Tingkatkan Community Policing Ditbinmas Polda DIY Canangkan Desa Bisma di Karangwuni RW 02

Gravatar Image
Wadirbinmas Polda DIY memberikan sambutan saat pencanangan Desa Bisma di Karangwuni RW 02
Wadirbinmas Polda DIY memberikan sambutan saat pencanangan Desa Bisma di Karangwuni RW 02

Tingkatkan Community Policing Ditbinmas Polda DIY Canangkan Desa Bisma di Karangwuni RW 02 ~ Headline.co.id (Sleman). Direktorat Pembinaan Masyarakat Kepolisian Daerah DIY mencanangkan Karanguwni RW 02 sebagai Desa Bisma (23/1/2023) malam hari. Dipilihnya Karangwuni RW 02 sebagai Desa Bisma dikarenakan banyak potensi dari desa untuk menciptakan lingkungan yang aman, nyaman dan tentram. Potensi lainnya adalah adanya UMKM, potensi seni dan budaya hingga potensi inovasi-inovasi dari warga untuk turut berpartisipasi menjaga lingkungan.

Baca juga: Launching Desa Bisma, Karangwuni Rw 02 Jadi Percontohan Binmas Polda DIY

Read More

Warga Karangwuni RW 02 berkomitmen untuk menjaga lingkunggannya dari segala potensi-potensi yang dapat merugikan desa. Hal ini dibuktikan dengan cara warga secara swadaya memasang CCTV di tiga wilayah RT. Jumlah CCTV yang dipasang sejumlah 16 titik. Monitoring CCTV dapat dilakukan oleh semua warga baik melalui samart tv di gardu ronda maupun aplikasi handphone selama 24 jam.

Wadirbinmas Polda DIY memberikan potongan tumpeng kepada Carik Caturtunggal saat pencanangan Desa Bisma.
Wadirbinmas Polda DIY memberikan potongan tumpeng kepada Carik Caturtunggal saat pencanangan Desa Bisma.

Baca juga: Panasonic Lumix S5 II Resmi Dirilis, Ini Harga dan Review Kelebihan Fitur Terbarunya

Guna memperkenalkan potensi desa Karangwuni RW 02, warga juga secara swadaya membuat website potensi desa. Dalam website di tampilkan beberapa halaman informasi.

Beberapa halaman tersebut adalah halaman khusus Desa Bisma, profil desa, potensi desa dan informasi-informasi penting kaitannya dengan pelayanan pemerintah dengan menyertakan sumber websitenya. Sehingga warga tak sulit lagi mencari informasi.

Baca juga: Video Guru ASN di Magelang Ngamar Bareng Kepala Desa Viral di Medsos, Begini Nasibnya

Wadirbinmas Polda DIY AKBP Sulistyono, S.Pd, didampingi Kasubdit Polmas Ditbinmas Polda DIY AKBP Sudarmawan, S.Pd, MM, mewakili Dirbinmas Polda DIY menghadiri pencanangan Desa Bisma di Karangwuni RW 02. Selain itu juga hadir mewakili Lurah Caturtunggal, Bapak Aminudin Aziz, S.Si, selaku Carik Caturtunggal. Turut hadir Wakil Rektor bidang SDM dan Keuangan Prof. Supriyadi, M.Sc, Ph.D,CMA, CA, Ak beserta perwakilan dari Polsek Bulaksumur, Bhbainkamtibmas Caturtunggal dan Babinsa Depok. Pencanangan ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Wadirbinmas diserahkan kepada Carik Caturtunggal dihadapan seluruh warga.

Bisma adalah Binmas Istimewa. Desa Bisma merupakan desa binaan Ditbinmas Polda DIY. Kami bermitra dengan masyarakat. Pencanangan Desa Bisma ini meningkatkan sinergitas polisi dengan masyarakat untuk membangun community policing. Masyarakat bisa menjadai Polisi bagi dirinya sendiri. Ini bagus sekali. Apalagi tahun 2024 Adlah tahun politik. Meskipun desa ini ada di wilayah perkotaan, warganya masih aktif bergotong royong dan saling membantu, jelas Wadirnimas Polda DIY.

Baca juga: Inilah Doa, Niat, Tata Cara Hingga Keutamaan Puasa di Bulan Rajab

Setyawan selaku Ketua RT 04 mewakili warga Karangwuni memberikan testimoni bahwa pencanangan Desa Bisma berdampak sangat baik bagi warga kami. Warga semakin semangat bergotong royong, semakin produktif dan semakin melek teknologi dan jadi sadar betapa pentingnya kesadaran menjaga lingkungan. Kami berterimakasih dengan Ditbinmas Polda DIY yang sudah mengasistensi desa kami hingga seperti saat ini. Yang jelas saat ini desa semakin aman, konflik antar tetangga hampir tidak ada, dan orang denggan melakukan hal-hal yang kurang baik di desa.

Wadirbinmas Polda DIY bersama Carik Caturtunggal, Dukuh Karangwuni, Ketua RW 02 dan Wakil Rektor Bidang SDM dan Keuangan UGM
Wadirbinmas Polda DIY bersama Carik Caturtunggal, Dukuh Karangwuni, Ketua RW 02 dan Wakil Rektor Bidang SDM dan Keuangan UGM

Melalui Desa Bisma pembangunan SDM desa bisa lebih optimal dengan melibatkan para pemangku desa, pemerintah dan kepolisian hingga potensi kemanan desa. Selain
pencanangan Desa Bisma, acara juga bertepatan dengan peresmian CCTV Swadaya Warga, website potensi desa dan peresmian nama gang Kurma dan Mundu.

Ditbinmas Polda DIY Canangkan Desa Bisma di Karangwuni RW 02
kop karangwuni rw02

Event Title: Ditbinmas Polda DIY Canangkan Desa Bisma di Karangwuni RW 02

Event Description: Padukuhan Karangwuni berada di Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Di Padukuhan Karangwuni terdiri dari 3 RW (Rukun Warga). Padukuhan Karangwuni khususnya RW 2 memiliki sejarah yang dipaparkan oleh Pak Suroyo selaku Ketua RW 2. Sejarah Padukuhan Karangwuni terbentuk dari pergerakan Muda Mudi Karangwuni yang berperan dalam membangun padukuhan, khususnya RW 2. Pada saat itu, Pak Suroyo mengemban tugas sebagai Ketua Pemuda. Kemudian organisasi Muda Mudi Karangwuni terpecah menjadi bagian yang lebih kecil dan berubah menjadi Karang Taruna pada setiap RT dan RW yang kemudian bergabung menjadi Padukuhan Karangwuni. Warga Padukuhan Karangwuni RW 2 memiliki budaya bermasyarakat yang masih kental terhadap rasa peduli antar sesama dan sifat gotong royong antar warga yang masih berjalan hingga saat ini. Budaya bermasyarakat tersebut tercermin dalam kegiatan RW 2 baik dalam program fisik dan nonfisik. Program fisik RW 2 meliputi pembuatan taman, penghijauan lingkungan, serta pemasangan rambu-rambu jalan. Sementara program non fisik misalnya seperti senam, jalan sehat, dan sepeda gembira. Warga RW 2 juga berpartisipasi aktif dalam kegiatan Bregodo sebagai bentuk melestarikan kebudayaan yang ada di Yogyakarta.

Location name: Dusun Karangwuni

Address: Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

  • Desa Bisma Karangwuni RW 02
    (5)
User Review
  • Desa Bisma Karangwuni RW 02
    Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)

Baca juga: Pemkab Lumajang Fasilitasi Audiensi Pekerja Lepas di Desa Gondoruso dan PTPN XII Kertowono

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

User Review
  • Desa Bisma Karangwuni RW 02
    Sending