Sudah 97 Persen, Ini Rencana KA Bandara Yogyakarta International Airport Beroperasi

  • Whatsapp
Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan saat meninjau KA Bandara YIA
Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan saat meninjau KA Bandara YIA pada Selasa 17 Agustus 2021

Headline.co.id (Yogyakarta) ~ KA Bandara Yogyakarta International Airport diperkirakan akan beroperasi bulan September. Saat ini pembangunan sarana dan prasarana untuk mendukung operasional KA Bandara dengan rute Stasiun Tugu hingga Stasiun Bandara YIA sudah mencapai 97,6 persen.

baca juga: Peringati HUT RI ke-76, SD Budi Mulia Dua Pandeansari Lakukan Upacara dan Perayaan Secara Daring

Read More

Saat melakukan peninjauan jalur KA Bandara YIA di Yogyakarta pada Selasa (17/8), Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri menuturkan bahwa estimasi operasional pada bulan September namun pihaknya akan melihat bagaimana perkembangan kondisinya.

Zulfikri menambahkan bahwa operasional KA Bandara YIA akan dilakukan secara bertahap dengan menyesuaikan frekwensi dari penerbangan di bandara tersebut apalagi kondisi saat ini masih PPKM.

“Kami akan lihat bagaimana perkembangan PPKM pada awal September. Jika frekuensi penerbangan sudah mulai banyak maka perjalanan KA Bandara YIA akan ditambah. Disesuaikan aktivitas penerbangan,” katanya.

baca juga: Sembilan Desa di Aceh Tenggara Tergenang Banjir

Terkait operasionalnya, ia menuturkan bahwa KA Bandara YIA tersebut dipersiapkan untuk 30 kali perjalanan dalam sehari, 15 perjalanan pulang pergi, dengan kapasitas angkut hingga 5.600 penumpang per hari.

Dengan KA bandara dapat memangkas waktu tempuh dari Kota Yogyakarta menuju YIA yang semula 1,5 jam menjadi hanya sekitar 40 menit.

“Kecepatan maksimal kereta bisa sampai 100 kilometer per jam. Tetapi untuk operasional akan ditetapkan di kecepatan sekitar 60 km per jam,” katanya.

Untuk tahap awal, akan diberlakukan tarif promo yaitu Rp20.000 per penumpang.

baca juga: Indonesia Kembali Datangkan 5 Juta Vaksin Sinovac Siap Pakai

Selain untuk melayani calon penumpang pesawat terbang, kereta tersebut juga dapat mendukung mobilitas masyarakat khususnya pekerja komuter.

Terkait kesiapan operasional, Direktorat Jenderal Kereta Api (DJKA) juga sudah melakukan uji kelaikan dan uji rancang bangun untuk jalur yang akan digunakan.

baca juga: Cari Ponsel Kamera Bagus, Ini Kelebihan Fitur Multi-Style Portrait di Vivo V21

Safety assesment untuk menguji seluruh sistem operasional KA Bandara YIA juga sudah diakukan semata-mata untuk memastikan keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api.

“Besok, Rabu [18/8/2021], akan dilakukan switch over persinyalan dari Stasiun Kedundang hingga Stasiun Bandara YIA dilanjutkan simulasi perjalanan hingga akhir Agustus untuk kemudian dilakukan uji coba dengan penumpang terbatas sebelum dioperasionalkan secara penuh,” katanya.

Sebelumnya, KA Bandara YIA sudah dioperasionalkan sejak 2019 dengan rute Stasiun Yogyakarta-Stasiun Wojo. Penumpang kemudian beralih menggunakan armada bus menuju YIA.

baca juga: Jokowi Minta Menkes Budi Gunadi Pangkas Harga Tes PCR

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *