasa digunakan pada ponsel kelas menengah pada umumnya.

baca juga: Cari Ponsel Kamera Bagus, Ini Kelebihan Fitur Multi-Style Portrait di Vivo V21

Meski layar Samsung Galaxy J2 Prime ini velym full HD namun sudah memiliki teknologi PLS TFT, yang membuat ponsel pintar ini masih nyaman untuk digunakan untuk menonton video, gambar, maupun dokumen.

Dengan Resolusi tersebut, dapat membuat Samsung Galaxy J2 Prime ini menghasilkan tampilan layar cukup jernih apalagi dengan ukuran layar 5 inci membuat aktivitas multimedia seperti bermain game dan menonton film terasa begitu nyaman.

baca juga: Pamer Ponsel Baru, Ini Fitur Cangih Yang Ada Pada Ponsel Xiaomi Max 4

Performa Samsung Galaxy J2 Prime

Samsung J2 Prime
Samsung J2 Prime

Meski memiliki harga yang murah, Samsung Galaxy J2 Prime ini memiliki performa yang cukup lumayan karena Samsung telah meningkatkan pembaharuan pada perangkat RAM dan chipset yang digunakan pada perangkat ini mampu membuat pengalaman bermain game atau pun membuka konten multimedia cukup terasa mulus dan cepat.

Samsung telah memberikan pembaharuan dengan menyematkan chipset dari Mediatek MT6737T yang beradu dengan prosesor Quad Core berkecepatan 1.4 GHz CortexA53. Semantara RAM dari Samsung Galaxy J2 Prime ini mengalami peningkatan yakni menjadi 1.5 GB yang semakin menunjang aktivitas multitasking berjalan lancar.

baca juga: Respon Usulan PANDI, BSN Dorong Percepatan Perumusan SNI Aksara

Tak hanya itu, Samsung Galaxy J2 Prime ini juga telah dibekali dengan pengolah grafis GPU Mali-T720MP2 yang mana dapat memberikan tampilan cukup jernih. Namun yang masih disayangkan untuk penggunaan sehari-hari adalah pada penyimpanan internal Samsung galaxy J2 Prime karena hanya memiliki penyimbanan internal sebesar 8 GB. Meski pun begitu jika kamu merasa kurang kamu dapat mengkombinasikan dengan penyimpanan memory card dengan kapasitas hingga 256 GB.

seluruh komponen tersebut berjalan pada sebuah platform sistem operasi Android v6.0 Marshmallow. Terakhir adalah baterai, Samsung Galaxy J2 Prime dilengkapi dengan baterai berkapasitas 2600 yang di klaim memiliki daya tahan yang lebih lama. Selain itu di imbangi dengan fitur power saving mode sehingga mampu menghemat daya baterai, karena fitur ini akan me non aktifkan beberapa aplikasi background yang sedang aktif.

Baca juga: Asus VivoBook A516, Laptop Eksklusif untuk Mahasiswa

Kamera Samsung Galaxy J2 Prime

Salah satu yang tak bisa terlewatkan dari sebuah ponsel adalah Kameranya, untuk kameranya sendiri Samsung Galaxy J2 Prime ini dibekali dengan kamera bekalang dengan resolusi 8 MP. Meski memiliki resolusi yang cukup kecil dibandingkan dengan ponsel lainnya pada Galaxy J2 Prime ini sudah dimanjakan dengan hadirnya aperture f/2., Autofocus, dan LED Flash. Tentu saja hal tersebut akan membantu Anda menghasilkan sebuah gambar yang lebih baik dan cukup layak untuk dipamerkan di sosial media.

baca juga: WOW, Xiaomi Siapkan Ponsel Terbarunya dengan Sensor Kamera 200 MP

Samsung Galaxy J2 Prime ini juga menjadi salah satu smartphone yang mendukung berkembangkan trend fotografi smartphone di masyarakat. Awal mula peluncuran smartphone ini menyasar pasar anak muda yang menginginkan ponsel murah dan memiliki kamera yang oke.

Mereka yang ingin tampil memukau di kamera tidak perlu membeli smartphone yang mahal dan justru dapat menjatuhkan pilihannya untuk memiliki Samsung Galaxy J2 Prime.

Samsung J2 Prime
Samsung J2 Prime

Sementara untuk Kamera depannya sendiri, Samsung Galaxy J2 Prime ini mendesain ponsel ini untuk kamu yang suka selfie dan narsis. Meski hanya memiliki kamera dengan resolusi 5 MP ponsel ini dilengkapi dengan LED Flash yang dapat membuat kamu dapat selfie dimana saja meski di tempat yang minim cahaya.

baca juga: Review Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A12 Terbaru 2021

Ditambah lagi Samsung telah menyematkan fitur Quick Launch, fitur ini berguna untuk mempercepat menuju view finder kamera, yakni kurang dari satu detik. Ini akan sangat berguna untuk mereka yang tengah mengejar sebuah momen langka. Dengan fitur Quick Launch Anda dapat dengan mudah menangkap momen-momen penting.

Baterai Samsung Galaxy J2 Prime

Samsung J2 Prime
Samsung J2 Prime

Dibandingkan dengan ponsel senagkatanya, Samsung Galaxy J2 Prime ini cukup percaya diri. Di saat produsen lain meluncurkan ponsel dengan baterai on-removable, Samsung justru meluncurkan J2 Prime ini dengan baterai yang dapat dilepas.

Samsung sepertinya mempertimbangkan segala kemungkinan bagi para penggemarnya. Menerapkan format baterai yang dapat dilepas memiliki keuntungan tersendiri apabila mengalami kerusakan baterai maka penggunanya akan mengantinya dengan mudah.

baca juga: Samsung Galaxy M02: Inilah Review Kelebihan Spesifikasi dan Harga Terbaru

Untuk kapasitasnya sendiri, Samsung Galaxy J2 Prime ini dibekali dengan kapasitas baterai 2600 mAh. Meski tak cukup besar, namun di tahun perilisannya ukuran itu sudah sangat OK. Selain itu, Samsung juga sudah mengantisiasi segala kemungkinan terhadap baterai ini.  Sebagai ganti akan kecilnya kapasitas baterai, perusahaan yang bermarkas di Negeri Ginseng ini sudah dilengkapi oleh mode hemat daya.

Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir mengalami baterai yang ngedrop. Pasalnya, dengan hadirnya mode hemat daya ini akan ada sistem yang mematikan semua aplikasi latar yang berjalan. Efeknya, akan secara drastis menghemat konsumsi pemakaian baterai.

Harga Terbaru Samsung Galaxy J2 Prime

Buat kamu yang berminat untuk memiliki hp Samsung Galaxy J2 Prime ini kamu dapat mendapatkannya dengan harga yang cukup terjangkau yakni kisaran harga Rp 1.800.000. dengan harga yang cukup terjangkau tersebut membuat ponsel ini masih banyak diminati dan diburu oleh masyarakat.

Samsung J2 Prime
Samsung J2 Prime

Kesimpulan

Jika kita melihat semua review lengkap Samsung Galaxy J2 Prime diatas tentunya kita sudah dapat menyimpumpulkan. Tentunya ponsel ini memiliki banyak sekali kekurangan dan kelebihan nah untuk selengkapnya silahkan baca dibawah ini:

Kelebihan Samsung Galaxy J2 Prime

Meski telah dirilis sejak 2016 dan tergolong ponsel lama, untuk kalangan menengah ponsel ini masih cukup lumayan untuk dimiliki salah satunya adalah harganya yang cukup murah. Tak hanya itu kelebihan lain yang ada pada ponsel ini adalah ukuran ponsel yang nyaman digunakan ditambah lagi dengan dengan fitur kamera yang milikinya kamu dapat selfie dengan mudah dan nyaman.

baca juga: Review Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S21 Ultra Terbaru

Kekurangan Samsung Galaxy J2 Prime

Tentunya salah salah satu kekurangan dari ponsel ini adalah pada penyimpanan internalnya karena hanya memiliki penyimpanan 8 GB. Selain itu kamu juga tidak bisa berharap banyak pada fitur keamanan yang ada pada Samsung galaxy J2 Prime ini karena ponsel ini belum support sensor sidik jari.

baca juga: Wow! Ternyata Ini Bocoran Spesifikasi Oppo Reno6, Seperti Apa?

Nah untuk kesimpulan lanjutnya apakah ponsel Samsung Galaxy J2 Prime ini masih layak atau tidak silahkan anda pikirkan sendiri, sebagai pelangkap dan pertimbangannya berikut ini headline.co.id lampirkan Spesifikasi lengkap Samsung Galaxy J2 Prime:

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy J2 Prime

Nama modelSamsung Galaxy J2 Prime
Kode produksiG532M/DS
Segmen pasarMid-Range
DiperkenalkanNovember 2016
Dirilis resmiNovember 2016
JaringanGSM / HSPA / HSDPA/ WCDMA/ LTE (LTE-TDD, LTE-FDD)
Eksternal
Dimensi144.8 x 72.1 x 8.9 mm
Berat160 gram
SIM CardHybrid Dual SIM Card (Nano SIM, dual stand-by)
Layar
JenisPLS TFT LCD (capacitive touchsreen)
Ukuran5.0 inci
Resolusi540 x 960 pixels qHD (~220 ppi density)
Perlindungan
ModelClassic
Internal
Sistem OperasiAndroid 6.0 Marshmallow
User Interface (UI)
ChipsetMediaTek MT6373T (2 nm)
ProsesorQuad-core 1.4 GHz Cortex-A53
Kartu grafisMali-T720MP2
ROM8GB (dapat ditambah sampai dengan 256GB menggunakan microSD)
RAM1,5GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan5MP
FiturLED Flash
Belakang8MP (CMOS)
FiturLED Flash, Auot focus, HD Video
LoudspeakerYa
Port jack 3,5mmYa
Sensor utamaAccelerometer, proximity
Sensor sidik jariTidak
Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n 2.4GHz, Wi-Fi Direct, hotspot
BluetoothBluetooth v4.2, A2DP, LE, AVRCP, DI, HFP, HID, HOGP, HSP, MAP, OPP, PAN, PBAP
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
NFCTidak
GPSGPS Glonass
RadioFM Radio
Baterai
JenisRemovable Lithium Ion
Kapasitas daya2600 mAh
WarnaBlack, Gold, Silver, Pink
HargaRp 1.300.000 (harga di awal perilisan di pasaran Indonesia)

baca juga: Asik, Oppo Siapkan 3 Smartphone Baru Pada Bulan Ramadhan 2021

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *