Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Wisata Kuliner

Komunitas Indonesian Food Blogger (IDFB): Menyatu, Berbagi, dan Merayakan Kuliner Indonesia di Seluruh Dunia

5558
×

Komunitas Indonesian Food Blogger (IDFB): Menyatu, Berbagi, dan Merayakan Kuliner Indonesia di Seluruh Dunia

Sebarkan artikel ini
Komunitas Indonesian Food Blogger
Komunitas Indonesian Food Blogger

Komunitas Indonesian Food Blogger (IDFB): Menyatu, Berbagi, dan Merayakan Kuliner Indonesia di Seluruh Dunia ~ Headline.co.id (Kuliner). Dalam sebuah upaya untuk menyatukan para food blogger Indonesia yang tersebar di seluruh penjuru dunia, kelompok food blogger terkemuka termasuk Andrie Anne, Ellen Antheunis, Elsye Suranto, Freeyanti Inev, dan Pepy Nasution, dengan tekad yang kuat mendirikan komunitas Indonesian Food Blogger (IDFB) pada bulan Juli 2011.

Baca juga: Cari Sarapan Pagi di Jogja? Ini Rekomendasi Makanan Enak yang Wajib Kamu Coba

Pada era ketika Facebook tengah menjadi platform yang sangat populer, IDFB memanfaatkan kesempatan ini sebagai wadah untuk menghubungkan para blogger ini. Tidak lama kemudian, Tika Hapsari Nilmada dan Wulan Sucipto juga bergabung dalam komunitas ini sebagai administrator.

Pada bulan Agustus 2014, diluncurkan situs web resmi komunitas ini, indonesianfoodblogger.com, yang menegaskan posisi komunitas yang semakin berkembang dengan anggota mencapai 13.880 orang dan terus bertambah setiap harinya.

Baca juga: Mau Backpacker ke Jogja? Ini Tips Liburan Murah dari Jakarta Menggunakan Travel

Salah satu aspek yang menarik dari IDFB adalah tujuan bijaknya untuk merayakan kekayaan kuliner Indonesia dalam bentuk cerita, resep, dan foto-foto modern. Meskipun banyak anggota komunitas tersebut tinggal di luar negeri, mereka secara aktif berkontribusi untuk menyebarkan warisan kuliner Indonesia kepada kalangan muda di dalam dan luar negeri. Dengan cara ini, IDFB berperan sebagai jendela dunia bagi netizen asing yang ingin memahami lebih dalam tentang kuliner Indonesia.

Food Blogger Indonesia
Food Blogger Indonesia

Untuk meningkatkan keterlibatan dan interaksi antara anggota, IDFB secara berkala mengadakan “Regular Challenge” setiap 2 bulan. Pada tantangan ini, para anggota diharuskan untuk mengolah masakan khas Indonesia dan berbagi resepnya melalui blog, lengkap dengan foto-foto yang menarik. Pemenang-pemenang tantangan sebelumnya telah mendapatkan berbagai hadiah menarik seperti voucher belanja, akomodasi di hotel, serta peralatan masak berkualitas.

Baca juga: Cara Membuat Donat Kentang Empuk Dan Renyah Anti Gagal

Selain itu, komunitas ini juga mengadakan berbagai program menarik seperti kompetisi blog, program ulasan restoran, kompetisi foto, workshop, perjalanan kuliner, dan sejumlah acara lainnya. Pada periode Juni hingga Agustus 2015, IDFB menjalin kemitraan dengan Toyota Family Challenge dan berhasil memilih 8 pemenang dari sekitar 250 peserta, termasuk mereka yang bukan blogger. Para pemenang ini berkesempatan untuk menikmati hadiah utama berupa perjalanan ke Disneyland Hong Kong.

Semangat kolaborasi dan berbagi dalam komunitas IDFB tidak hanya terbatas dalam dunia maya. Para IDFBers, sebutan akrab bagi anggota komunitas, sering kali bertemu dalam pertemuan fisik yang dikenal sebagai “kopi darat.” Pertemuan ini menjadi wadah yang ideal untuk berbagi resep, pengalaman, dan praktik terbaik dalam dunia kuliner. Salah satu pendiri, Andrie Anne, berbicara tentang betapa berharganya teman-teman yang ditemui melalui komunitas ini, terutama dalam menjelajahi kuliner di luar negeri.

Baca juga: Wisata Pantai Kuta Bali: Panorama Keindahan Tropis yang Mengagumkan

Pertemuan “kopi darat” pertama kali diadakan pada Juni 2012 di daerah Senayan, Jakarta. Pada kesempatan tersebut, komunitas juga memperkenalkan logo baru berbentuk sendok garpu dan berbagai merchandise menarik seperti apron desainer karya Era Soekamto, serta kaus dan mug.

Acara ini juga diisi dengan sesi edukasi mengenai fotografi makanan dan teknik penyajian makanan yang menarik. Bahkan, bagi mereka yang tertarik pada seni baking, ada demonstrasi pembuatan kue Barbie yang dipandu oleh seorang ahli cake decorator yang juga merupakan anggota IDFB.

Baca juga: 10 Tips Liburan Hemat di Pulau Belitung Yang Perlu Kamu Tau

Dalam rangkaian perjalanan panjangnya, IDFB telah menjadi bukti nyata bahwa semangat berbagi dan cinta terhadap kuliner Indonesia mampu mengatasi batasan geografis. Melalui cerita-cerita, resep-resep, dan gambar-gambar yang menggugah, komunitas ini terus membumi dalam misi mulia mereka untuk merayakan dan mempromosikan kelezatan kuliner Indonesia di kancah internasional.

Terimakasih telah membaca Komunitas Indonesian Food Blogger (IDFB): Menyatu, Berbagi, dan Merayakan Kuliner Indonesia di Seluruh Dunia jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: 15 Pantai Pasir Putih di Gunungkidul Jogja Yang Hits dan Instagramable

Respon (1)

  1. maju terus Komunitas Indonesian Food Blogger (IDFB), semoga dapat banyak membantu UKM kuliner di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *