Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
HukumDaerah

Penipuan Pembatasan Jalan Guncang Restoran di Gunungkidul

5644
×

Penipuan Pembatasan Jalan Guncang Restoran di Gunungkidul

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi gambar penipuan di gunungkidul
Ilustrasi gambar penipuan di gunungkidul

Headline.co.id (Gunungkidul) ~ Sebuah aksi penipuan dengan modus pembatasan jalan tengah marak terjadi di Jalan Jogja-Wonosari, tepatnya di ruas Gading-Siyono, Kapanewon Playen. Restoran dan tempat usaha di sepanjang jalan tersebut menjadi sasaran empuk para penipu yang mengaku berasal dari Kementerian PUPR.

Kisah penipuan ini terungkap setelah salah satu korban, pemilik restoran berinisial W (49), mulai merasa curiga. Pelaku menghubungi W melalui WhatsApp dan berpura-pura berasal dari Kementerian PUPR. Mereka memberikan informasi terkait rencana pembatasan jalan atau median di Jalan Jogja-Wonosari yang memiliki status sebagai Jalan Nasional.

Baca juga: Lirik Sholawat Mughrom Lengkap Arab Latin Dan Terjemahan

Pada awalnya, W mempercayai informasi tersebut dan merespons dengan baik. Pelaku kemudian menawarkan rancangan untuk memotong median jalan guna memudahkan akses menuju restoran. Mereka juga menawarkan pengurusan amdal lalin untuk kelancaran proyek tersebut.

W menceritakan, “Mereka menawarkan untuk dibuat amdal lalin. Dia juga mengirimkan gambar perencanaannya. Secara logika, sebagai pengusaha, kita memang membutuhkan hal tersebut.”

Ketika pelaku menawarkan skema pengurusan amdal, W dipersilakan untuk mengurusnya secara mandiri atau kolektif. W memilih opsi kolektif agar lebih mudah. Namun, pada Senin (4/12/2023), W diminta membayar biaya pengurusan sebesar Rp 1.750.000.

Baca juga: Evakuasi Pendaki Gunung Marapi: 11 Pendaki Tewas, 28 Selamat dalam Operasi Pencarian

Namun, kecurigaan muncul saat pelaku meminta biaya tambahan dengan alasan tiang lampu pada Senin sore. W segera berkomunikasi dengan pihak Pemkab Gunungkidul dan temannya yang bekerja di Kementerian PUPR. Hasilnya, nama yang disebutkan oleh pelaku ternyata tidak terdaftar.

W bukan satu-satunya korban; tempat usaha lain di sekitarnya juga dihubungi dengan modus serupa. Beberapa di antaranya bahkan dijanjikan pertemuan dengan pelaku.

W segera melapor ke Polsek Playen, dan Kapolsek Playen AKP Sigit Teja Sukmana mengkonfirmasi adanya tindakan penipuan tersebut. Pihak kepolisian telah memberikan konsultasi hukum kepada korban, dan W juga menghubungi Pemkab Gunungkidul agar mencegah korban baru.

Baca juga: Kontroversi Hilangnya Baliho PSI di DIY: Politisi Ade Armando Dituding Picu Kemarahan Warga

Sigit menegaskan, “Kami mengimbau agar masyarakat berhati-hati terhadap informasi yang meminta uang atau informasi lainnya. Hubungi nomor aduan atau nomor bhabinkamtibmas untuk mengantisipasi penipuan serupa.”

Aksi penipuan dengan kedok pembatasan jalan ini menjadi peringatan bagi pengusaha dan masyarakat agar lebih waspada terhadap upaya penipuan yang semakin beragam.

Terimakasih telah membaca Penipuan Pembatasan Jalan Guncang Restoran di Gunungkidul semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Pantai Indrayanti Jogja: Pesona Alam yang Memukau di Wisata Gunungkidul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tanah Berlubang di Rongkop Gunungkidul
Daerah

Headline.co.id, Gunungkidul, 24 Januari 2024 – Kecemasan melanda warga Padukuhan Wuni, Kalurahan Melikan, Kapanewon Rongkop, Kabupaten Gunungkidul, setelah dua lubang misterius muncul dari tanah yang tiba-tiba amblas. Badan Penanggulangan Bencana…