Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Lifestyle

Pilih Menabung Atau Kredit? Ini Tips Membeli Mobil Meskipun Gaji Pas-Pasan

26429
×

Pilih Menabung Atau Kredit? Ini Tips Membeli Mobil Meskipun Gaji Pas-Pasan

Sebarkan artikel ini
Apa saja yang harus diperhatikan dalam membeli mobil
Apa saja yang harus diperhatikan dalam membeli mobil

Pilih Menabung Atau Kredit? Ini Tips Membeli Mobil Meskipun Gaji Pas-Pasan ~  Headline.co.id (Lifestyle). Tidak memiliki gaji besar bukan berarti impian memiliki mobil harus pupus. Bagi banyak orang, memiliki kendaraan pribadi menjadi kebutuhan yang tak terhindarkan. Namun, bagaimana caranya jika gaji bulanan tergolong pas-pasan? Artikel ini akan membahas cara menabung atau kredit untuk membeli mobil meski dengan gaji yang terbatas.

Baca juga: Kumpulan Contoh Ceramah Singkat Menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW

Pembeli mobil dihadapkan pada berbagai pertimbangan ketika mereka memasuki dunia kepemilikan kendaraan. Selain menentukan merek dan model yang sesuai dengan kebutuhan, pertanyaan seputar pendanaan juga turut mengemuka. Bagaimana cara terbaik untuk mendanai pembelian mobil baru? Apalah memilih untuk menabung atau kredit mobil.

Pilihan antara menabung dan mengambil kredit untuk membeli barang atau mencapai tujuan keuangan merupakan pertimbangan yang penting dalam pengelolaan keuangan pribadi. Salah satu keuntungan utama menabung adalah Anda tidak berutang kepada siapa pun. Anda menggunakan uang Anda sendiri untuk mencapai tujuan finansial. Namun dengan mengambil kredit memungkinkan Anda untuk mendapatkan barang atau mencapai tujuan secara cepat tanpa harus menunggu menabung selama bertahun-tahun.

Baca juga: Guru Besar Soroti Peran Krusial Apoteker Dalam Program Rujuk Balik Peserta JKN

namun, kebanyakan orang memilih kombinasi dari keduanya. Mereka menabung untuk memiliki cadangan darurat atau untuk memberikan uang muka yang lebih besar ketika mengambil kredit. Keputusan antara menabung dan mengambil kredit sangat tergantung pada situasi pribadi Anda, prioritas keuangan, dan tujuan jangka panjang Anda. Selalu penting untuk membuat rencana keuangan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Nah membahas keduanya berikut ini Headline.co.id telah membuatkan liputan lengkapnya untuk anda baik menabung atau memilih untuk kredit kendaraan.

Baca juga: 28 September Diperingati Hari Kereta Api Nasional, Begini Perjalanan Sejarahnya

Berikut ini adalah 10 Cara Menabung untuk Membeli Mobil Meski Gaji Pas-pasan yang bisa kamu praktikan dalam kehidupan sehari-hari.

10  Cara Menabung untuk Membeli Mobil Meski Gaji Pas-pasan

1. Buat Target Tabungan untuk Mobil Impian

Langkah pertama yang harus diambil adalah menetapkan tujuan atau target. Dalam hal ini, targetnya adalah membeli mobil secara tunai. Gunakan hal ini sebagai motivasi utama untuk giat dalam menyisihkan uang. Pastikan kamu memiliki komitmen kuat dan fokus pada tujuan tersebut. Buat target tabungan yang jelas dengan estimasi waktu untuk mencapainya.

Baca juga: Jawa Tengah Catat Surplus Ekspor di Tengah Peningkatan Aktivitas Perdagangan

2. Kurangi Pengeluaran Konsumsi dan Belanja

Untuk mencapai tujuan menabung beli mobil, kamu harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Hindari pengeluaran yang tidak perlu dan konsumtif. Catat pengeluaran harian dan identifikasi area-area di mana kamu bisa mengurangi pengeluaran. Mulai dari jajan-jajan kecil hingga kebiasaan-kebiasaan boros, semuanya harus diperhitungkan dan dikurangi.

3. Langsung Tabung Uang Saat Gajian

Saat menerima gaji bulanan, sisihkan sebagian dari jumlah tersebut langsung untuk ditabung. Gunakan fitur autodebet agar uang tersebut masuk ke rekening tabungan khusus untuk mobil. Pastikan besaran tabungan sesuai dengan pendapatan dan tidak mengorbankan kebutuhan lain yang penting.

Baca juga: Hukum Mematikan HP Ketika Shalat: Batal atau Tidak ini Penjelasannya?

4. Buat Anggaran Pengeluaran Bulanan

Membuat anggaran pengeluaran bulanan membantu dalam mengontrol keuangan. Identifikasi kebutuhan utama seperti makan, tagihan, dan pendidikan, lalu alokasikan sisa anggaran untuk tabungan mobil. Kurangi pengeluaran yang tidak penting dan fokus pada kebutuhan yang mendukung tujuan.

5. Catat dan Pantau Pemasukan dan Pengeluaran

Mencatat semua pemasukan dan pengeluaran setiap bulan membantu memantau keuangan dengan lebih baik. Pastikan anggaran beli mobil tidak terganggu oleh pengeluaran yang tak terduga. Hindari pengeluaran impulsif dan periksa catatan keuangan secara berkala.

Baca juga: Persiapan Pilkades Serentak di Lumajang, Jawa Timur: Kondusif dan Siap Dilaksanakan

6. Buat Rekening Khusus untuk Tabungan

Pisahkan rekening tabungan mobil dengan rekening biasa. Ini membantu memastikan bahwa uang tabungan tidak tercampur dengan uang pengeluaran sehari-hari. Pilih rekening khusus atau portofolio investasi untuk tabungan tersebut.

7. Cari Pemasukan Tambahan

Selain dari gaji bulanan, mencari sumber pemasukan tambahan dapat membantu mencapai tujuan lebih cepat. Berjualan, menjadi ojek online, atau menawarkan jasa freelance adalah beberapa cara untuk mendapatkan pendapatan tambahan.

Baca juga: Presiden Jokowi Ajak Dai Desa Madani Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) Jaga Persatuan Menuju Pemilu 2024

8. Simpan Bonus THR dan Bonus Tahunan

Jika mendapatkan bonus seperti Tunjangan Hari Raya (THR) atau bonus tahunan, sisihkan sebagian atau seluruhnya ke dalam tabungan mobil. Ini akan memberikan tambahan dana yang signifikan untuk mencapai tujuan lebih cepat.

9. Jaga Dana Darurat dan Asuransi

Saat menabung, pastikan kamu juga menjaga dana darurat dan asuransi. Jangan mengorbankan keamanan finansial untuk mencapai tujuan membeli mobil. Dana darurat dan asuransi adalah prioritas yang harus tetap dipertahankan.

Meskipun menabung untuk membeli mobil secara tunai bisa memakan waktu, dengan komitmen dan disiplin, impian tersebut bisa terwujud. Berbagai upaya untuk mengontrol pengeluaran, mencari pendapatan tambahan, dan menyisihkan sebagian gaji akan membantu mencapai tujuan membeli mobil, bahkan jika gaji terbatas.

Baca juga: Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep Bertemu Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo di iNews Tower

5 Tips Sebelum Kredit Kendaraan

Namun buat kamu yang menginginkan untuk membeli mobil dengan kredit jangan khawatir karena headline.co.id telah menyiapkan artikel tentang 5 Hal Penting yang harus kamu perhatikan sebelum kredit kendaraan hal tersebut dikarenakan banyak hal salah satunya adalah Pasar pinjaman otomotif menawarkan beragam pilihan, namun untuk mengambil keputusan yang bijak, perlu mempertimbangkan beberapa faktor penting.

Baca juga: Saksi dalam Kasus Korupsi BTS 4G: Irwan Hermawan Akui Alami Ancaman

Memilih Jangka Waktu Pinjaman yang Tepat

Salah satu pertimbangan utama adalah jangka waktu pinjaman. Pinjaman otomotif umumnya ditawarkan dalam berbagai jangka waktu pembayaran, mulai dari beberapa hingga beberapa tahun. Ini memberikan fleksibilitas keuangan bagi beragam kebutuhan anggaran.

Sebelum memutuskan opsi pembiayaan, calon pembeli harus mengevaluasi total biaya kepemilikan kendaraan, termasuk biaya operasional dan alternatif pembayaran. Dengan pemahaman menyeluruh tentang biaya operasional dan total biaya pembiayaan, pembeli dapat memilih antara berbagai opsi pembiayaan yang biasanya tersedia, seperti pinjaman 3, 4, 5, 6, atau 7 tahun yang ditawarkan oleh dealer mobil.

Baca juga: Sambut Baik Tawaran PDIP Untuk PSI, Kaesang Beri Syarat Harus Dipenuhi

Membeli Mobil: Tidak Sekadar Biaya Awal

Pembelian mobil baru bisa menjadi investasi yang besar, dan hanya sedikit orang yang memiliki cukup dana tunai untuk membayar seluruh biaya pembelian. Untuk sebagian besar dari kita, pendanaan tambahan diperlukan. Terdapat beberapa faktor penting yang harus diperhatikan saat membiayai pembelian mobil:

1. Uang Muka dan Tukar Tambah

Uang muka atau tukar tambah kendaraan memiliki dampak langsung pada persyaratan pinjaman mobil. Semakin besar uang muka atau tukar tambah, semakin sedikit biaya yang harus Anda keluarkan. Idealnya, uang muka sebaiknya antara 10% hingga 20% dari total biaya kendaraan baru. Sementara beberapa dealer mobil menawarkan pembiayaan tanpa uang muka, ini biasanya akan meningkatkan jangka waktu pinjaman dan tingkat bunga.

Baca juga: Review Kelebihan dan Kekurangan Infinix Infinix GT 10 Pro Ponsel Gaming Terjangkau dengan Kinerja Premium

2. Suku Bunga dan Skor Kredit

Suku bunga biasanya ditentukan oleh skor kredit pembeli. Semakin baik skor kredit Anda, semakin besar kemungkinan Anda mendapatkan suku bunga yang lebih baik. Tingkat bunga ini adalah faktor terpenting dalam menentukan berapa banyak Anda akan membayar melebihi harga kendaraan selama masa pinjaman Anda. Suku bunga rata-rata untuk pinjaman mobil baru berkisar antara 3,5% hingga 4,8% tergantung pada nilai kredit pemohon.

3. Ketentuan Pinjaman

Jangka waktu pinjaman juga perlu diperhatikan. Persyaratan standar untuk pinjaman mobil umumnya mencakup pembayaran bulanan selama 3 hingga 5 tahun. Semakin panjang jangka waktu pinjaman, semakin rendah pembayaran bulanan. Namun, dengan pinjaman yang lebih lama, Anda akan membayar lebih banyak bunga secara keseluruhan.

Baca juga: Apakah Pembuat Stiker Wajah di WA Bisa Terjerat UU ITE? Ini Penjelasan

Biaya Sebenarnya Mengemudi

Biaya kepemilikan kendaraan tidak hanya terbatas pada harga pembelian dan bunga yang harus Anda bayar. Perawatan, perbaikan, asuransi, dan biaya lainnya juga mempengaruhi total biaya kepemilikan kendaraan.

Penting untuk memberikan ruang dalam anggaran Anda untuk biaya yang tidak terduga. Jika seluruh pendapatan Anda digunakan untuk pembayaran bulanan, Anda mungkin akan kesulitan mengatasi biaya perbaikan yang mendesak.

Baca juga: Tragedi Misterius: Wanita Muda Ditemukan Meninggal di Kosnya di Depok, Sleman

Asuransi dan Biaya Tambahan

Biaya asuransi juga memainkan peran penting dalam total biaya kepemilikan kendaraan. Pembeli bijak akan mengevaluasi biaya asuransi sebelum mengambil keputusan tentang pembiayaan kendaraan. Selain itu, biaya tetap seperti pajak penjualan dan registrasi kendaraan perlu dipertimbangkan saat membuat anggaran.

Menilai Kalkulator Pembayaran

Untuk membantu Anda menentukan pilihan pembiayaan yang tepat, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

  • Hitung Uang Muka: Selalu pertimbangkan uang muka yang dapat Anda bayarkan. Semakin besar uang muka, semakin rendah pembayaran bulanan.
  • Periksa Skor Kredit: Pastikan skor kredit Anda dalam kondisi baik untuk mendapatkan suku bunga yang lebih rendah.
  • Tentukan Jangka Waktu: Pilih jangka waktu pinjaman yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda.
  • Hitung Biaya Asuransi: Periksa biaya asuransi kendaraan untuk memastikan sesuai dengan anggaran Anda.
  • Periksa Biaya Tetap: Jangan lupakan biaya tetap seperti pajak penjualan dan registrasi kendaraan.

Baca juga: Tak Terima Nilai PTS Jelek, Guru di MA Yasua Pilangwetan Demak Di Bacok Oleh Siswa

Buat kalian yang binggung untuk menghitung kamu bisa memanfaatkan berbagai macam kalkulator yang dapat digunakan untuk mempermudah perhitungan biaya yang harus kamu bayarkan setiap bulannya untuk membayar kredit kendaraan.

Kakulator menghitung pinjaman kendaraan gratis
Kakulator menghitung pinjaman kendaraan gratis by calculator.me

Salah satu situs yang berhasil headline.co.id temukan adalah calculator.me. dalam situs tersebut terdapat kalkulator pinjaman otomatis (Auto Loan Calculator). Dalam situs tersebut kamu bisa menghitung skema pinjaman mobil anda. Dalam situs tersebut cukup lengkap kamu bisa menyesuaikan tingkat suku bunga (APR) hingga jangka waktu pinjaman tersebut berapa tahun.

Di situs tersebut kamu juga bisa menambahkan nilai tukar tambah bila kamu menjual kendaraan lama dengan untuk kendaraan baru. Namun meskipun dalam situs tersebut memiliki mata uang dolar kamu tidak perlu khawatir kamu tinggal memasukan dalam jumlah rupiah dan cukup abaikan mata uangnya karena nilai perhitungannya akan sama.

Baca juga: Kumpulkan Bukti CCTV, Polresta Sleman Selidiki Kasus Pemukulan Media Officer Madura United

Kalkulator tersebut dapat membantu Anda menentukan opsi pembiayaan yang cocok dengan keuangan Anda. Dengan perencanaan yang baik, Anda dapat membuat keputusan yang bijak saat membeli mobil baru, yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda. Ingatlah bahwa memahami biaya sebenarnya dari kepemilikan kendaraan adalah langkah penting untuk menghindari kejutan finansial di masa mendatang.

Terimakasih telah membaca Pilih Menabung Atau Kredit? Ini Tips Membeli Mobil Meskipun Gaji Pas-Pasan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Timnas Indonesia U24 Lolos Dramatis ke Babak 16 Besar Asian Games

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *