Berita, Nasional, Pemerintah,

Kebijakan Baru Jokowi: Gratiskan Tarif Listrik 450 VA dan Diskon 50% untuk 900 VA Selama 3 Bulan

Presiden Jokowi memimpin rapat terbatas di Istana Negara, mengambil kebijakan penting untuk bangsa dan negara. (Foto: Setpres)
Presiden Jokowi memimpin rapat terbatas di Istana Negara, mengambil kebijakan penting untuk bangsa dan negara. (Foto: Setpres)

HeadLine.co.id, (Nasional) – Demi membantu perekonomian masyarakat yang terdampak akibat wabah Corona, Presiden Jokowi dan pemerintahannya mengambil kebijakan penting untuk mengatasi hal itu.

Diantaranya adalah menggratiskan listrik selama 3 bulan untuk 24 juta pelanggan rumah tangga yang menggunakan 450 VA. Pelanggan listrik 450 VA merupakan masyarakat miskin yang selama ini masih mendapat subsidi dari pemerintah.

Baca juga: Fokus di PSSI, Iwan Bule Pamit dari Kepolisian

“Perlu saya sampaikan untuk pelanggan listrik 450 VA yang jumlahnya sekitar 24 juta pelanggan akan digratiskan selama 3 bulan ke depan yaitu April, Mei, dan Juni 2020,” ujar Jokowi saat menggelar konfrensi pers, di Istana Bogor Selasa (31/3).

Baca juga: Jokowi Tetapkan Status Darurat Kesehatan Masyarakat

Selain itu, Presiden Jokowi akan memberikan keringanan untuk pelanggan rumah tangga yang memakai 900 VA. Sebanyak tujuh juta pelanggan listrik subsidi 900 VA akan diberikan potongan harga sebesar 50 persen selama tiga bulan.

Baca juga: PT Freeport Indonesia Serahkan Bantuan Untuk Pemprov Papua

“Sedangkan untuk pelanggan 900 PA yang jumlahnya sekitar 7 juta pelanggan akan didiskon 50 persen, artinya bayar separuh saja untuk April, Mei, Juni,” ungkap Jokowi.

Baca juga: Penyemprotan Disinfektan Secara Massal, Polda DIY Kerahkan 10 Unit Water Canon

Selain keringanan pembayaran tarif listrik PLN, Jokowi juga telah mengambil kebijakan penting seperti tambahan bantuan sosial (bansos), mulai dari Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Pra Kerja, hingga Kartu Sembako.

Comments
To Top