BSI Bidik Pelanggan di Malaysia Lewat Layanan Remitansi
Headline.co.id, Jakarta – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menargetkan pertumbuhan berbasis pelanggan di luar negeri. Salah satu strategi yang diterapkan adalah dengan memperluas layanan remitansi bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia.
“Kami mencatat hingga Juni 2023, transaksi remitansi BSI telah mencapai 1 juta transaksi,” ujar SEVP Digital Banking BSI, Saut Parulian Saragih, di Jakarta, Kamis (6/4).
Menurut Saut, kebutuhan transaksi PMI di luar negeri sangat tinggi. Hal ini didorong oleh dominasi transaksi pekerja migran menggunakan transfer bank, e-wallet, dan pencairan tunai.
Untuk menggenjot pertumbuhan jumlah nasabah di Malaysia, BSI melakukan literasi keuangan dengan menyosialisasikan produk dan layanannya. Acara “Pesta Rakyat” yang digelar di Halaman Kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru pada Minggu (25/4) dihadiri oleh lebih dari 2.000 pekerja migran.
“Acara ini merupakan wujud komitmen BSI dan KJRI Johor Bahru mendukung ekonomi syariah bagi warga Indonesia di Malaysia,” kata Saut.
Dalam acara tersebut, PMI dapat dengan mudah membuka rekening melalui BSI Mobile menggunakan nomor telepon lokal Malaysia. Konsul Jenderal RI Malaysia, Sigit Suryantoro Widiyanto, menyampaikan dukungannya atas inisiatif BSI.
“Semoga BSI dapat terus berkolaborasi dengan KJRI Johor Bahru dan memberikan manfaat bagi PMI di Malaysia,” ujar Sigit.
Untuk memperluas jaringan remitansi, BSI menggandeng SMJ Teratai Sdn. Bhd. sebagai mitra strategis pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia. PMI dapat mengirimkan uang secara real-time melalui cabang maupun agen SMJ di Malaysia dengan biaya dan kurs kompetitif.
“Dengan layanan ini, PMI dapat mengirimkan uang ke Indonesia dengan mudah, kapanpun dan di manapun,” kata COO SMJ Teratai Sdn. Bhd., Stella Yong.
sumber: https://www.antaranews.com/berita/4294327/bsi-siapkan-layanan-remitansi-bagi-pekerja-migran-di-malaysia.





















