Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Wisata & Kuliner

Jogja Cultural Wellness Festival (JCWF): Merayakan Kesehatan dan Kulturalitas di Bumi Jogja

3218
×

Jogja Cultural Wellness Festival (JCWF): Merayakan Kesehatan dan Kulturalitas di Bumi Jogja

Sebarkan artikel ini
Gelaran Yoga sebagai puncak acara JCWF 2023 di Candi Prambanan
Gelaran Yoga sebagai puncak acara JCWF 2023 di Candi Prambanan, Minggu (26/11 - 2023). Ist

Headline.co.id (Jogja) ~ Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) mengguncang dunia pariwisata dengan mencanangkan Jogja Cultural Wellness Festival (JCWF) yang akan digelar setiap bulan November. Festival ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan selama musim liburan, tetapi juga sebagai upaya untuk mengenalkan potensi wisata kesehatan yang unik di DIY.

Baca juga: Jerman U-17 Menjadi Juara Piala Dunia U-17 setelah Menang Dramatis atas Prancis di Final

Ketua JCWF, GKR Bendara, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan tahun pertama yang digelar di DIY, menjadikan Jogja sebagai destinasi wellness setelah Bali dan Solo. Keunikan wellness di Jogja terletak pada basis kulturalnya, yang akan terus diangkat untuk menarik perhatian wisatawan.

“Rencana setiap bulan November, JCWF akan digelar sehingga ke depannya, wisatawan akan bersiap untuk berkunjung ke Jogja. Banyak komunitas yang akan bergabung untuk terus mengembangkan wellness di Jogja,” ujarnya usai mengikuti acara Yoga bersama Anjasmara di Candi Prambanan pada Minggu (26/11/2023).

Kegiatan wellness bulan November ini dimulai sejak 11 November lalu, mencapai puncaknya di Candi Prambanan pada 26 November 2023 dengan agenda Yoga bersama Anjasmara dan wellness bazaar. Salah satu hal unik adalah pengunjung dapat masuk ke lokasi dengan cara menukarkan 7 botol bekas air mineral sebagai tiket masuk.

Baca juga: Tempat Wisata Blue Lagoon Jogja Alamat Lokasi Harga Tiket Masuk

“Begitu botol mineral ditimbang, hasilnya akan digunakan untuk membeli tanaman pohon yang akan ditanam di sekitar Candi Prambanan. Ekosistem semacam ini diharapkan dapat terus tumbuh di Jogja,” ungkap Bendara, yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) DIY.

Pada acara puncak JCWF dengan wellness Yoga, Bendara melaporkan bahwa acara diikuti oleh 400 orang dan diharapkan akan terus berkembang tahun depan. Selain Yoga, wisatawan dapat menikmati berbagai kegiatan wellness lainnya seperti mocopatan, meditasi, yoga angguk, minum jamu, pembacaan wuku ditenani ramuan jamu, mandi rempah, dan banyak lagi.

“Komunitas wellness ini mengadakan even reguler setiap tahunnya, diharapkan dapat bekerja sama untuk meningkatkan wellness tourisme di Jogja. Paket-paket wisata kesehatan di Jogja dapat ditemukan di website resmi JCWF,” tambah Bendara.

Baca juga: Mengungkap Keindahan Tersembunyi Curug Surodipo di Temanggung, Jawa Tengah

Sementara itu, Instruktur Yoga Anjasmara menyambut antusiasme pelaksanaan Yoga di JCWF. Meskipun wellness seringkali diadakan di Bali, Jogja memiliki banyak potensi untuk menyelenggarakan kegiatan serupa.

“Tahun ini baru awal, masih dalam fase pembelajaran, sehingga tahun depan diharapkan dapat menjadi lebih besar lagi,” katanya.

Baca juga: Menanti Tanda Tangan Gubernur, Sumbu Filosofi Siap Jadi Warisan Dunia

Anjasmara menjelaskan bahwa Yoga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup, menyatukan tubuh, pikiran, dan jiwa. Lokasi wisata di Jogja dinilainya sangat cocok untuk acara Yoga karena memiliki energi yang baik. Pada tahun ini, spot Yoga di JCWF dianggap sebagai yang terbaik.

“Masyarakat saat ini semakin sadar akan pentingnya memiliki tubuh dan pikiran yang sehat, sehingga partisipasi dalam kegiatan Yoga setiap tahun terus meningkat. Saya sangat senang,” tutupnya.

Terimakasih telah membaca Jogja Cultural Wellness Festival (JCWF): Merayakan Kesehatan dan Kulturalitas di Bumi Jogja semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Cari Travel Semarang Jogja? Ini Harga, Jadwal dan Lama Perjalanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *