Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
PemerintahEkonomi

Bantul Gelar Revolusi Digital: Ratusan Juta Anggaran Disiapkan untuk Dukung UMKM

7485
×

Bantul Gelar Revolusi Digital: Ratusan Juta Anggaran Disiapkan untuk Dukung UMKM

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Bantul Siapkan Internet untuk UMKM
Ilustrasi Bantul Siapkan Internet untuk UMKM

Headline.co.id, Bantul, 24 Januari 2024 – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bantul mengumumkan langkah progresif dengan mengalokasikan anggaran ratusan juta untuk mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui koneksi internet. Fokus utama dari langkah ini adalah pembangunan fasilitas jaringan Fiber Optic (FO) dan peningkatan wifi publik di beberapa lokasi strategis.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul telah menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp824 juta untuk penyediaan jaringan FO, serta Dana Keistimewaan (Danais) sebesar Rp170 juta untuk peningkatan wifi publik pada tahun 2024.

Baca juga: Baru Diresmikan Jembatan Bobung 1 Retak, DPUPESDM DIY Kebut Perbaikan

Machmud Murdiyanto, Subkoordinator Kelompok Substansi Infrastruktur Teknologi Informasi Pemerintah Diskominfo Bantul, menjelaskan bahwa penambahan fasilitas FO dan wifi publik bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya pelaku UMKM di Bantul.

“Penyediaan jaringan FO dan wifi publik sangat berdampak bagi UMKM, literasi digital dapat terlaksana dengan adanya pembangunan infrastruktur jaringan internet,” ujar Machmud pada wawancara di ruangannya, Selasa (23/1/2024).

Hingga saat ini, jaringan FO belum merata di setiap kalurahan. Diskominfo Bantul berkomitmen untuk memperluas jaringan FO agar dapat diakses di setiap kalurahan. “Pembangunan FO ini untuk meneruskan backbone kami dan menyambungkan beberapa kalurahan yang masih menggunakan radio link,” tambahnya.

Baca juga: Tragedi di Jalan Godean KM 13: Pemotor Tewas Usai Menabrak Pohon Tumbang

Adapun wifi publik telah aktif di beberapa lokasi yang menjadi sentral pemasaran pelaku UMKM. Terdapat enam lokasi yang telah dilengkapi dengan wifi publik, antara lain di Pasar Seni Gabusan (PSG), Lapangan Paseban, Taman Milenial, Taman Adipura, Joglo Parangtritis, dan Lapangan Trirenggo. Keenam lokasi tersebut dinilai potensial sebagai tempat pemasaran produk UMKM, sehingga Pemkab Bantul memberikan dukungan wifi publik di sana.

Machmud menegaskan bahwa keberadaan wifi publik di tingkat kapanewon dan kalurahan, terutama di sentra UMKM, akan mendukung pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis dan produknya. “Banyaknya platform online dengan berbagai kemudahan dan daya tarik layanan akan memberikan kemudahan bagi pelaku usaha dalam memilih dan menentukan strategi bisnisnya,” ungkapnya.

Baca juga: Mahfud MD Siap Mundur sebagai Menko Polhukam Menyusul Keputusan Calon Presiden Ganjar Pranowo

Meski demikian, penambahan jaringan FO dan wifi publik masih dalam tahap perencanaan. Machmud belum dapat memastikan jumlah pasti jaringan FO dan wifi publik yang akan ditambahkan pada tahun 2024. Namun, langkah ini diharapkan dapat menjadi pendorong utama dalam mendukung pengembangan UMKM di Bantul melalui pemanfaatan teknologi informasi yang lebih luas.

Terimakasih telah membaca Bantul Gelar Revolusi Digital: Ratusan Juta Anggaran Disiapkan untuk Dukung UMKM semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News Headline dan ikuti berita terbaru di Chanel WA Headline.

Baca juga: Mahfud MD Menegaskan: Tak Pernah Gunakan Fasilitas Negara Untuk Kampanye

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Polisi Berhasil tangkap pelaku pembunuhan wanita di Parangtritis
Hukum

Headline.co.id, Bantul ~ Sebuah peristiwa perampokan disertai kekerasan yang mengakibatkan kematian seorang perempuan berusia 54 tahun, TY, terjadi di sebuah kos di Parangkusumo, Parangtritis, Kretek, Bantul. Polisi berhasil mengungkap kasus…