Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
BeritaDaerahHukum

Polisi Ungkap Kronologi, Modus Hingga Penangkapan Pelaku Pembuangan Bayi Kembar di Jogja

8778
×

Polisi Ungkap Kronologi, Modus Hingga Penangkapan Pelaku Pembuangan Bayi Kembar di Jogja

Sebarkan artikel ini
Polisi menunjukan Barang Bukti Pelaku Pembuangan Bayi Perempuan Kembar di Jogja
Polisi menunjukan Barang Bukti Pelaku Pembuangan Bayi Perempuan Kembar di Jogja

Polisi Ungkap Kronologi, Modus Hingga Penangkapan Pelaku Pembuangan Bayi Perempuan Kembar di Jogja ~ Headline.co.id (Sleman, Yogyakarta). Kasus penemuan mayat bayi menggemparkan warga Sleman, Yogyakarta. Kejadian tragis ini terungkap pada hari Kamis, 14 September 2023, sekitar pukul 10.30 WIB di Sungai Buntu, Krasaan, Jogotirto Berbah, Sleman. Dua bayi perempuan yang masih berusia kurang lebih 1 hari ditemukan dalam kondisi yang mengerikan.

Baca juga: Pria Dianiaya Mantan Pacar Istri, Lima Orang Diamankan oleh Polisi di Bantul

Kronologi Kejadian Penemuan Bayi Kembar

Awalnya, seorang warga yang tengah memancing di sekitar Sungai Buntu membuat penemuan yang mengguncang hati siapa pun. Dua mayat bayi perempuan dengan ari-arinya yang masih mengambang ditemukan di lokasi kejadian. Warga yang menemukan bayi-bayi tersebut segera memberitahukan temuannya kepada pihak berwenang.

Baca juga: Polsek Berbah Berhasil Ringkus Pelaku Pembuangan Bayi Kembar di Kali Buntung

Pihak Polsek Berbah segera merespons laporan tersebut. Kepala Polsek Berbah, Kompol PARLISKA FEBRIHANOTO, ST, bersama dengan tim forensik dari Polresta Sleman dan relawan segera tiba di TKP. Dua mayat bayi tersebut kemudian dibawa ke rumah sakit Bhayangkara untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Setelah mendatangi TKP, petugas Polsek Berbah melakukan pemeriksaan saksi-saksi dan mengawali penyelidikan dengan pengecekan ke berbagai rumah sakit di sekitar wilayah Berbah dan sekitarnya.

Baca juga: Nelayan Berhasil Selamatkan Remaja Asal Sukoharjo yang Terseret Ombak di Pantai Sedahan

Penemuan Kunci

Perkembangan terbaru dalam kasus ini terjadi pada Jumat, 15 September 2023, sekitar pukul 13.00 WIB. Petugas menerima informasi bahwa seorang perempuan mengunjungi sebuah klinik bersalin di Maguwoharjo dengan kondisi pendarahan hebat setelah melahirkan, tetapi tanpa bayi. Perempuan tersebut kemudian diidentifikasi sebagai Sdri. E.W (19) dan tinggal di sebuah indekos di Depok, Sleman.

Baca juga: Ternyata Pelaku Pembuangan Bayi Perempuan Kembar di Kali Buntung Berbah adalah Mahasiswa

Tim Polsek Berbah segera mengamankan Sdri. E.W (19) di kosnya di Depok, Sleman, pada Sabtu (16/9) malam dalam kondisi lemah. Dari keterangannya, mereka berhasil menemukan pacarnya, Tsk S.W, yang tinggal di Piyungan, Bantul. Kedua pelaku saat ini dalam proses hukum yang lebih lanjut, dengan Sdri. E.W menjalani perawatan medis di rumah sakit Bhayangkara.

Modus dan Motif Pelaku

Dalam penyelidikan, diketahui bahwa pelaku, S.W, panik dan bingung dengan situasinya. Awalnya, ia berencana untuk mengubur bayi-bayi tersebut di halaman rumahnya, tetapi kemudian mengubah pikirannya untuk menghilangkan jejak dengan membuang mayat bayi ke sungai.

Baca juga: Skandal Suap Proyek Jalur Kereta Api Menyeret Anggota DPR dan Pejabat BPK

Motif utama pelaku adalah ketakutan ketahuan orang tua dan malu karena hamil diluar nikah. Keputusannya yang tragis ini mengundang perasaan simpati dan kemarahan dari masyarakat luas.

Proses Hukum

Petugas Unit Reskrim Polsek Berbah berhasil menangkap pelaku SW pada minggu dinihari, sekitar pukul 01.00 WIB. Saat ini, pelaku ditahan di Rutan Polsek Berbah. Pelaku dihadapkan pada Pasal 80 Ayat (3) UU RI Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Uu Nomor 23 Tahun 2022 Tentang Perlindungan Anak Dan/Atau Pasal 306 Ayat (2) KUHP, dengan ancaman hukuman penjara paling lama 10 tahun.

Baca juga: Investigasi Komnas HAM di Pulau Rempang Temukan Selongsor Peluru Gas Air Mata di Atap Sekolah

Barang Bukti

Atas kejadian tersebut polisi berhasil mengamankan barang bukti yang sepotong baju atasan perempuan berwarna pink yang ditemukan di tempat kejadian, serta ponsel ASUS warna hitam yang dimiliki pelaku.

Terimakasih telah membaca Polisi Ungkap Kronologi, Modus Hingga Penangkapan Pelaku Pembuangan Bayi Kembar di Jogja jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Di Tetapkan Sebagai Tersangka, Ayah dari Bayi Kembar Yang di Temukan di Kali Buntung Terancam 10 Tahun Penjara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *