Penyemprotan Disinfektan Secara Massal, Polda DIY Kerahkan 10 Unit Water Canon

  • Whatsapp
Polda DIY mengerahkan Water Canon milik Brimob untuk menyemprotkan disinfektan secara massal. (Foto: Headline.co.id)
Polda DIY mengerahkan Water Canon milik Brimob untuk menyemprotkan disinfektan secara massal. (Foto: Headline.co.id)

HeadLine.co.id, (Yogyakarta) – Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar penyemprotan disinfektan secara massal di jalan-jalan utama di DIY, Selasa (31/03/2020). Kegiatan ini dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19).

“Seluruh Kepolisian Negara Republik Indonesia mulai dari jajaran Mabes Polri sampai dengan Polsek hari ini secara serentak melaksanakan penyemprotan disinfektan.” ujar Kabid Humas Polda DIY Yulianto melalui voice note yang diterima Headline.co.id.

Read More

Baca juga: Ratusan ABK dari 3 Kapal Pesiar yang Berada di Italia Akan Dievakuasi Pemerintah

Kegiatan hari ini juga berdasarkan intruksi langsung Kapolri Jendral Idham Azis melalui surat telegram bernomor ST/1008/III/KES.7/2020. Ia mengintruksikan bahwa seluruh polisi melakukan penyemprotan disinfektan secara massal.

Polda DIY sendiri mengerahkan 10 unit mobil Armoured Water Canon (AWC) dengan kapasitas 6.500 Liter dan ada juga 2 mobil double cabin dari Brimob yang telah di modifikasi masing-masing memiliki kapasitas 600 liter.

Baca juga: Satu Pasien Positif Corona di Jombang Kondisinya Membaik dan Bupati Jombang Sumbang Gajinya untuk Penanganan Covid-19

“Direktorat Pol Air juga memodifikasi mobil double cabin dan juga truknya untuk bisa melakukan penyemprotan di jalan-jalan yang sudah ditentukan” lanjutnya.

Selain itu, beberapa Polres juga telah berkoordinasi dengan petugas pemadam kebarakan di masing-masing kabupaten atau kota untuk berpartisipasi secara serentak melakukan penyemprotan disinfektan.

Baca juga: Menghindari Covid 19, Raja Thailand Boyong 20 Selirnya ke Jerman

Adapun jalan-jalan utama yang disemprot oleh mobil AWC milik Brimob meliputi wilayah Polres Kota Yogyakarta dimulai dari Jalan ABA, simpang 4 Gondomanan, Jalan Brigjen Katamso, Pojok Beteng Timur, Terminal Umbulharjo hingga simpang 4 SGM.

Kemudian, mobil AWC Samapta meliputi wilayah Polres Sleman menyisir jalan didepan Polda DIY, simpang 4 UPN, SMK 1 Depok, Jalan Tajem, Babatan, Jalan Pasar Senen, SPBU Mindi hingga keluar di Jalan Besi.

Baca juga: Penting! Himbauan Gubernur DIY Bagi Para Pemudik yang Pulang ke DIY

Selanjutnya AWC Brimob juga menyemprot didaerah Lotter Marta, simpang 3 Maguwoharjo, Jalan Solo, Kalasan, sampai Prambanan.

Dilanjutkan mobil modifikasi dari Direktorat Polisi Air di wilayah Condongcatur, Jalan Gejayan, Demangan, Jalan Laksda Adi Sutjipto, simpang 4 UIN.

Sedangkan mobil double cabin milik Brimob menyemprot di wilayah Pos Polisi Demangan, Jalan Urip Sumohardjo, Galeria, Tugu, Jatikencanan, Demak Ijo masuk ke Jalan Tentara Pelajar, Terminal Jombor, hingga Jalan Magelang.

Baca juga: Putus Rantai Penyebaran Covid-19, Mulai 1 April Ada 54 Perjalanan KA Lewat Daop 5 Purwokerto Yang Dibatalkan

Lalu mobil pemadam kebakaran dan AWC akan beroperasi di wilayah Kabupaten Sleman mulai dari seluruh kantor Kecamatan, Polsek, jalan-jalan utama seperti Jalan Gito-gati, Jalan Monjali, Jalan Damai, Jalan Kaliurang hingga Terminal Condong Catur.

Untuk wilayah Kota Yogyakarta AWC dan mobil pemadam kebakaran dibagi dua yakni mulai dari Jalan Abu Bakar Ali, Jalan Mataram, Stasiun Lempuyangan, Mangkubumi kemudian Jalan Letjen Suprapto, Jl KH Ahmad Dahlan, RS PKU Muhammadiyah dan berakhir di Jalan Bhayangkara Pasar Kembang.

Baca juga: Handuk Legenda Basket Kobe Bryant Berhasil Dilelang Rp 541 Juta

“Kegiatan ini tidak hanya berhenti hari ini saja, tetapi masih akan terus berlangsung dengan waktu yang belum bisa ditentukan.” tandasnya

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *