Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
DaerahBerita

5 Wisatawan Terseret Ombak di Parangtritis, 2 Tewas 1 Kritis

3
×

5 Wisatawan Terseret Ombak di Parangtritis, 2 Tewas 1 Kritis

Sebarkan artikel ini
korban terseret arus dan dapat di selamatkan di pantai Parangtritis
korban terseret arus dan dapat di selamatkan di pantai Parangtritis

Headline.co.id, Bantul ~ Pantai Parangtritis kembali menjadi saksi bisu tragedi ketika lima wisatawan terseret ombak besar pada Rabu pagi, pukul 10.00 WIB. Dua orang dilaporkan tewas, sementara satu korban lainnya dalam kondisi kritis. Insiden ini terjadi tepat di depan Hotel Queen of the South, di mana para korban sebelumnya bermalam.

Baca juga: Polres Bantul Berhasil Raih Predikat Pelayanan Prima dari Kementerian PAN dan RB

Kronologi Kejadian

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana, kejadian berawal pada Selasa, 9 Juli 2024, sekitar pukul 17.00 WIB, ketika para korban tiba di hotel. Rombongan yang berjumlah tujuh orang ini memutuskan untuk bermalam dan beristirahat sebelum melanjutkan aktivitas keesokan harinya.

Baca juga: Polisi Amankan 2 Kendaraan Terlibat Insiden Tabrak Lari di Masjid Suhada

Pada Rabu pagi, sekitar pukul 09.30 WIB, kelima korban memutuskan untuk bermain air di pantai. Tak lama berselang, ombak besar datang dan menyeret mereka ke tengah laut hingga masuk ke palung laut. Petugas Satlinmas Rescue Wilayah III dan Ditpolair Polda DIY segera melakukan upaya penyelamatan dengan berenang menggunakan life jacket dan papan selancar. Para korban berhasil dievakuasi ke pos terpadu Satlinmas Rescue Istimewa untuk observasi lebih lanjut.

Identitas Korban

Korban yang terlibat dalam insiden tersebut antara lain Dhaifallah Wafi Aljahmi (16) warga Depok, Jawa Barat, Ashila Wafi Al Jahmi (14), warga Depok, Jawa Barat, Wafi Abdullah (51) warga Depok, Jawa Barat, Irsan Chairul (51) warga Antwerpen, Belgia, Rakhsel Makarim Irsan (22) warga Antwerpen, Belgia.

Baca juga: Mahasiswa UGM Ciptakan Batako Ramah Lingkungan dari Sampah Plastik dan Oli Bekas

Tindakan dan Hasil Penyelamatan

Petugas gabungan dari Satlinmas Rescue Wilayah III, Ditpolair Polda DIY, dan warga pesisir segera bergerak cepat melakukan upaya penyelamatan. Hasilnya, dua korban dinyatakan selamat setelah mendapat pertolongan pertama di pos terpadu Satlinmas Rescue Istimewa, yakni Dhaifallah Wafi Al Jahmi dan Ashila Wafi Al Jahmi.

Namun, nasib tragis menimpa tiga korban lainnya. Wafi Abdullah dan Rakhsel Makarim Irsan dinyatakan meninggal dunia. Sementara itu, Irsan Chairul yang dalam kondisi kritis segera dirujuk ke RSUD Panembahan Senopati setelah sebelumnya mendapat perawatan di Klinik Dharma Husada.

Baca juga: Khawatir Dampak Lingkungan, Puluhan Warga Piyungan Lakukan Aksi Demo Tolak Pembangunan TPSS

Penanganan Lanjutan

Petugas yang terlibat dalam operasi penyelamatan ini terdiri dari Pers SAR Ditpolairud Polda DIY, SAR Satlinmas Rescue Istimewa Pos Wilayah III Parangtritis, Satpolairud Res Bantul, dan warga pesisir. Kerja sama antara petugas dan warga setempat berhasil mengurangi jumlah korban jiwa dalam insiden tersebut, meski dua nyawa tak terselamatkan.

Kejadian ini menjadi peringatan bagi para wisatawan agar selalu berhati-hati dan mematuhi aturan keselamatan saat beraktivitas di pantai, terutama di kawasan yang memiliki ombak besar seperti Pantai Parangtritis.

Terimakasih telah membaca 5 Wisatawan Terseret Ombak di Parangtritis, 2 Tewas 1 Kritis semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News Headline dan ikuti berita terbaru di Chanel WA Headline.

Baca juga: Truk Ugal-Ugalan di JJLS Bantul, Polisi Bertindak Cepat Amankan Pengemudi dan Kendaraan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *