Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Hukum

Polda DIY Selidiki Peretasan WhatsApp Butet Kartaredjasa

3243
×

Polda DIY Selidiki Peretasan WhatsApp Butet Kartaredjasa

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Peretasan Ponsel
Ilustrasi Peretasan Ponsel

Headline.co.id (Jogja) ~ Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memberikan respons tegas terhadap peretasan gawai dan WhatsApp milik Budayawan Butet Kartaredjasa. Tim gabungan dari Ditreskrimum dan Ditreskrimsus Polda DIY telah melakukan pemantauan intensif sejak Sabtu (9/12) hingga Minggu (10/12), menghasilkan dugaan peretasan dan pemindahan data ke perangkat lain.

Baca juga: Bayi Laki-laki Tanpa Identitas Hebohkan Warga Gowongan, Bayi Dirujuk ke RS Pratama Mergansan untuk Perawatan Khusus

Kabidhumas Polda DIY, Kombes Pol Nugroho Arianto, mengungkapkan bahwa timnya telah meluncur ke kediaman Butet Kartaredjasa guna memastikan pelaku peretasan. “Sejak Sabtu 9 Desember 2023, tim gabungan Ditreskrimum dan Ditreskrimsus melakukan penyelidikan dan ditemukan nomor WA Pak Butet terhubung dengan device lain,” jelasnya melalui keterangan tertulis, Minggu (10/12).

Penyelidikan masih berlangsung, dengan fokus pada pelacakan pelaku dan tujuan peretasan. Nugroho menegaskan bahwa tindakan peretasan ini merupakan aksi ilegal yang akan ditindaklanjuti hingga tuntas oleh Polda DIY.

Baca juga: Gempa Bumi Magnitudo 3,1 Guncang Barat Daya Gunungkidul, DIY

Butet Kartaredjasa, melalui unggahan terbarunya di Instagram, mengonfirmasi bahwa WhatsApp miliknya telah pulih pada pukul 14.30 WIB, Minggu (10/12). Peretasan terjadi pada Sabtu dini hari (9/12) sekitar 03.00 WIB, yang juga mengakibatkan gawai miliknya tidak dapat digunakan.

“Kejadian ini merupakan illegal akses terhadap aplikasi WhatsApp pada ponsel Pak Butet yang bisa disalahgunakan, oleh sebab itu Polda DIY akan menindaklanjuti permasalahan ini hingga tuntas,” tegas Nugroho.

Polda DIY mengambil langkah-langkah proaktif untuk menanggapi insiden peretasan yang menimpa Butet Kartaredjasa, memberikan jaminan bahwa keamanan siber adalah prioritas mereka.

Terimakasih telah membaca Polda DIY Selidiki Peretasan WhatsApp Butet Kartaredjasa semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: 4 Bacaan Doa Sujud Terakhir Arab Latin dan Artinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *